Home / Peristiwa

Senin, 16 Agustus 2021 - 23:05 WIB

Tambahan Tenaga Medis Bantu Percepat Vaksinasi di Yogya

Para tenaga medis memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Para tenaga medis memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta menerima tambahan puluhan tenaga medis dari TNI. Dengan penambahan tenaga medis ini diharapkan dapat membantu mempercepat vaksinasi dan penanganan pasien Covid-19 di Kota Yogyakarta.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyebut Kota Yogyakarta mendapat tambahan tenaga dokter dari TNI Jakarta sebanyak 31 orang dan 30 dokter internship.

Tambahan tenaga dokter tersebut diarahkan untuk membantu vaksinasi dan penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit maupun di shelter isolasi terpusat.

“Kami dorong untuk membantu vaksinasi dan ke rumah sakit maupun shelter isolasi terpusat,” kata Heroe, Senin (16/8/2021).

Heroe menyatakan, selama ini Pemkot Yogyakarta mengerahkan sebanyak 323 tenaga vaksinator untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Penambahan dokter diharapkan dapat membantu mempercepat vaksinasi di Kota Yogyakarta.

“Jadi tambahan dokter bisa menambah kecepatan vaksinasi di Kota Yogyakarta,” imbuh Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu.

Baca juga   Baznas Yogya Beri Bantuan Anak Yatim Covid-19

Pihaknya menjamin ketersediaan vaksin di Kota Yogyakarta untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Dia menjelaskan saat ini Kota Yogyakarta memiliki stok vaksin sekitar 68.000 dosis dan 8.400 dosis untuk vaksin booster tenaga kesehatan.

Dari jumlah itu sekitar 25.000 dosis vaksin untuk penyuntikan kedua dan sekitar 23.000 dosis guna penyuntikan pertama. Baik vaksin jenis Sinovac maupun AstraZeneca.

“Ada sekitar 20.000 dosis vaksin yang sudah ada di fasilitas kesehatan dan dalam proses vaksinasi,” ujar Heroe.

Heroe menyampaikan stok vaksin akan didistribusikan pada program reguler melalui pelayanan di 18 puskesmas, 13 rumah sakit dan 2 klinik di Kota Yogyakarta.

Di samping itu lewat kegiatan vaksinasi massal di beberapa titik di wilayah timur Yogya di XT Square, wilayah barat di Ngampilan dan utara di PDAM Kota Yogyakarta. Termasuk penjadwalan vaksinasi di beberapa sekolah dan masyarakat melalui kampung atau organisasi masyarakat.

Baca juga   Ibu Hamil dan Difabel Magelang Divaksin Covid-19

“Kami sudah tingkatkan kapasitas vaksinasi agar bisa mencapai 6.500 per hari. Harapannya memang di bulan Agustus ini betul- betul bisa melakukan vaksinasi bagi warga lebih banyak lagi. Kami terus berkejaran dengan waktu agar pasca PPKM nanti masyarakat sudah semakin banyak yang divaksinasi,” jelas Heroe.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan tambahan sebanyak 31 tenaga medis dari TNI sudah mulai bertugas di sentra-sentra pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta. Misalnya sentra vaksinasi di XT Square, PDAM Kota Yogyakarta, Kantor Pusat BPD DIY dan sekolah-sekolah. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksinasi. (Foto:dokumentasi kominfo)

Peristiwa

Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Warga Difabel Dimulai
Pelakasanaan vaksinasi di gerai vaksin Polres Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Polres Boyolali Buka Gerai Vaksin untuk Masyarakat
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Dekranasda Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Dekranasda Sleman Gelar Vaksinasi Bagi Pelaku IKM
Pembangunan RSUD Tangen terus dikebut. Ditargetkan akhir tahun 2021 pembangunan selesai dan siap melayani kebutuhan kesehatan masyarakat. (Foto:Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Pembangunan RSUD Tangen Ditarget Selesai Akhir Tahun
Wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ketika berdialog dengan salah satu pedagang di PASTY. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pastikan Geliat Ekonomi Pedagang, Haryadi Sambangi PASTY
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Kodim 0710/Pekalongan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Serbuan Vaksinasi TNI di Pekalongan, Hari Ini Sasar 1.000 Orang
(Ilustrasi:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Pedagang Kambing Kurban Kebanjiran Pembeli Via Online
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat kunjungan kerja di Surakarta. (Foto: Humas Surakarta)

Peristiwa

Kembangkan Pertanian Korporasi, Mentan Bantu Alsintan untuk Kota Surakarta