Home / Peristiwa

Rabu, 9 Maret 2022 - 20:08 WIB

Tanam Padi Program IP 400 Kembali Digelar Kementan di Pandak Bantul

Penanaman padi program Indeks Pertanaman (IP) 400 kembali dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Kabupaten Bantul, Rabu (9/3/2022) di lahan sawah di Tegallayang, Caturharjo, Pandak, yang dikelola oleh kelompk tani rukun. (Foto: Humas Bantul)

Penanaman padi program Indeks Pertanaman (IP) 400 kembali dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Kabupaten Bantul, Rabu (9/3/2022) di lahan sawah di Tegallayang, Caturharjo, Pandak, yang dikelola oleh kelompk tani rukun. (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Penanaman padi program Indeks Pertanaman (IP) 400 kembali dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Kabupaten Bantul, Rabu (9/3/2022) di lahan sawah di Tegallayang, Caturharjo, Pandak, yang dikelola oleh kelompk tani rukun.

Menteri Pertanian yang diwakili Kepala Balai Besar Peramalan OPT Dirjen Tanaman Pangan, Dr. Ir. Eni Tauruslina Amarullah, MP. membacakan sambutan Menteri Pertanian menjelaskan, Kementerian Pertanian menggelontorkan bantuan APBN untuk pertanian di Kabupaten Bantul sebesar Rp5,16 Miliar.

“Harapannya Kabupaten Bantul dapat turut berkontribusi dalam swasembada pangan yang akan dilaunching pada 17 Agustus mendatang, melalui program IP Padi 400,” terangnya.

Baca juga   Jual Miras dan Membuat Upal, Warga Banguntapan Bantul Ditangkap Polisi

Sebagaimana diketahui sebelumnya, bahwa untuk menjalankan amanat Menteri Pertanian dalam rangka menyukseskan program Indeks Pertanaman Padi 400, Kabupaten Bantul telah menyiapkan lahan sawah seluas 5000 hektar. Luasan lahan ini yang tebesar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih yang hadir dalam kesempatan tersebut menerangkan bahwa program Indeks Pertanaman Padi 400 yang digulirkan oleh pemerintah pusat ini sejalan dengan rencana pembangunan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Bantul tahun 2021-2026, di mana sektor pertanian menjadi salah satu sektor unggulan yang akan dikembangkan di Kabupaten Bantul.

Baca juga   Panik Saat Belajar Mengemudi, Mobil Terjun ke Embung Baturetno, Satu Orang Meninggal

Penetapan ini berdasarkan besarnya kontribusi terhadap PDRB dan besarnya populasi masyarakat Bantul yang menggantungkan hidupnya di sektor pertanian.

“Oleh karenanya tidak ada keraguan sedikitpun bagi Pemerintah Kabupaten Bantul untuk terus mengembangkan sektor-sektor pertanian ini dengan mempertimbangkan aspek pasar, aspek sumberdaya manusia dan lain sebagainya”, tegas Abdul Halim Muslih.

Dirinya pun mengajak kepada seluruh masyarakat Bantul untuk bersama-sama menyukseskan program ini sebagai wujud harmonisasi dari semua pemangku kepentingan.

(N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat menerima bantuan penanganan Covid-19 dari Bank Jateng Cabang Ungaran. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab. Semarang)

Peristiwa

Dua Minggu PPKM Darurat, Kasus Positif Turun 27 Persen
Peserta sedang Mengikuti Outbond Pendidikan Kader Pratama DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

DPC PDIP Kota Jogja Gembleng Semangat Kader Guna Wujudkan Kesejahteraan Rakyat 
Kemensos mendistribusikan tenda khusus keluarga untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Tenda khusus keluarga bagian dari upaya untuk menerapkan pendekatan keluarga dalam penanganan korban bencana. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Kemensos Distribusikan Tenda Khusus Keluarga bagi Korban Gempa Pasaman
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Mobil Ketua LSM di Probolinggo Dibakar Orang Tak Dikenal, Sebelumnya Diteror Paket Berisi Cairan Seperti Susu
Pelaku pencurian gabah saat digelandang polisi. Foto: Ist/Polres Kulon Progo

Peristiwa

Begini Pengakukan Subardi, Pelaku Pencurian 11 Karung Gabah Saat Digelandang ke Kantor Polisi
Lapas di Indonesia mengalami kelebihan kapasitas sebanyak 88 persen dari kapasitas yang ada. Oleh karena itu, Ditjenpas semakin gencar melakukan upaya untuk mengatasi kelebihan kapasitas di lapas. (Foto:ditjenpas.go.id)

Peristiwa

Kemenkumham Optimalkan Remisi untuk Atasi Kelebihan Kapasitas di Lapas
Tersangka investasi bodong FT terancam hukuman 20 tahun penjara. Foto: Ist

Peristiwa

Polres Kebumen Bongkar Kasus Investasi Bodong, Pelaku Mantan TKW Kantongi Rp200 Miliar
Seorang warga meninggal dunia dan satu lainnya hilang dalam peristiwa banjir dan tanah longsor yang terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Bogor

Peristiwa

Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Bogor Telan Satu Korban Jiwa