Home / Militer

Sabtu, 4 Desember 2021 - 19:15 WIB

Tanggap Bencana, TNI AL Desain RS Lapangan Modern Mobilitas Tinggi

Rumah Sakit Lapangan yang merupakan kerja sama dengan PT Arvitech Mega Solusi ini nantinya akan dipergunakan oleh TNI AL untuk kebutuhan darurat apabila terjadi bencana alam. (Foto: Dispenal)

Rumah Sakit Lapangan yang merupakan kerja sama dengan PT Arvitech Mega Solusi ini nantinya akan dipergunakan oleh TNI AL untuk kebutuhan darurat apabila terjadi bencana alam. (Foto: Dispenal)

NYATANYA.COM, Surabaya – Tanggap bencana, TNI Angkatan Laut mendesain rumah sakit lapangan modern yang memiliki mobilitas tinggi. Hal ini sebagai upaya membekali prajuritnya dengan sarana dan prasarana yang memadai dalam tugas, salah satunya sarana Seach and Rescue (SAR).

Hal itu diungkapkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat kunjungan kerja (Kunker) meninjau dan mengecek langsung keberadaan Rumah Sakit Lapangan yang digelar di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karang Pilang, Surabaya Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021).

Menurut Kasal, bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan yang bertabur gunung berapi dan letaknya diantara dua benua menjadikan di berbagai wilayah Indonesia rawan dilanda bencana alam, baik berupa gempa bumi, gunung meletus, banjir, tanah longsor dan bencana lainnya.

Baca juga   Aniaya Dua Warga Pamulang, TNI AL Tindak Tegas Prajurit Pelanggar Hukum

Untuk mengantisipasinya TNI AL dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan prajurit yang bisa digunakan mobilitas dengan cepat.

Dalam keterangan tertulis Dispenal, menyebutkan Rumah Sakit Lapangan yang merupakan kerja sama dengan PT Arvitech Mega Solusi ini nantinya akan dipergunakan oleh TNI AL untuk kebutuhan darurat apabila terjadi bencana alam.

Rumah Sakit Lapangan ini mempunyai kapasitas 100 bed dengan kelengkapan truck cubicle 8, 1 ruang ICI, 1 ruang lab, ruang farmasi, 2 ruang operasi, 1 ruang preop (pra operasi), 1 ruang postop (paska operasi), 1 ruang radiologi, 1 ruang laundry, Central Seterilaise Suplay Departement (CSSD) yang digunakan untuk sterelisasi alat.

Baca juga   Danrem Gowes Bersama Perwira di Satuan Korem 072/Pamungkas

Ditambah 1 truk logistik, 1 truk tangki air serta mempunyai fasilitas pendukung incinerator medis dan instalasi ipal.

Dalam peninjauannya Kasal didampingi oleh Ketum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono dan para pejabat diantaranya Asops Kasal, Aslog Kasal, Askomlek Kasal, Dankormar, Danpasmar I, Kadispenal, Dankodikmar, dan Danlantamal V.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Anggota Satgas Yonif Mekanis 203/AK memberikan pelayanan kesehtaan kepada Pendeta Yotan Wakerwa. Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Aksi Cepat Tanggap Satgas Yonif Mekanis 203/AK Membantu Seorang Pendeta yang Sedang Sakit
Anggota Polres Sleman diterjunkan guna sukseskan TMMD Reg Kodim Sleman. (Foto : Pendim0732/Sleman)

Militer

Polres Sleman Ikut Sukseskan TMMD  Reg Kodim Sleman 
Mayor Arh Asil dari perwakilan Paguyuban ABILAPAN menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat di Tegalrejo, Yogya. (Foto: nyatanya.com/ahmad zain

Militer

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Paguyuban BaMilsuk #7 Tahun 1988 Bagikan Sembako
Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Buka Lahan untuk Berkebun Masyarakat Desa Balime
Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Sambut Natal, Satgas Yonif Mekanis 203/AK Karya Bhakti Bersihkan Gereja
Satgas Yonif Mekanis 203/AK turut menghadiri acara peresmian Gereja Baptis Ngilo di Distrik Malagay, Kabupaten Lanny Jaya, Kamis (29/12/2022). Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Hadiri Peresmian Gereja Baptis Ngilo di Distrik Malagay
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau proyek pembangunan Perumahan Pahlawan Nanggala-402, di Desa Kedung Kendo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (11/11/2021). (Foto: Puspen TNI)

Militer

Panglima TNI Serahkan Perumahan Pahlawan bagi Ahli Waris Prajurit Nanggala-402
Saat stirahat lepas pengerjaan rehab rumah tidak layak huni Serda Warimin melakukan komunikasi sosial dengan Ngatemin. (Foto: Humas Sukoharjo)

Militer

Komsos Bagian dari Tugas Anggota Satgas TMMD Reguler Kodim 0726 Sukoharjo