Home / Peristiwa

Selasa, 2 Agustus 2022 - 18:34 WIB

Tanggul Jebol, Satu Desa di Konawe Sulawesi Tenggara Terendam Banjir

Permukiman warga di Desa Anggoro Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara pada Senin (1/8/2022) dini hari terendam banjir sejak pukul 00.00 waktu setempat. Foto: BPBD Kabupaten Konawe

Permukiman warga di Desa Anggoro Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara pada Senin (1/8/2022) dini hari terendam banjir sejak pukul 00.00 waktu setempat. Foto: BPBD Kabupaten Konawe

NYATANYA.COM, Konawe – Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan kenaikan debit air hingga mengakibatkan tanggul jebol di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara pada Senin (1/8/2022) dini hari.

Jebolnya tanggul tersebut diperkirakan karena tidak cukup kuat menahan kenaikan volume air, sehingga menyebabkan permukiman warga di Desa Anggoro Kecamatan Abuki terendam banjir sejak pukul 00.00 waktu setempat.

Merujuk laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Senin (1/8/2022) pukul 18.00 WIB, banjir berdampak kepada 37 KK / 150 jiwa, selain itu banjir juga merendam 35 unit rumah dan 30 hektare sawah dengan tinggi muka air kisaran 30 sampai 50 sentimeter.

“Banjir berangsur surut di beberapa titik sejak malam. Belum ada laporan adanya korban jiwa dan warga tetap bertahan di rumah masing-masing dikarenakan tipikal rumah mereka adalah tipe panggung yang membuat air tidak sampai masuk ke dalam rumah,” jelas Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. dalam keterangan resminya, Selasa (2/8/2022).

Baca juga   Curah Hujan Tinggi, Kabupaten Bogor Dilanda Bencana Hidrometeorologi Basah

Untuk melakukan penanganan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe sejak kemarin telah menerjunkan tim di lokasi terdampak guna melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan aparat terkait untuk mengambil langkah-langkah penanganan lanjutan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Sulawesi Tenggara pada Selasa (2/8) berpotensi hujan dengan itensitas sedang dan Rabu (3/8) berpotensi akan terjadi hujan lebat.

Baca juga   Dua Kecamatan di Cirebon Terendam Banjir, 662 Rumah Warga Terdampak

“Analisa inaRISK BNPB mengungkapkan, wilayah Kabupaten Konawe memiliki risiko banjir level sedang hingga tinggi pada 21 kecamatan yang terdapat di kabupaten tersebut,” jelas Muhari.

Menanggapi prakiraan cuaca tersebut, BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi bencana banjir khususnya bagi warga yang bermukim di dekat sungai.

Ketika terjadi hujan lebat secara terus menerus selama satu jam, agar waspada dan mempersiapkan diri melakukan evakuasi ke tempat lebih aman.

Untuk pemerintah daerah dapat melakukan pengecekan kekuatan tanggul secara berkala untuk mengantisipasi kemungkinan jebolnya tanggul di kemudian hari. (*)

Share :

Baca Juga

Rangkaian prosesi launching program Selasa Sarapan Bersama Mahasiswa (Serasa Masa) di UMY. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Program ‘Serasa Masa’ Miliki Makna Mendalam
Selvi Ananda Gibran dan Atikoh Ganjar Pranowo melihat salah satu produk yang dipamerkan di UKM Virtual Ekspo yang digelar di Bank Jateng Cabang Surakarta. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Atikoh Ganjar Pranowo: Perajin Harus Peka Selera Pasar
Ganjar Pranowo mendampingi kunjungan kerja Menteri Kesehatan RI, Panglima TNI, dan Kapolri, di Asrama Haji Donohudan, Sabtu (17/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

RS Darurat Covid-19 Donohudan Ditarget Rampung Dua Pekan
BPBD Kabupaten Temanggung memberikan bantuan sosial bagi korban terdampak bencana. Foto: MC.TMG

Peristiwa

BPBD Temanggung Salurkan Bantuan Sosial bagi Korban Terdampak Bencana
Ganjar Pranowo hadiri penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Dicurhati Pelajar SD, Ganjar Langsung Kirim Bantuan
Bupati H. Sunaryanta meninjau paviliun Wanagama. (Foto:nyatanya.com/Humas Gunungkidul)

Peristiwa

Wanagama Kembali Digunakan untuk Karantina Pasien Covid-19
Dua kelurahan di Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, terdampak banjir sejak Selasa (15/2/2022). (Foto: BPBD Kota Samarinda)

Peristiwa

Banjir Masih Genangi Kota Samarinda, 290 KK di Dua Kelurahan Terdampak
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih sebelas penghargaan pada ajang Public Relation Indonesia Awards (PRIA) tahun 2022. (Foto: PPID DKI Jakarta)

Peristiwa

Pemprov DKI Jakarta Raih Sebelas Penghargaan di Ajang PRIA 2022