Home / Peristiwa

Senin, 23 Mei 2022 - 17:07 WIB

Tanggul Laut Tanjung Mas Semarang Jebol, Ratusan Warga Mengungsi, Buruh Pabrik Dipulangkan

Akibat jebolnya tanggul karena rob di Kawasan Lami Citra Tanjung Emas Semarang itu banyak aktivitas terhenti. Foto: Tangkapan layar Instagram @infokejadiansemarang.news

Akibat jebolnya tanggul karena rob di Kawasan Lami Citra Tanjung Emas Semarang itu banyak aktivitas terhenti. Foto: Tangkapan layar Instagram @infokejadiansemarang.news

NYATANYA.COM, Semarang – Tanggul laut Tambak Mulyo, Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah, jebol, Senin (23/5/2022) sekira pukul 12.30 WIB.

Akibat jebolnya tanggul karena rob di Kawasan Lami Citra Tanjung Mas Semarang itu banyak aktivitas terhenti termasuk para buruh pabrik.

Belum diketahui berapa rumah warga yang terdampak jebolnya tanggul ini, namun sejumlah warga di sekitar tanggul sudah mulai dievakuasi. Buruh pabrik di seputar pelabuhan juga dipulangkan.

Perangkat Kelurahan Tanjung Mas, Mulyono mengatakan, lokasi tanggul yang jebol berada di RW 013. Saat ini, ketinggian air mencapai lebih dari 50 sentimeter.

Buruh pabrik dipulangkan, mereka terpaksa menyeberangi genangan air yang sudah setinggi perut orang dewasa. Foto: Tangkapan layar Instagram @infokejadiansemarang.news

“Ini pihak Badang Penanggulangan Bencana Daera (BPDB) Kota Semarang mulai akan evakuasi warga,” jelasnya.

Baca juga   Aniaya Pacar, Oknum Polisi Ini Ditempatkan di Sel Khusus Rutan Polda Metro Jaya

BPDB Kota Semarang akan mengirimkan perahu untuk evakuasi warga yang terdampak.

Sampai saat ini, sudah ada ratusan rumah warga yang rumahnya terendam air rob. Di antaranya di daerah Tambakrejo, Tambaklorok dan Tambak Mulyo.

Akibat jebolnya tanggul laut Tambak Mulyo juga menggenangi sejumlah pabrik yang berada di sekitar lokasi. Sejumlah buruh yang berada di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang juga dipulangkan.

“Saat ini buruh yang ada di Pelabuhan Tanjung Mas juga dipulangkan,” imbuhnya.

Dalam unggahan video di Instagram @infokejadiansemarang.news nampak sejumlah orang berlarian menyelamatkan diri di tengah air yang sudah menggenang setinggi perut orang dewasa.

Baca juga   Selamat! Anthony Ginting Cs Resmi Jadi PNS Kemenpora

Nampak pula sejumlah orang yang menuntun kendaraannya, motor nyaris tak kelihatan.

Warga yang bekerja di pelabuhan juga terpaksa pulang dengan jalan kaki. Pasalnya banyak sepeda motor yang tak bisa digunakank arena terjebak rob. “Ini adalah rob yang paling besar,” terang Mulyono.

Dia berharap, agar sabuk pantai di pesisir Kota Semarang segera diselesaikan. Hal ini karena akan mempengaruhi air rob yang datang ke permukiman warga.

Jebolnya tanggul di Tanjung Emas Semarang itu saat ini sudah ditangani oleh BPBD Kota Semarang yang bersinergi dengan Polairud dan BPBD Kabupaten Semarang. (*)

Share :

Baca Juga

Penguatan Kampung Jemparingan Mataram Tahun 2021 di Kampung Jemparingan Langen Progo, Pengasih, Kulon Progo. (Foto:MC.Kab.Kulon Progo)

Peristiwa

Kudha Kabudayan Kulon Progo Gelar Penguatan Kampung Jemparingan Mataram 2021
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat penyaluran bantuan air bersih di Desa Kedungjambal Kecamatan Tawangsari. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Banyak Sumur Kering, Bupati Sukoharjo Kirim Bantuan Air Bersih 
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww

Peristiwa

Foto: Upacara Tawur Agung Kesanga di Tangerang
Bupati Lumajang Thoriqul Haq acara serah terima bantuan dari Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (10/12/2021). (Foto: MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Bupati Lumajang: Bantuan Rp7,5 Miliar Pemprov Kalteng untuk Relokasi Rumah Warga Terdampak Semeru
Ilustrasi: Ist

Peristiwa

Tidur Bersama Kekasihnya di Apartemen, Pria Surabaya ini Tiba-tiba Loncat dari Lantai 28
Kejagung menetapkan AM, selaku Direktur Utama PT Prioritas Raditya Multifinance (PT PRM) sebagai tersangka kasus korupsi pada pengelolaan dana investasi di PT Asuransi Jiwa Taspen 2017 sampai dengan 2020. Foto: dok. Puspenkum

Peristiwa

Kejagung Tetapkan AM Tersangka Korupsi PT Asuransi Jiwa Taspen
Warga binaan Rutan kelas IIB Boyolali saat diberikan vaksin jenis SinoVac oleh petugas medis. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Warga Binaan Rutan Boyolali Terima Vaksinasi
PT Angkasa Pura/AP II berhasil mencapai penilaian sangat baik dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam kategori tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG). (Foto: AP II)

Peristiwa

AP II Dapat Nilai Sangat Baik dalam Tata Kelola Perusahaan dari BPKP