Home / Olga

Selasa, 6 Juli 2021 - 21:55 WIB

Targetkan 41 Medali Emas PON XX, Atlet Jateng Matangkan Persiapan

Atlet Jateng genjot latihan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Atlet Jateng genjot latihan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Oktober mendatang, atlet-atlet Jawa Tengah mulai mematangkan persiapan. Meski di tengah kondisi pandemi, persiapan tetap dilakukan dengan program Pelatda oleh masing masing Pengprov secara intens.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga pada Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng Agung Hariyadi menyebut, persiapan atlet terus dimatangkan. Selain dengan latihan, juga dilakukan vaksinasi.

Dikatakan, dalam masa pandemi intensitas latihan terpusat tetap dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Selain itu, try out untuk menilai kemampuan atlet terdapat beberapa penundaan.

“Latihan tetap jalan di induk cabang olahraga masing-masing. Pemusatan latihan atau pelatda masing-masing cabor itu sudah terus latihan mandiri maupun terpusat. Di masa pandemi, untuk try out dilakukan meski terdapat penundaan,” ujarnya Selasa (6/7/2021).

Baca juga   Jabar Sabet Medali Emas Pertama dari Cabor Wushu

Agung menyampaikan, kondisi itu menjadi salah satu hambatan dalam pemantauan kemampuan atlet. Namun demikian, Disporapar, bersama KONI dan pengurus cabang olah raga, tetap mencoba mengoptimalkan latihan menjelang PON.

“Idealnya berlatih secara sentralisasi. Namun karena ada kebijakan protokol kesehatan, maka pemusatan latihan dioptimalkan melalui skema mandiri maupun terpusat, dengan prokes ketat,” imbuhnya.

Diakui, ajang latih tanding penting dilakukan untuk mengukur performa atlet. Namun dengan kondisi pandemi Covid-19, hal itu tetap harus memperhatikan protokol kesehatan, dan kondisi penyebaran virus.

Terkait vaksinasi atlet, Agung menyebut telah melakukan usulan tidak hanya bagi atlet PON, namun juga atlet difabel. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan sesuai domisili asal atlet. Hingga saat ini vaksinasi telah direalisasikan kepada seluruh atlet Pelatda PON, yakni sekitar 400 atlet yang tergabung dalam kontingen Jateng.

Baca juga   Diluar Dugaan, Saptoyogo Raih Medali Perunggu Paralimpiade Tokyo 2020

“Kita menargetkan peningkatan jumlah medali. Dari PON yang lalu kita dapat 32 emas. Target pada PON XX kali ini adalah 41 emas,” papar Agung.

Ia menyebut, target medali tersebut diharapkan didapatkan dari tujuh cabang olahraga unggulan pertama. Yakni biliar, taekwondo, atletik, wushu, pencak silat, menembak, dan panjat tebing. Sedangkan, cabor lain yang diharapkan bisa mendulang emas, di antaranya sepak takraw, wood ball, tarung drajat, paralayang, sepatu roda, renang, angkat beban, dan sebagainya. (*)

Share :

Baca Juga

Kontingen PON XX Jawa Tengah asal Pekalongan saat pamitan Wali Kota. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

Olga

10 Atlet Pekalongan Perkuat Kontingen Jateng di PON XX
Glenn Victor Sutanto menang di cabang renang nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra dengan catatan waktu 54:32 pada ajang Pekan Olahraga Nasional XX Papua di Stadion Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Minggu 10 Oktober 2021. (ANTARA/HO-PB PON XX PAPUA/R.Berto Wedhatama/pri)

Olga

Klasemen Sementara PON XX, Mengejar Bayang-bayang Juara Umum
Wabup Johannes Rettob saat jumpa pers di Media Center Kominfo Klaster Mimika. (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/InfoPublik)

Olga

Akses Venue PON Papua Klaster Mimika Pakai PeduliLindungi
Api PON dilepas Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM bersama para Komandan Satuan TNI dan Polri di Mimika untuk selanjutnya diterbangkan ke Wamena. (Foto: MC PON Klaster Mimika)

Olga

Setelah Dikirab di Mimika, Api PON Terbang ke Wamena
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali emas kemenangannya di Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto: @Kemenag_RI)

Olga

Ternyata Segini Harga Rumah di PIK 2 untuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu
Sebanyak 15 medali emas akan diperebutkan dalam cabor catur PON XX. (Foto:McMrk)

Olga

Seratus Atlet Catur Memperebutkan 15 Medali Emas PON Papua
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melepas pemberangkatan Atlet PON 2021 dari Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Olga

33 Atlet Bantul Siap Berlaga di PON XX Papua
Menpora Amali dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto:Div Humas Mabes Polri)

Olga

Kapolri Keluarkan Izin Rekomendasi Liga 1 dan Liga 2