Home / News

Minggu, 8 Agustus 2021 - 18:42 WIB

Tekan Angka Penularan Covid-19, DIY Tingkatkan Target Tracing

Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Daerah DIY meningkatkan target tracing sebesar 1:8 dari yang semula 1:5. Demikian disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada rapat koordinasi Evaluasi Testing Tracing 7 Wilayah Aglomerasi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang dilaksanakan secara daring dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Sabtu (7/8/2021).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam laporannya mengungkapkan, DIY telah merekrut satgas khusus dari mahasiswa sebanyak 100 orang dan melakukan pemindahan warga isoman ke isoter.

“Sudah ada 985 orang yang pindah ke isoter dan akan terus kami tingkatkan,” imbuhnya.

Sementara untuk percepatan vaksinasi, lanjutnya, per 6 Agustus 2021, penerima vaksinasi dosis 1 mencapai 1.220.051 orang (42,37%). Di sisi lain, cakupan vaksinasi dosis 2 mencapai 469.264 (16,30%) dan telah dimulai vaksinasi dosis 3 untuk tenaga kesehatan mencapai 1.999 orang (5,91%).

Baca juga   Penuhi Permintaan, PMI Yogya Tambah 5 Mesin Plasma Konvalesen

Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan dari hasil evaluasi pada Rapat Koordinasi dengan Menteri Kesehatan RI dan Gubernur se-Jawa dan Bali, untuk DIY perlu meningkatkan tracing agar lebih banyak warga yang tertangani.

“Target pemerintah pusat sebenarnya 1:15, tapi dengan kondisi (sumber daya) DIY sekarang ini masih sulit dilakukan,” jelasnya saat ditemui usai rapat dimaksud.

“Jika tracing sedikit, maka bisa diartikan masih banyak masyarakat yang kemungkinan besar terpapar tapi berada di rumah atau beraktivitas seperti biasa. Terlebih, angka isoman di DIY masih cukup tinggi sementara di tempat isolasi shelter masih ada 1.300 bed yang belum terisi.

“Sehingga perlu dilakukan tracing yang lebih teliti untuk dapat mengurangi angka penularan dan kematian,” tambahnya. Aji menjelaskan untuk dapat memenuhi target tersebut, Pemda DIY telah mendapat bantuan BKO dari TNI/Polri sebanyak 230 bintara remaja, personel di Koramil maupun Polsek untuk membantu Puskesmas dalam tracing.

Baca juga   'Testing' Jateng Lampaui Standar WHO, Ganjar Minta Terus Digenjot

Menteri Luhut Binsar Pandjaitan saat memimpin rapat koordinasi evaluasi Testing dan Tracing se-Jawa Bali mengatakan tren angka kasus di Jawa-Bali terus menunjukkan penurunan. Terlihat dari jumlah tes cukup meningkat, positivity rate menurun.

“Terima kasih atas kerja keras semua, sekarang positivity rate 22 persen. Kita pertahankan satu bulan ke depan bisa 10 persen positivity rate, kita bisa kembali di posisi seperti Maret-Mei,” ujarnya.

Luhut menegaskan tujuan testing dan tracing adalah untuk menemukan kasus baru secara cepat sehingga mencegah penularan dan mempercepat dilakukan treatment untuk kesembuhan. Berdasarkan data testing sejak 1 Agustus 2021, lanjutnya, terjadi peningkatan jumlah testing terutama antigen. (*)

Share :

Baca Juga

Tahun 2023 merupakan gerbang ke tahun kontestasi politik pada 2024. Dalam catatan KPK, setahun menjelang konstestasi politik merupakan tahun yang rawan korupsi. Foto: Dok KPK

News

Jelang Pemilu 2024, KPK Ingatkan Penyelenggara Negara Hindari Praktik Korupsi
Syawalan dan Paskahan Warga RW 27 Padukuhan Wonorejo Ponggol Sleman merajut kebhinnekaan, Jumat (28/4/2023) malam. (Foto: Ist)

News

Warga RW 27 Padukuhan Wonorejo Ponggol Sleman Rajut Kebhinnekaan Lewat Syawalan dan Paskahan
Foto: Diskominfo Jateng

News

16 Budaya Asal Jateng Ditetapkan WBTB Nasional, Ini Rinciannya
Bupati Batang Wihaji saat meninjau di Rest Area Gringsing, Kabupaten Batang, Sabtu (30/4/2022) malam. Foto: MC Batang

News

Pemberlakuan One Way Ternyata Beri Dampak Positif bagi Warung-warung di Pantura Batang
Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus bertemu Presiden RI Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Dirjen WHO Apresiasi Indonesia dalam Penanganan Pandemi Covid-19
Bupati Jepara Dian Kristiandi, pada sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bangsri. (Foto: Diskominfo Jepara)

News

Bersama Lawan Berita Hoaks Vaksinasi Covid-19
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Penyebaran Covid-19 di Atas 60 Persen, Kendal Fungsikan RS Darurat
Puan Maharani mengajak seluruh kader PDIP untuk tetap solid dan tetap bekerja untuk rakyat. (Foto : Istimewa)

News

Hadapi Pemilu 2024, Puan Ajak Kader PDIP Tetap Solid dan Tidak Terpengaruh Survei