Home / News

Minggu, 8 Agustus 2021 - 18:42 WIB

Tekan Angka Penularan Covid-19, DIY Tingkatkan Target Tracing

Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Daerah DIY meningkatkan target tracing sebesar 1:8 dari yang semula 1:5. Demikian disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada rapat koordinasi Evaluasi Testing Tracing 7 Wilayah Aglomerasi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang dilaksanakan secara daring dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Sabtu (7/8/2021).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam laporannya mengungkapkan, DIY telah merekrut satgas khusus dari mahasiswa sebanyak 100 orang dan melakukan pemindahan warga isoman ke isoter.

“Sudah ada 985 orang yang pindah ke isoter dan akan terus kami tingkatkan,” imbuhnya.

Sementara untuk percepatan vaksinasi, lanjutnya, per 6 Agustus 2021, penerima vaksinasi dosis 1 mencapai 1.220.051 orang (42,37%). Di sisi lain, cakupan vaksinasi dosis 2 mencapai 469.264 (16,30%) dan telah dimulai vaksinasi dosis 3 untuk tenaga kesehatan mencapai 1.999 orang (5,91%).

Baca juga   Meski Kasus Rendah, Jateng Tak Kendurkan Testing dan Tracing

Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan dari hasil evaluasi pada Rapat Koordinasi dengan Menteri Kesehatan RI dan Gubernur se-Jawa dan Bali, untuk DIY perlu meningkatkan tracing agar lebih banyak warga yang tertangani.

“Target pemerintah pusat sebenarnya 1:15, tapi dengan kondisi (sumber daya) DIY sekarang ini masih sulit dilakukan,” jelasnya saat ditemui usai rapat dimaksud.

“Jika tracing sedikit, maka bisa diartikan masih banyak masyarakat yang kemungkinan besar terpapar tapi berada di rumah atau beraktivitas seperti biasa. Terlebih, angka isoman di DIY masih cukup tinggi sementara di tempat isolasi shelter masih ada 1.300 bed yang belum terisi.

“Sehingga perlu dilakukan tracing yang lebih teliti untuk dapat mengurangi angka penularan dan kematian,” tambahnya. Aji menjelaskan untuk dapat memenuhi target tersebut, Pemda DIY telah mendapat bantuan BKO dari TNI/Polri sebanyak 230 bintara remaja, personel di Koramil maupun Polsek untuk membantu Puskesmas dalam tracing.

Baca juga   Lima Warga Mertoyudan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menteri Luhut Binsar Pandjaitan saat memimpin rapat koordinasi evaluasi Testing dan Tracing se-Jawa Bali mengatakan tren angka kasus di Jawa-Bali terus menunjukkan penurunan. Terlihat dari jumlah tes cukup meningkat, positivity rate menurun.

“Terima kasih atas kerja keras semua, sekarang positivity rate 22 persen. Kita pertahankan satu bulan ke depan bisa 10 persen positivity rate, kita bisa kembali di posisi seperti Maret-Mei,” ujarnya.

Luhut menegaskan tujuan testing dan tracing adalah untuk menemukan kasus baru secara cepat sehingga mencegah penularan dan mempercepat dilakukan treatment untuk kesembuhan. Berdasarkan data testing sejak 1 Agustus 2021, lanjutnya, terjadi peningkatan jumlah testing terutama antigen. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kondisi Membaik, DIY Berharap Turun ke Level 2 PPKM
Ganjar Pranowo menjadi gubernur pertama yang berkunjung ke Pulau Parang. (Foto: Humas Jateng)

News

Senangnya Warga Parang Sambut Ganjar, Gubernur Pertama yang Berkunjung
Rumah sakit darurat yang disiapkan Pemkot Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Magelang)

News

Rumah Sakit Rujukan Penuh, Pemkot Magelang Siapkan RS Darurat
Tindak kejahatan jalanan di Jalan AM Sangaji, Jetis, Yogyakarta (Foto: dokumentasi Kodim 0734/Yogyakarta)

News

Dikejar dan Dipepet Rombongan Klithih, 1 Korban Meninggal dan 1 Luka
Presiden Jokowi menyapa warga Desa Segaran pada kunjungannya meninjau vaksinasi door to door. (Foto: Humas Jateng)

News

Senangnya Warga Segaran Didatangi Jokowi dan Ganjar
Gambar visual aktivitas Gunung Merapi, Sabtu (14/8/2021) pukul 07.40 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Pukul 07.40 WIB
Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris daerah Drs Jazil Ambar Was'an beserta jajaran melakukan peninjaunan vaksinasi Covid-19. (Foto: Humas Kulonprogo)

News

Lampaui Target 50 Persen, Kulonprogo Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Kembali Rekor, Positif Covid-19 DIY 675 Kasus