Home / Peristiwa

Senin, 14 November 2022 - 22:13 WIB

Tekan Lonjakan Covid-19, Kabupaten Semarang Jemput Bola Layanan Vaksinasi Booster

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tingkat Kabupaten Semarang. Foto: Diskominfo Kab.Semarang

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tingkat Kabupaten Semarang. Foto: Diskominfo Kab.Semarang

NYATANYA.COM, Semarang – Pemerintah Kabupaten Semarang terus berupaya memperluas cakupan vaksinasi booster, untuk menekan kemungkinan lonjakan kasus Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Semarang Ngesti Nugraha di sela-sela peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tingkat Kabupaten Semarang, di Halaman GOR Wujil, Bergas, Sabtu (12/11/2022).

Menurutnya, seluruh Puskesmas telah siap melayani warga dalam menjalani vaksinasi ketiga. Selain itu, juga didukung oleh klinik kesehatan yang ada.

“Data dari Kemenkes, tiga (orang) dari penderita Covid-19 yang meninggal dunia belum menjalani vaksinasi booster. Karenanya, kita akan mempercepat vaksinasi booster untuk menciptakan imunitas kelompok yang kuat,” jelas bupati dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng, Senin (14/11/2022).

Baca juga   Pintu dan Jendela Kaca Hancur, Polda Sulsel Lakukan Penyelidikan Kasus Kisruh Lahan Sengketa

Bupati mengimbau warga, untuk tidak meremehkan kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Semarang.

Meskipun terhitung rendah, namun ada kecenderungan bertambahnya kasus. Warga juga diimbau untuk berinisiatif mendapatkan vaksinasi booster di Puskesmas, rumah sakit, dan klinik kesehatan.

Tak hanya itu, lanjut bupati, Dinkes juga telah bersiap menyediakan tempat isolasi terpadu jika memang kenaikan jumlah kasus Covid-19 meningkat.

“Kita berharap, jangan sampai kasus Covid-19 kembali naik. Segera lakukan vaksinasi booster dan tetap terapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang Syaiful Noor Hidayat menyampaikan, saat ini pencapaian vaksinasi booster Covid-19 di atas angka 50 persen.

Sedangkan tingkat kekebalan kelompok mencapai 95 persen, berdasarkan survei Kementerian Kesehatan RI. Persentase itu, di atas angka rata-rata Provinsi Jawa Tengah, bahkan nasional.

Baca juga   Isu Fenomena Chemtrails yang Akibatkan Mewabahnya Omicron, Begini Penjelasan Lengkap BMKG

“Kita sediakan layanan jemput bola kepada warga yang akan mengikuti vaksinasi booster. Tujuannya, untuk mempercepat dan memperluas pelayanan,” ujar Dwi.

Terkait beberapa program unggulan bidang kesehatan lainnya, lanjut Dwi, pihaknya juga menyediakan layanan ambulans gratis bagi warga kurang mampu. Mereka bisa memanfaatkan layanan antar dan jemput ke fasilitas kesehatan.

Selain itu, dilakukan percepatan pelayanan kepada warga lanjut usia yang belum tersentuh jaminan kesehatan. Pasalnya, mereka belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat mendapatkan jaminan sosial dan kesehatan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti prosesi Kirab Pusaka Dalem 1 Sura EHE 1956, Jumat (29/7/2022) malam. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Momen Ganjar Pranowo Ikuti Kirab Pusaka Dalem Mangkunegaran Surakarta
Foto: InfoPublik/ Eko Budiono

Peristiwa

Efek MotoGP Mandalika 2022, Pelaku UMKM Lombok Kulakan di Jawa dan Bali
Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) PT Hutama Karya (HK) halau sejumlah mobil truk dan box yang ingin melewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. (Foto: Mediacenter Riau)

Peristiwa

Petugas Tol Pekanbaru – Dumai Halau Sejumlah Truk, Ternyata Ini Masalahnya
Pemberian uang santunan penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan nasional jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 di Pendapa Taman Cerdas Kelurahan Gilingan, Kota Surakarta, Senin (22/11/2021). (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Warga Diharap Gunakan Santunan Jalur Ganda Solo-Semarang Tidak untuk Konsumtif
Vaksinsi booster di Kantor Lazada, Jalan Kabupaten, Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman. (Foto: MC Sleman)

Peristiwa

Dukung Percepatan Vaksin Covid-19, Lazada Yogya Gelar Vaksinasi Booster Gratis
(nyatanya.com)

Peristiwa

Pakai Aplikasi ‘Si Bulan’, Bayi Lahir Langsung Dapat Akta
Geladak Perak, jembatan penguhubung utama Lumajang - Pronojiwo yang ambruk akibat awan panas guguran (APG) Bencana Gunung Semeru akan kembali dibangun di titik yang sama, namun dengan struktur bangunan yang berbeda. (Foto:MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Jembatan Gladak Perak Akan Dibangun Ulang dengan Konstruksi Berbeda
Satpol PP Demak mencopot salah satu reklame yang dipasang di pohon. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Satpol PP Tertibkan Ratusan Reklame Tak Berijin dan Langgar Perda