Home / Peristiwa

Senin, 24 Mei 2021 - 21:31 WIB

Telur Nyamuk ber-Wolbachia Disebar di Sleman, Ini Maksudnya

Pemkab Sleman meluncurkan program Si Wolly Nyaman. Foto: nyatanya.com/istimewa

Pemkab Sleman meluncurkan program Si Wolly Nyaman. Foto: nyatanya.com/istimewa

NYATANYA.COM, Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman meluncurkan secara resmi program pengendalian Dengue (DBD) dengan menerapkan teknologi nyamuk ber-Wolbachia (Si Wolly Nyaman) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Peluncuran tersebut ditandai dengan penyerahan ember berisi telur nyamuk ber-Wolbachia oleh Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Kegiatan peluncuran program Si Wolly Nyaman tersebut dikemas dalam kegiatan Talkshow yang juga mengundang sejumlah narasumber diantaranya, Direktur Regional WMP Global, Dr. Claudia Surjadjaja, Project Leader WMP Yogyakarta, Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D, dan Ketua Yayasan Tahija, Trihadi Saptoadi.

Baca juga   Banjir di Kota Pekalongan Juga Genangi Lapas Kelas IIA

Dalan kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Sleman joko Hastaryo menyampaikan bahwa implementasi program tersebut melalui sejumlah tahapan meliputi pelatihan, sosialisasi, pendataan orang tua asuh, penitipan ember yang berisi telur nyamuk ber-Wolbachia pada orang tua asuh, monitoring populasi nyamuk, hingga penarikan ember telur.

Lebih lanjut, Joko memaparkan ada sebanyak 22.323 lokasi di wilayah Sleman yang nantinya akan menjadi tempat peletakkan ember berisi telur nyamuk ber-Wolbachia.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa Diluncurkannya Program Si Wolly Nyaman tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah terhadap kesehatan warga Sleman.

Baca juga   Kejagung Periksa Lima Saksi Kasus Korupsi Waskita Beton

“Manfaat program ini untuk mengurangi kasus penularan lokal DBD di Sleman, minimal sampai 50%,” Katanya.

Kustini menyebut kerjasama Sleman dalam pelaksanaan program tersebut dimulai sejak awal penelitian WMP Yogyakarta, ditandai pelepasan nyamuk skala kecil di Dusun Kronggahan dan Nogotirto pada 2014. Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan keberhasilan dengan efikasi 77 persen. Berdasarkan hal tersebut, Kustini berharap keberhasilan program tersebut juga akan dirasakan manfaatnya oleh warga Sleman. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: ANTARA

Peristiwa

Kementerian ESDM: Endapan Kuarter dan Bebatuan Berumur Perkuat Efek Gempa Mamuju
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2021 dari Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Jateng Provinsi Terbaik Penyedia Kredit Kerakyatan, Ganjar Terima Penghargaan KUR 2021
Kondisi Gunung Semeru pasca erupsi, Minggu (12/12/2021). (Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB)

Peristiwa

Update, Sebanyak 10.400 Warga Mengungsi di 406 Titik Pengungsian Paska Erupsi Semeru
Tampak pelaku saat hendak membawa motor milik Sukaji. Foto: tangkap layar cctv/selalu.id

Peristiwa

Nekat, Pencuri di Surabaya ini Gasak Motor yang Masih Bermuatan Keranjang Buah
Vaksinasi dosis pertama ini menyasar 450 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Pemkab Bantul Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas
Kedatangan kembali vaksin Pfizer pengiriman kedua di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Selasa (14/12/2021) pukul 22.15 WIB menggunakan maskapai Emirates Airline yang memiliki nomor penerbangan EK358. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Peristiwa

Vaksin Pfizer Pengiriman Kedua Telah Tiba di Tanah Air, Total 1.759.965 Dosis
Kepala KPAID Kota Yogya, Sylvi Dewajani mengatakan KPAID Award Tahun 2021 adalah sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen dan inovasi kepada stakeholder yang memiliki komitmen besar dan berkontribusi aktif terkait penyelenggaraan perlindungan anak.(Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

KPAID Award 2021, Bentuk Penghargan atas Komitmen Terhadap Perlindungan Anak
Uji coba pembayaran parkir khusus pengguna motor secara non tunai menggunakan QRIS dilakukan di 2 titik parkir, yakni di Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes dan di Tempat Khusus Parkir (TKP) Limaran. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pembayaran Parkir Non Tunai Diuji Coba Dishub Kota Yogya