Home / Peristiwa

Jumat, 24 September 2021 - 13:44 WIB

Teman Gardagita, Aplikasi Online Akses Benda Cagar Budaya

Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi, Teman Gardagita. (Foto: HUmas Pemkot Surakarta)

Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi, Teman Gardagita. (Foto: HUmas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi (Teman Gardagita) di Loji Gandrung, Kamis (23/9/2021). Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengakses benda cagar budaya melalui telepon pintar.

“Di era milenial ini kita harus mengikuti perkembangan zaman, makanya cagar budaya di Solo dapat kita akses secara online. Kita masukkan di (aplikasi) Solo Destination. Ini lebih memudahkan, ini tuntutan zaman,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Agus Santoso.

Baca juga   Surakarta Terima Bantuan 100 Oxygen Concentrator

Agus Santoso mengatakan dalam aplikasi Solo Destination ini terdapat beberapa informasi mengenai wisata budaya dan cagar budaya serta beberapa informasi lainnya.

“Di sana (Solo Destination) wisata budaya ada, cagar budaya ada, informasi budaya nanti bisa dilihat disana langsung. Memang baru Kecamatan Laweyan dan Pasar Kliwon nanti akan kami proses terus,” imbuhnya.

Baca juga   Ribuan Lele Mati Akibat Abu Vulkanik Gunung Merapi

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menyambut baik inovasi Teman Gardagita sebagai upaya mengenalkan budaya kepada generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi.

“Inovasi ini diharapkan dapat mengenalkan cagar budaya kepada generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Semoga warga Solo dapat memanfaatkan dan mengetahui cagar budaya dengan digitalisasi dan menyejahterakan masyarakat serta mewujudkan Solo sebagai Smart Culture,” ucapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten menyerahkan bantuan operasional Pos Aju. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Bupati Pastikan Pos Aju Siap Beroperasi
Babinsa Koramil Tegalrejo menyambut kedatangan Wawali saat kunker ke wilayah Kelurahan Bener. (Foto: Koramil 02/Tegalrejo)

Peristiwa

Vaksinasi Massal di Kelurahan Bener, Babinsa Sambut Kedatangan Wawali
Sosialisasi Pemotongan dan Pengawasan Hewan Kurban Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Cegah Klaster Baru, Penyembelihan Hewan Kurban Harus Taat Prokes
Wakil Walikota Teguh Prakosa saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Solo Paragon. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Akselerasi Vaksin di Solo Paragon Ditutup, 10.060 Warga Sudah Divaksin
GKBRAy. A. Paku Alam, Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY, saat menghadiri gelaran Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2021 di Galeria Mall, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemprov Yogya)

Peristiwa

JIBB 2021, Ajang Unjuk Karya Perancang Muda DIY
Direktur Utama PT Tambi, Suwito menyebut ekspor perdana setelah vakum lebih dari 10 Tahun itu bakal menjadi keran bagi terbukanya peluang ke sejumlah Negara lain, yaitu UEA, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Peristiwa

Ekspor Teh ke Jepang, PT Tambi Wonosobo Kantongi 1,1 Juta Dolar AS
Pertunjukan wayang kulit secara virtual HUT Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Pertunjukan Wayang Kulit Virtual, Tandai Puncak Peringatan Hari Jadi Boyolali
Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan. (Foto:Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Percepatan Vaksinasi, Kemendagri Kunjungi Klaten