Home / Wisata

Jumat, 24 September 2021 - 22:56 WIB

Temanggung Buka Kawasan Pedesaan Eduwisata “Eling Mbansari”

“Eling Mbansari” merupakan kawasan pedesaan Eduwisata yang memadukan wisata alam, ekonomi kreatif dan wisata penjelajahan. (Foto: Diskominfo Temanggung)

“Eling Mbansari” merupakan kawasan pedesaan Eduwisata yang memadukan wisata alam, ekonomi kreatif dan wisata penjelajahan. (Foto: Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Kabupaten Temanggung kini memiliki destinasi wisata baru kawasan pedesaan Eduwisata “Eling Mbansari” di Kecamatan Bansari. Kawasan pedesaan Eduwisata yang memadukan wisata alam, ekonomi kreatif dan wisata penjelajahan tersebut diharapkan mampu mendongkrak peningkatan perekonomian di 13 desa sekitar.

“Hari ini ada peluncuran perpaduan antara berbagai desa wisata di Kecamatan Bansari yang diberi judul ‘Eling Mbansari’ yang merupakan paduan dari berbagai kegiatan wisata dari beberapa desa. Kawasan Pedesaan Eduwisata ini diprakarsai oleh Badan Kerja Sama Antar Desa di Kecamatan Bansari,” kata Bupati Temanggung, HM Al Khadziq saat peluncuran desa wisata tersebut, Jumat (24/9/2021).

Baca juga   Kembangkan Wisata Halal, Gus Yasin Dorong SDM Kuasai Bahasa Arab

Khadziq menilai program tersebut sangat bagus untuk memajukan Kecamatan Bansari dan daerah sekitarnya, khususnya pada sektor pariwisata yang harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kabupaten Temanggung, Gema Artisti Wahyudi menyebutkan pengembangan pariwisata desa menjadi skala prioritas Tahun 2021. Keberadaaan wisata desa merupakan model pertumbuhan pembangunan ekonomi yang cepat dan merata.

Untuk itu, setiap desa didorong untuk menggali dan mengembangkan potensi wisatanya, seperti keindahan alam, keragaman budaya, produk-produk UMKM, serta tatanan kehidupan masyarakat.

“Kami berusaha mengintervensi desa, sedikit demi sedikit agar desa ini menonjolkan potensi yang sudah ada dulu. Kemudian, potensi yang sudah ada inilah yang nantinya dikembangkan dan disentuh dengan nilai-nilai yang kreatif,” katanya.

Baca juga   Susur Pantai, Cara Baru Menikmati Indahnya Pantai Selatan

Gema berharap, dengan peluncuran Kawasan Perdesaan Eduwisata “Eling Mbansari” tersebut akan menambah pendapatan masyarakat desa, karena nantinya mampu menampung para pekerja sebagai pengelola wisata.

“Saya optimistis ini akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat, karena selama proses ini banyak wisatawan yang tertarik datang, termasuk Direktur Kerja Sama Desa dari Kementerian Desa sangat mendukung program ini,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Acara Penandatanganan KSP TMII. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

PT TWC Akan Kelola TMII Menjadi Indonesia Opera
Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat jadi layanan baru bagi wisatawan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Apa Itu Taman Pintar Virtual Guide dan 360 Derajat yang Baru Diluncurkan?
Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Tinalah Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. (Foto: MC Kab.Kulon Progo)

Wisata

Desa Tinalah Kulon Progo Masuk 50 Besar Desa Wisata Kemenparekraf
Gus Yasin saat mengunjungi uji coba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Jumat (17/9/2021). (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kunjungi Candi Borobudur, Gus Yasin Minta Umat Beragama Saling Menghormati
Grafis: nyatanya.com

Wisata

Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar
Indah Juanita, Direktur Utama BOB (kedua dari kiri) dan Direktur Damri, Setia N Milatia Moemin usai bertemu di kantor BOB. Foto: nyatanya.com/Instagram Borobudur

Wisata

DAMRI Dukung Aksesibilitas Pengembangan Destinasi Super Prioritas Borobudur
Watu Dodol berada ditengah ruas jalan yang menghubungkan Situbondo-Banyuwangi dan terletak 5 kilometer sebelum Pelabuhan Ketapang. (Foto: zainuri arifin)

Wisata

Pesona Watu Dodol yang Menyimpan Cerita Mistis
Penampakan Rumah Adat Batak Samosir atau Rumah Gorga hasil penataan Kementerian PUPR. (Foto: Dok.Kementerian PUPR)

Wisata

Masuk KSPN ‘Bali Baru’, Danau Toba Punya Wajah Baru