Home / News

Kamis, 24 November 2022 - 16:44 WIB

Temanggung Masuk 12 Besar Innovation Government Award 2022

Foto: MC.TMG

Foto: MC.TMG

NYATANYA.COM, Temanggung – Kabupaten Temanggung menjadi nominator penilaian Innovation Government Award (IGA) 12 besar kategori kabupaten, yang selanjutnya akan diambil 10 besar Kabupaten Terinovatif.

Untuk itu dilakukan penilaian IGA 2022, di Ruang Sidang Utama Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq memaparkan berbagai inovasi yang ditujukan, untuk menyelesaikan berbagai persoalan di tengah masyarakat, antara lain melalui Perda, Perbup, maupun Surat Edaran Bupati.

Di antaranya terkait inovasi daerah, Peraturan Daerah Kabupaten Temanggung Nomor 9 Tahun 2021 tentang Inovasi Daerah, Keputusan Bupati Nomor 072.3/0293 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama-nama Inovasi Daerah Kabupaten Temanggung Tahun 2021.

Keputusan Bupati Nomor 072.3/002309 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama-nama Inovasi ASN dan Perangkat Daerah Kabupaten Temanggung Tahun 2021, Perbup Desa Wisata, Mustika Desa, Keputusan Bupati tentang penetapan nama inovasi Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan Komite Pengembangan Ekonomi Kreatif.

Baca juga   Dindukcapil Mulai Rekam Data Calon Pemilih Pemula

“Gambaran umum inovasi daerah Kabupaten Temanggung dari tahun 2021- 2022 ada 162 inovasi, yang akan saya paparkan, khususnya ada dua hal. Pertama adalah inovasi digital berupa pelayanan BPHTB secara elektronik, untuk memudahkan masyarakat dalam membayar secara online dan bisa langsung dibaca oleh BPN. Keunggulan e-BPHTB adalah efisiensi, handarbeni, excellence, akuntabel, transparan,” jelas Bupati.

Ditambahkan, e-BPHTB ini memiliki fitur geospasial sebagai alat bantu verifikasi dan deteksi lokasi relatif objek pajak yang akan ditransaksikan, mempunyai fitur daftar referensi harga sebagai acuan verifikator untuk verifikasi kewajaran harga.

Baca juga   Nikmatnya Kopi Gratis Bikinan Barista Sekolah Kopi Gemawang

Seluruh transaksi e-BPHTB otomatis masuk dalam laporan BKU dan LRA, sehingga memudahkan monitoring dan pengendalian target pendapatan asli daerah.

“Satu lagi adalah temuan dari masyarakat, berupa zat pewarna alami untuk membuat batik, dan saat ini dikembangkan untuk lukisan yang sangat ramah lingkungan. Produk Sibiru ini sudah dijual ke berbagai negara, dan juga diminati di dalam negeri sebagai salah satu produk yang inovatif,” lanjutnya.

“Kemanfatan dari e-BPHTB dan Sibiru ini adalah mendorong pencapain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tandas bupati.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.Puspenkum

News

Kejagung Kembalikan Berkas Perkara Ferdy Sambo dan Lainnya ke Bareskrim Polri, Ini Alasannya
Sejumlah warga membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar murah minyak goreng di Blok F Trade Center, Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/12/2021). Pemerintah menyediakan 11 juta liter minyak goreng dalam operasi pasar di seluruh Indonesia yang dijual dengan harga Rp14 ribu per liter dalam rangka stabilisasi kenaikan harga minyak goreng dan membantu masyarakat mendapatkan harga yang lebih terjangkau. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nym)

News

Presiden Instruksikan Mendag Jaga Stabilitas Harga Minyak Goreng
Johanis Tanak berlatar belakang sebagai Jaksa melengkapi komposisi pimpinan KPK. Foto: Dok KPK

News

Johanis Tanak Lengkapi Komposisi Lima Pimpinan KPK
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspadai Corona Varian Delta, Dinkes Imbau Warga Kenakan Dobel Masker

News

Lagi! Kominfo Blokir 151 Fintech dan 4 Entitas Investasi Bodong, Ini Daftarnya
Kementerian Ketenagakerjaan mengajak para delegasi EWG untuk melihat industri pengolahan kerajinan di Dowa Bag and Factory. (Foto: Ist/InfoPublik)

News

Kemnaker Ajak Delegasi EWG G20 Kunjungi Usaha Kerajinan di Yogyakarta
Bandara Halim Perdanakusuma kembali layani penerbangan komersial. Foto: Ist

News

1 September 2022, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Layani Penerbangan Komersial
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menggelar pertemuan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

55 RT di DIY Masih Merah, Sri Sultan: Kepatuhan Prokes Kunci Strategis Perangi Covid-19