Home / Peristiwa

Kamis, 12 Agustus 2021 - 17:04 WIB

Tembakau 18.519 Hektare Temanggung Siap Dipanen

Petani Temanggung siap panenn raya tembakau. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Petani Temanggung siap panenn raya tembakau. (Foto: Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Sekitar 18.519 hektare luas tanaman tembakau pada 2021 siap untuk dipanen. Lahan tersebut tersebar di 19 kecamatan.

Kabid Hortikultura dan Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Anggit Triwahyu Widodo mengatakan, luas tanaman tembakau siap panen tersebut, baik yang ditanam di tegalan maupun persawahan. Tanaman itu tersebar di 19 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada.

“Hanya Kecamatan Bejen yang tidak ada tanaman tembakau,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Dikemukakan olehnya, varietas yang ditanam untuk Kemloko seluas 7.999,21 hektare atau 43,19 persen, Mantili/Boyolali seluas 5771,84 hektare (31,27 persen) dan varietas lain seperti Ganung, Bat, Manila dan Sampurna seluas 4.478,36 hektare (25,64 persen).

Baca juga   Jayapatra: Dedikasi Yogyakarta bagi Bangsa, Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem

Anggit mengatakan, lahan tembakau tembakau berada di Kecamatan Bulu yang mencapai 2.419 hektare, disusul Kecamatan Ngadirejo 2.312 hektare, Kecamatan Kledung 2.172 hektare, sedangkan di kecamatan lainnya di bawah 2.000 hektare.

Berdasarkan proyeksi, produktivitas lahan tembakau mencapai 0,7 hingga 0,8 ton per hektare. Dengan luasan tersebut produksi tembakau di Kabupaten Temanggung tahun ini sekitar 12.963 ton hingga 14.815 ton.

“Pada awal Agustus ini, daerah yang sudah panen tembakau di kawasan Gunung Prau seperti Kecamatan Tretep dan Wonoboyo, karena di wilayah tersebut tanam tembakaunya lebih awal, kemudian nanti disusul di kawasan Gunung Sindoro dan Sumbing,” terangnya.

Baca juga   Ribuan Jemaat Antusias Rayakan Natal, Ganjar: Terima Kasih Bisa Tertib

Petani di Kabupaten Temanggung berharap hasil panen tembakau pada 2021 ini bisa terserap semua oleh pabrik rokok.

Petani tembakau warga Kecamatan Kledung, Setyo (40) mengatakan, panen tembakau telah mencapai totol C dengan harga kisaran Rp60 ribu di tingkat petani, namun berdasar informasi telah ada totol D. Meskipun di masa pandemi Covid-19, ia berharap hasil panen tembakau tahun ini bisa terserap semua dengan harga tinggi.

“Kami berharap gudang perwakilan pabrik rokok di Temanggung bisa membeli semua hasil panen tembakau petani Temanggung,” ujar Setyo. (*)

Share :

Baca Juga

Penumpang dan ABK KM Mutiara Timur 01 yang mengalami kebakaran di sekitar perairan Pantai Selang Bunutan Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022) dievakuasi. Foto: Dispenal

Peristiwa

Dua KRI Evakuasi Penumpang KM Mutiara Timur yang Terbakar di Perairan Karangasem Bali
KKP menghentikan aksi tiga orang nelayan asal Malaysia yang diduga melakukan pengeboman ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 716 Laut Sulawesi. (Foto: Dok.KKP)

Peristiwa

Diwarnai Aksi Kejar-kejaran, KKP Hentikan Aksi Pengebom Ikan Asal Malaysia di Laut Sulawesi
Tim Penggerak PKK Kapanewon Depok menggelar sosialisasi pencegahan stunting. (Foto:MC Kab Sleman)

Peristiwa

TP PKK Kapanewon Depok Rutin Sosialisasi Pencegahan Stunting
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Ibu Rumah Tangga Nyambi Bandar Togel di Jayapura Diamankan Polisi
Pencarian korban tenggelam di Dam Mrican masih dilakukan Tim Basarnas Kota Yogyakarta. Korban atas nama Fabian Novan Asizan (8) warga Patalan RT 40 RW 08, Prenggan, Kotagede Yogyakarta. (Foto: Basarnas Yogyakarta)

Peristiwa

Febian Noval Tenggelam di Dam Mrican Gajah Wong, Belum Ditemukan
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSUD Bung Karno. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

25 Eks Napiter di Solo Jalani Vaksinasi
Guru PAUD se Kecamatan Jiken saat menggelar pertemuan di hall stage Plumpung Banyu Anget. (Foto: Priyo Puji R)

Peristiwa

Temu Guru PAUD Kecamatan Jiken di Plumpung Banyu Anget
(Ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Demak Gencarkan Vaksinasi Usia 12 hingga 18 Tahun