Home / Peristiwa

Kamis, 12 Agustus 2021 - 17:04 WIB

Tembakau 18.519 Hektare Temanggung Siap Dipanen

Petani Temanggung siap panenn raya tembakau. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Petani Temanggung siap panenn raya tembakau. (Foto: Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Sekitar 18.519 hektare luas tanaman tembakau pada 2021 siap untuk dipanen. Lahan tersebut tersebar di 19 kecamatan.

Kabid Hortikultura dan Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Anggit Triwahyu Widodo mengatakan, luas tanaman tembakau siap panen tersebut, baik yang ditanam di tegalan maupun persawahan. Tanaman itu tersebar di 19 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada.

“Hanya Kecamatan Bejen yang tidak ada tanaman tembakau,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Dikemukakan olehnya, varietas yang ditanam untuk Kemloko seluas 7.999,21 hektare atau 43,19 persen, Mantili/Boyolali seluas 5771,84 hektare (31,27 persen) dan varietas lain seperti Ganung, Bat, Manila dan Sampurna seluas 4.478,36 hektare (25,64 persen).

Baca juga   Vaksinasi Booster untuk Nakes di Jateng Sudah Dimulai

Anggit mengatakan, lahan tembakau tembakau berada di Kecamatan Bulu yang mencapai 2.419 hektare, disusul Kecamatan Ngadirejo 2.312 hektare, Kecamatan Kledung 2.172 hektare, sedangkan di kecamatan lainnya di bawah 2.000 hektare.

Berdasarkan proyeksi, produktivitas lahan tembakau mencapai 0,7 hingga 0,8 ton per hektare. Dengan luasan tersebut produksi tembakau di Kabupaten Temanggung tahun ini sekitar 12.963 ton hingga 14.815 ton.

“Pada awal Agustus ini, daerah yang sudah panen tembakau di kawasan Gunung Prau seperti Kecamatan Tretep dan Wonoboyo, karena di wilayah tersebut tanam tembakaunya lebih awal, kemudian nanti disusul di kawasan Gunung Sindoro dan Sumbing,” terangnya.

Baca juga   Paket Sembako Bantuan ASN Sukoharjo Mulai Disalurkan

Petani di Kabupaten Temanggung berharap hasil panen tembakau pada 2021 ini bisa terserap semua oleh pabrik rokok.

Petani tembakau warga Kecamatan Kledung, Setyo (40) mengatakan, panen tembakau telah mencapai totol C dengan harga kisaran Rp60 ribu di tingkat petani, namun berdasar informasi telah ada totol D. Meskipun di masa pandemi Covid-19, ia berharap hasil panen tembakau tahun ini bisa terserap semua dengan harga tinggi.

“Kami berharap gudang perwakilan pabrik rokok di Temanggung bisa membeli semua hasil panen tembakau petani Temanggung,” ujar Setyo. (*)

Share :

Baca Juga

Para tersangka kejahatan seksual terhadap anak yang dibekuk Polda DIY. Foto: Instagram @humasjogja

Peristiwa

Kejahatan Seksual pada Anak Dibongkar Polda DIY, Ortu Wajib Awasi Penggunaan HP
Bupati Semarang Ngesti Nugraha meninjau pelaksanaan vaksinasi di PT Perindustrian Bapak Djenggot, Bergas. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Bupati Ngesti Apresiasi Dukungan Perusahaan Swasta untuk Percepat Vaksinasi
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai menandatangani kontrak pemesanan dua pesawat Airbus A400M. (Foto: Airbus Defence)

Peristiwa

Kemhan Tandatangani Kontrak Pemesanan 2 Pesawat Airbus A400M untuk TNI AD
Para tersangka pelaku pencurian kambing saat dihadirkan dalam konferensi pers di Polsek Gamping. Foto: Dok.Polsek Gamping

Peristiwa

Nyolong Kambing Milik Tetangga Sendiri, Komplotan Pencuri Digulung Polsek Gamping
Program Studi Seni Murni FSRD ISI Surakarta melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Prodi Tata Kelola Seni S-1 FSR ISI Yogyakarta. (Foto: Dok ISI Surakarta)

Peristiwa

Jurusan Seni Murni ISI Surakarta Jalin Kerjasama MBKM dengan Jurusan Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta
Kalurahan Selomartani, Kapanewon Kalasan dan Kalurahan Sumberarum, Kapanewom Moyudan menggelar Pemilihan Lurah (Pilurah) secara e-voting, Minggu (12/12/2021). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Sempat Tertunda, Pilurah e-Voting Kalurahan Selomartani dan Sumberarum Sleman Digelar
Warga keturunan Tionghoa di Blora melaksanakan sembayang dan doa bersama di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Selasa (15/2/2022) malam. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Sembahyang Cap Go Meh, Mohon kepada Tuhan Supaya Covid-19 Segera Berakhir
Samto divaksin langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Antusias Warga Masih Rendah, Kades Jenar Awali Vaksinasi bagi Warganya