Home / News

Rabu, 22 September 2021 - 18:19 WIB

Temui Ganjar, Dubes Denmark Siap Tingkatkan Investasi ke Jateng

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Mr Lars Bo Larsen berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Mr Lars Bo Larsen berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Potensi investasi di Jawa Tengah menarik perhatian pemerintah Denmark. Dalam waktu dekat, Denmark akan meningkatkan jumlah investasi berbagai sektor di Jateng.

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Mr Lars Bo Larsen kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pemprov Jateng, Rabu (22/9/2021).

Larsen mengatakan, sektor energi dan pengembangan lahan hijau menjadi potensi yang paling diminati. “Kedatangan kami ke sini untuk membahas soal investasi. Kami tertarik utamanya investasi di bidang energi dan pengembangan lahan hijau di Jateng,” kata Larsen.

Sampai saat ini, lanjut dia, sudah ada tiga sampai lima proyek besar pemerintah Denmark di Jawa Tengah. Proyek-proyek itu masih dalam masa pertanggungjawaban ke pemerintah Denmark.

Baca juga   Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Kembali Galakkan Kampanye 5M Lebih Masif

“Nanti setelah itu selesai, kami akan menambah investasi ke Jateng, khususnya yang bersifat private investment dan juga swasta. Tapi kami masih menunggu kondisi memungkinkan,” jelasnya.

Selain energi, menurut Larsen, ada banyak potensi investasi yang dapat dikembangkan di Jateng. Denmark sudah memiliki program JCLEC yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia.

“Nantinya, beberapa founding-nya juga akan mengembangkan investasinya ke sejumlah sektor di Jawa Tengah,” paparnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambut baik kedatangan Dubes Denmark, Mr Lars Bo Larsen. Menurutnya, Denmark menjadi salah satu negara yang aktif berkomunikasi dengan Jateng terkait investasi.

“Sudah ada beberapa proyek kerja sama antara Denmark dengan Jawa Tengah. Di antaranya di Semarang, Cilacap, Karimunjawa, dan Klaten. Selain itu, kerja sama di bidang ekspor impor antara Jateng dengan Denmark juga berjalan bagus,” katanya.

Baca juga   Menko PMK Dukung Pembangunan Ulang Rusunawa Semanggi

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, pandemi memang sempat menghantam banyak sektor di Jateng, khususnya ekonomi. Namun saat ini, pandemi sudah mulai terkendali dan program vaksinasi terus digenjot.

“Hari ini kami mencoba untuk membangkitkan kembali sektor-sektor ekonomi itu. Kami harap pertemuan ini bisa meningkatkan kerja sama antara Denmark dengan Jawa Tengah. Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan, terkait potensi investasi,” terangnya.

Dalam paparannya, Ganjar mengatakan banyak potensi investasi di Jateng. Selain sektor energi, ada banyak lagi potensi lain seperti pariwisata, teknologi, dan lainnya.

“Kami juga memiliki Kawasan Industri Batang, sebuah kawasan industri baru yang memang disiapkan untuk memberikan peluang investasi pada para investor,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kepala Sekolah SD N 2 Genengsari Kecamatan Wonosamodro Wahid Sri Wahyono menujukan jendela yang pecah. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

News

SD Negeri 2 Gunungsari Dirusak Orang Tak Dikenal, 37 Kaca Jendela Hancur
Sri Sultan saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Kepresidenan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

HUT ke-76 RI di Yogya Digelar Sederhana, Sri Sultan Ajak Warga Berbesar Hati
Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin salah satu tim mengunjungi SDN 3 Klaten, SMPN 6 Klaten, dan SDN 1 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Cegah Klaster PTM, Pemkab Klaten Terjunkan Tim Khusus Pantau Prokes
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Rembang Level 2, Kegiatan Seni Budaya Diizinkan
Ilustrasi Tugu Yogyakarta. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Percepat Vaksinasi, Sri Sultan Minta Jatah Vaksin Ditambah
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Suyana saat jumpa pers vaksinasi rabies di Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Pemkot Yogya Gelar Vaksinasi Rabies, Ini Tanggalnya
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Sembuh Covid-19 DIY Hari Ini Tambah 1.723 Orang, Kasus Baru 748
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Meroket Lagi, Hari Ini 638 Positif Covid-19 di DIY