Home / News

Rabu, 27 Juli 2022 - 14:30 WIB

Temui Ganjar, Pengusaha Taiwan Akan Tanam Investasi 2 Kali Lipat di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan Kepala Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan, Jhon C Chen. Foto: Diskominfo Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan Kepala Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan, Jhon C Chen. Foto: Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Semarang – Provinsi Jawa Tengah rupanya menjadi “surga” untuk para pengusaha Taiwan. Sopan santun dan etos kerja warga, menjadi magnet bagi pengusaha asal Negeri Formosa.

Investasi Taiwan di Jawa Tengah menduduki posisi ke tujuh. Pada 2021, total nilai investasi pengusaha Taiwan mencapai 76,900.0 ribu dolar Amerika. Pada kuartal 1 2022 nilai investasi Taiwan mencapai 13,455.3 ribu dolar Amerika.

Hal itu terungkap saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan Kepala Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan, Jhon C Chen. Ia mengatakan, Jateng telah menjadi tempat investasi yang prospektif sejak 1960.

“Di kuartal satu tahun ini, Jateng jadi provinsi terfavorit bagi pengusaha asal Taiwan. Dari kantor kami komunikasi erat dengan pengusaha, kami yakin di bawah kepemimpinan Pak Ganjar semuanya lebih baik dan lancar bagi pengusaha taiwan,” ujarnya, seusai menemui Ganjar, di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Selasa (26/7/2022).

Jhon C Chen menyebut, selama ini investasi yang ditanamkan oleh pengusaha Taiwan lebih banyak bersifat tradisional. Di antaranya, usaha tekstil sampai furnitur. Di tahun-tahun mendatang, investasi di Jateng akan lebih didominasi oleh sektor teknologi.

Baca juga   Tok! RUU Perlindungan Data Pribadi Disetujui Komisi I DPR

“Kami berharap total investasi akan lebih baik pada 2-3 tahun lebih banyak sekitar 2 kali lipat, dibandingkan kerjasama yang sudah terjalin 1960-2022,” ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan Chairman Indonesia Taiwan Chambers of Commerse Chin Yei Hwa. Ia mengatakan telah 42 tahun berusaha di Indonesia.

“Jawa Tengah paling aman (terkait segi politik dan kondusivitas keamanan), saya sudah 42 tahun di sini dan banyak teman di sini. Nanti akan lebih banyak pengusaha Taiwan datang ke Jateng,” urainya.

Disampaikan, faktor politik dan keamanan adalah hal yang paling dicari. Menurutnya, peristiwa reformasi sekitar 1998, menjadi momok bagi para pengusaha, termasuk Taiwan. Banyak pengusaha yang lantas hengkang dari Indonesia.

“Hari ini banyak orang Taiwan yang investasi di Jateng di bidang pabrik sepatu, dan furnitur kayu. Tahun-tahun depan akan lebih banyak orang yang datang untuk investasi high technology di Jateng,” imbuhnya.

Baca juga   Ngabuburit Hari Pertama, Ganjar Pranowo Bedah Rumah Warga

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berterima kasih atas investasi yang telah dan akan ditanamkan di Jawa Tengah.

Ia pun mengapresiasi tentang rencana pengembangan sumberdaya manusia, melalui pelatihan yang melibatkan SMK dan Perguruan Tinggi.

Dari jumlah investasi Taiwan, sekitar 89 persen didominasi sektor tekstil. Sementara, pada urutan kedua adalah industri kayu sebanyak tiga persen, industri mesin, elektronik, industri kimia dasar dan industri lainnya masing-masing dua persen.

Adapun, lokasi yang menjadi idola penanaman pengusaha Taiwan adalah Kendal, Demak, Semarang, serta Boyolali.

“Tadi juga ada harapan kerja sama dengan perguruan tinggi dan SMK lebih giat. Sehingga suplai tenaga kerja sesuai dengan yang diharapkan. Kami sambut dengan baik seluruh delegasi ini, semoga bisa ditindaklanjuti dengan dinas terkait,” pungkas Ganjar.

(Pd/Ul/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Varian Deltacron Belum Terdekteksi di Indonesia
Pemkot Yogya akan mulai melakukan pendataan untuk para pedagang di Teras Malioboro 2. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Meski Omset Belum Pulih, Pemkot Siapkan MoU dengan Pedagang Teras Malioboro 2
Presiden Joko Widodo saat puncak perayaan HUT ke-52 Badan Informasi Geospasial (BIG) sekaligus peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) 2021 yang digelar di Sentul, Bogor, Selasa 19 Oktober 2021. (Foto: InfoPublik)

News

Presiden: Pemerintah Komitmen Lanjutkan Kebijakan Satu Peta
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar rapat terkait proyek pembangunan bendungan Bener, Purworejo pada Senin (14/2/2021). Rapat digelar seusai Ganjar mendatangi Desa Wadas, dan mendengarkan masukan serta cerita-cerita dari masyarakat kontra. (Foto: Humas Jateng)

News

Terkait Wadas, Ganjar Tegaskan Jangan Ada Pejabat yang “Bermain”
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Covid-19 Melonjak Tinggi, Varian Baru XBB dan XBC Harus Diwaspadai
Djarot Saiful Hidayat membuka acara Karnaval Budaya Cinta Pancasila. (Foto: Istimewa)

News

Karnaval Budaya Cinta Pancasila Dibuka Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat
Prosesi pengambilan air berkah di Umbul Jumprit di lereng gunung Sindoro, Desa Jumprit, Kabupaten Temanggung, Minggu (15/5/2022) Foto: Humas Kemenag

News

Air Bekah Umbul Jumprit dan Makna bagi Umat Buddha
Petugas dan warga mengevakuasi Pesawat Asian One dengan kode penerbangan PK-LTF yang mengalami kecelakaan saat hendak lepas landas dari Bandara Kenyam di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Senin (9/10/2023). Foto: Humas Polres Kenyam

News

Pesawat Asian One Alami Kecelakaan di Bandara Kenyam Papua Pegunungan