Home / Gayahidup

Jumat, 21 Mei 2021 - 22:33 WIB

Terjerat Pinjaman Online, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi: nyatanya.com

Ilustrasi: nyatanya.com

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kehadiran aplikasi pinjaman online (pinjol) memudahkan orang untuk mendapatkan pinjaman. Pinjol dengan mudah dapat mencairkan dananya. Hanya dalam hitungan jam, pinjaman dana dapat cair dan tidak membutuhkan agunan.

Akibatnya, sebagian orang tidak melakukan pertimbangan matang untuk meminjam dana. Situasi ini akhirnya membuat banyak orang justru terjerat utang dari pinjol ini.

Ketua Klaster Multiguna Asosiasi Fintech Pembiayaan Bersama Indonesis (AFPI) Rina Apriana mengatakan aplikasi pinjaman online disukai generasi milenial karena pencairannya sangat cepat dan praktis.

Hal ini yang membuat para nasabah pinjaman online meminjam dana hanya untuk membiayai gaya hidup konsumtifnya.

Jika aplikasi pinjol yang kamu gunakan tersebut legal atau resmi, maka tidak sulit untuk melunasi utangnya. Karena proses penagihan dan sistem pembayarannya sudah diatur oleh regulator.

Nah, jika aplikasi tersebut ilegal, bisa-bisa kamu akan dikenakan bunga yang sangat tinggi dan mendapat perlakuan tidak terhormat dalam penagihan.

Jika kamu bingung mencari solusi pelunasan utang tersebut, lakukanlah sebagian tips di bawah ini untuk melunasi utang online Anda.

Baca juga   Di Yogya, Daihatsu Resmi Luncurkan All New Astra Daihatsu Ayla

Manfaatkan Pinjaman Berbunga Rendah

Tips pertama yang dapat kamu coba, yaitu melunasi utang online dengan pinjaman berbunga rendah. Meski hal ini seumpama gali-tutup lubang, tapi bisa membantu kamu untuk mengatur rencana keuangan kamu ke depan. Kamu bisa pergi ke bank atau koperasi untuk mengajukan pinjaman.

Tapi, sebelum melakukan peminjaman, cobalah membandingkan besaran bunga beberapa bank atau koperasi tersebut. Setelah itu, pilihlah tenor pembayaran lebih dari satu tahun.

Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga

Kamu dapat menggunakan pinjaman tanpa bunga untuk melunasi utang online. Biasanya, pinjaman tanpa bunga bisa ditemukan di tempat kamu bekerja.

Manajemen kantor sering kali memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga pada karyawannya. Dengan meminjam pada kantor, kamu juga bisa menegosiasikan tenor pembayaran yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu saat itu.

Jika kantor kamu tidak memberi pinjaman, maka cara selanjutnya adalah meminjam dana kepada kerabat atau keluarga. Cara ini salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Ceritakanlah sejujur-jujurnya kronologis permasalahan kamu sehingga kerabat atau keluarga kamu memahami kondisi dan bersedia memberikan pinjaman.

Baca juga   Usung Tema Besar "Sampah", MACI Gelar Djogja Antique Day 2022

Jual Barang Berharga

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menjual barang-barang berharga Anda. Pastinya kamu memiliki barang-barang berharga yang jarang dipakai, bukan? Nah, kamu bisa menjual barang-barang tersebut di media digital seperti marketplace, e-commerce, atau bahkan akun pribadi media sosial kamu sendiri.

Nah, tiga cara di atas bisa kamu coba jika sedang terlilit utang pinjaman online. Hal yang harus kamu ingat adalah jangan pernah melakukan peminjaman uang baik secara online maupun konvensional hanya untuk kepentingan pribadi yang tidak begitu penting.

Setelah mengetahui tips-tips diatas, sangat dianjurkan bagi Anda untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi meminjam dana untuk memenuhi kebutuhan hidup. (*)

Share :

Baca Juga

Pendiri MS Glow Aesthetic Clinic yaitu Shandy Purnamasari dan Gilang Widya Pramana hadir pada pembukaan cabang ke-15 di Yogyakarta. Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Jadi Cabang ke-15, MS Glow Aesthetic Clinic Hadir di Yogyakarta
Kopi arabica typica dari Tiom ditanam pada ketinggian 2.150 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Lahan di ketinggian memang cukup bagus untuk kopi arabica. Iklim memang sangat berpengaruh terhadap rasa. (Foto:indonesia.go.id)

Gayahidup

Cerita Tentang Kopi Tiom yang Laku Rp5,3 Juta per Kilogram
Vivo V21. Foto:nyatanya.com/Vivo Indonesia

Gayahidup

Vivo Indonesia Resmi Pasarkan Vivo V21
Agus mempraktekkan cara memasak gula Jawa. Kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai luhur peradaban sudah selayaknya dijaga konsistensinya sebagai ciri khas suatu daerah. Salah satunya adalah cara minum kopi maupun teh dengan mengunyah gula Jawa. (Foto: humas/beritamagelang)

Gayahidup

Nikmatnya Wedangan Sambil Kunyah Gula Jawa di Gubug Kopi Borobudur

Gayahidup

Gemini, Situasi Lagi Kurang Stabil Sebaiknya Tunda untuk Hal Baru
Sentuhan MotoGP di All New Aerox 155 Connected ABS. (Foto: yamaha-motor.co.id)

Gayahidup

Yamaha Sematkan Sentuhan MotoGP di All New Aerox 155 Connected ABS
New Calya hadir dengan penampilan berbeda, dan beberapa fitur baru. Harga jelas lebih mahal. Foto: Ist

Gayahidup

Toyota Calya Baru Meluncur dengan Fitur Lebih Canggih, Harganya Tak Lagi Murah
Foto: Ist/Genbest

Gayahidup

Sebelum Memberikan Suplemen Vitamin pada Anak, Ketahui Dulu Fakta Ini