Home / Olga

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 02:41 WIB

Terkait Hasil Olimpiade Tokyo 2020, Menpora Bakal Ubah Paradigma

Menpora Amali saat konferensi pers terkait hasil Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar virtual. (Foto: bagus/kemenpora.go.id)

Menpora Amali saat konferensi pers terkait hasil Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar virtual. (Foto: bagus/kemenpora.go.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pahlawan olahraga Indonesia yang berjuang di Olimpiade Tokyo 2020 telah kembali ke tanah air. Tidak hanya atlet, banyak pelajaran berharga yang menjadi modal utama pemerintah (Kemenpora) untuk menjadikan evaluasi demi kebaikan prestasi olahraga Indonesia kedepan.

Pada konfrensi pers yang dilakukan Kamis (5/8/2021), Menpora Amali memberikan keterangan kepada wartawan bahwa saat ini pemerintah memberikan apresiasi terhadap perjuangan atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Tapi dibalik apresiasi itu, menurutnya ada yang jauh lebih penting untuk menyiapkan prestasi menuju pentas Olimpiade 2024 Paris.

Menurut Menpora, dibalik hasil prestasi selama ini ada hal yang sangat penting yakni tentang perubahan paradigma. Paradigma baru untuk menjadikan Olimpiade sasaran utama, tidak menyamakan dengan Asian Games dan SEA Games.

Baca juga   Mantap! Dua Atlet SEA Games Asal Blora Ini Langsung Diguyur Bonus dari Bupati

Termasuk bagaimana mengukur keberhasilan tidak dengan hanya perolehan medali, akan tetapi perbaikan peringkat yang meningkat. Perubahan paradigma ini, semua ada dalam Grand Design Olahraga Nasional yang sedang menunggu payung hukum berupa Perpres.

“Jika ukurannya medali, tentu kita sudah tercapai dibanding Olimpiade yang lalu, tetapi kali ini ada perubahan paradigma. Grand Design Olahraga Nasional (yang masih menunggu Perpres), sudah diujicobakan guna menjadikan perbaikan peringkat untuk ukuran prestasi,” kata Menpora Amali.

“Ke depan kita harus konsisten, tidak hanya mengandalkan 1-2 cabor, kita harus perluas basis cabor, prestasi harus didesain, kita adakan perbaikan melalui perubahan yang sangat ekstrim dengan mereview total pembinaan prestasi dan target-target. Apapun hasilnya saya tegaskan kita tidak akan kembali pada paradigma lama, supaya tidak salah kita perlu Grand Design Olahraga Nasional, dengan yang lain saya tidak yakin,” tegasnya lagi.

Baca juga   Penyanyi Anggun dan Addie MS Kunjungi SLB Pembina Jayapura

Menpora juga menjelaskan agar pelaksanaan Grand Design Olahraga Nasional ini nantinya bisa berjalan maksimal, maka harus ada payung hukum yang kuat.

“Selain Peraturan Presiden (Perpres), kita juga akan melakukan revisi Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN) No3 Tahun 2005. Keduanya ini yang nanti akan berfungsi terhadap pengawasan pelaksanaan Grand Design Olahraga Nasional,” katanya dikutip dari situs resmi Kemenpora. (*)

Share :

Baca Juga

Sepeda sehat yang digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-272 Kabupaten Blora. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Olga

Gowes Bersama Komunitas Sepeda Ontel di HUT ke-272 Kabupaten Blora
Meski menang telak atas Myanmar dengan skor 5-1 pada matchday terakhir Grup A, Timnas U19 Indonesia tetap tersingkir dari Piala AFF U19 2022. Foto: Ist

Olga

Timnas U19 Tetap Tersingkir dari Piala AFF 2022 Meski Menang 5-1 atas Myanmar
Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji menerima obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Sinoeng Noegroho Rachmad. (Foto: Humas Penda DIY)

Olga

Obor Pesonas Masuk DIY, Pengobar Semangat Penyandang Disabilitas
Pelari Jawa Barat Pebrianto berlari pada final nomor 100 meter putra klasifikasi T42 Peparnas Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (9/11/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym)

Olga

Lima Rekornas Atletik Pecah di Hari Kelima Peparnas Papua
Windy Cantika dan medali perunggu Olimpiade 2020. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Windy Cantika: Alhamdulillah Senang Banget, Tak Meyangka Bisa Sumbang Medali untuk Indonesia
Keberhasilan Saptoyogo menyumbangkan medali perunggu bagi Indonesia sekaligus merupakan medali kedua bagi kontingen Merah-Putih di Paralimpiade 2020. (Foto:npcindonesia/kemenpora)

Olga

Diluar Dugaan, Saptoyogo Raih Medali Perunggu Paralimpiade Tokyo 2020
PS Mataram Manggala Utama GL Zoo meraih juara pertama setelah mengalahkkan PS Budi Oetomo Muda (BOM) pada turnamen sepakbola piala Walikota tahun 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Kalahkan PS BOM, PS Mataram Manggala Utama GL Zoo Juarai Turnamen Piala Walikota
Prambanan Roller Sport Festival 2022 diikuit lebih dari 750 pesepatu roda dari berbagai kota di Tanah Air. Foto: Ist

Olga

Diikuti Ratusan Pesepatu Roda, Begini Meriahnya Prambanan Roller Sport Festival 2022