Home / Peristiwa

Kamis, 2 September 2021 - 08:01 WIB

Terminal Bulupitu Terapkan Sistem Parkir Elektronik

Bupati Banyumas, Achmad Husein meresmikan penggunaan Parking Gate Terminal Bulupitu. (Foto: Diskominfo Banyumas)

Bupati Banyumas, Achmad Husein meresmikan penggunaan Parking Gate Terminal Bulupitu. (Foto: Diskominfo Banyumas)

NYATANYA.COM, Banyumas – Sistem parkir di Terminal Bus Bulupitu kini menggunakan pintu elektronik. Bahkan, ke depan pembayaran parkir di terminal tersebut dialihkan ke transaksi nontunai.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie mengatakan, perubahan sistem parkir ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan sistem keamanan dan kenyamanan, transparansi, serta akuntabilitas. Menurutnya lewat sistem elektronik ini diharapkan juga bisa meminimalkan pencurian.

“Dengan adanya manajemen parkir secara elektronik ini, banyak keuntungan yang bisa diperoleh, antara lain peningkatan PAD (pendapatan asli daerah), adanya transparansi, dan kenyamanan masyarakat. Yang jelas kenyamanan, karena nantinya masyarakat yang parkir di Terminal Bulupitu menerima asuransi,” katanya saat peresmian penggunaan Parking Gate Terminal Bulupitu, Senin (30/8/2021).

Baca juga   Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta

Bupati Banyumas, Achmad Husein, inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh Dinhub Banyumas tidak hanya di terminal, tetapi juga di Sungai Serayu, layanan bus bertajuk buy the service (BTS), dan bus pariwisata. Pemerintah Kabupaten Banyumas bahkan telah menyiapkan lima bus pariwisata gratis yang akan melayani wisatawan ke sejumlah objek wisata.

Bupati mengimbau kepada seluruh sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di bidang transportasi untuk menguasai teknologi, seiring dengan makin banyaknya inovasi berbasis aplikasi yang dikembangkan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas.

Baca juga   Gunung Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas, Potensi Bahaya di Tenggara–Barat Daya

“Ini seperti di KIR atau pengujian kendaraan bermotor sudah selesai, saat ini pendaftaran bisa lewat aplikasi sehingga tidak perlu antre dan pembayaran cashless, sehingga mengurangi penumpukan dan pungutan liar. Maka kalau ada keluhan-keluhan soal KIR, bilang ke saya,” kata Bupati Achmad.

Penerapan berbagai aplikasi tersebut, imbuhnya, tetap dilakukan meskipun belum semua SDM bidang transportasi di Banyumas siap menggunakannya.

“Kalau kita tidak latih mulai sedikit-sedikit, tidak akan pernah jadi. Kalau kita menunggu sampai mereka siap, sampai kapan, paksa saja, nanti kan merasakan enaknya,” katanya menegaskan. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gencarkan Pengawasan Protokol Kesehatan
Acara audiensi diakhiri dengan penyerahan buku panduan pelaksanaan Sekolah Penggerak dari LPMP DIY dan BP PAUD pada Walikota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Dukung Inovasi Sekolah Penggerak
Plt Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Budiyanto. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Sah! Delapan Pasangan Nikah Siri Dilegalkan
Heroe Poerwadi saat peluncuran apliaksi vaksinasi JSS. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Melalui Aplikasi Jogja Smart Service
20 perwakilan PKK se-kabupaten Bantul mengikuti pelatihan pengolahan ikan yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Kampanyekan Gemar Makan Ikan, PKK Bantul Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan

Peristiwa

PMI Kota Magelang Siap Layani Donor Plasma Konvalesen
Ganjar Pranowo. (nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Sepakat, Polisi Periksa Kades Grobogan yang Dangdutan
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau pembangunan jembatan Plipiran. (Foto:nyatanya.com/Humas Banjarnegara)

Peristiwa

Persingkat Jarak ke Wisata Dieng, Pembangunan Jembatan Plipiran Dikebut