Home / Peristiwa

Sabtu, 10 Juli 2021 - 12:14 WIB

Tertangkap Basah Tengah Malam Tak Bermasker, 2 Pemuda Dihukum Push Up

Hukuman fisik seperti push-up diberikan agar muncul efek jera. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Hukuman fisik seperti push-up diberikan agar muncul efek jera. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Dua pemuda Karangdowo kedapatan tak bermasker tengah malam di jalan Desa Pugeran di saat gencar-gencarnya pelaksanaan PPKM Darurat, langsung kena sanksi tegas. Dua pemuda ini pun tak bisa menolak ketika harus push up sebanyak 20 kali di hadapan petugas Jumat (9/7/2021) malam.

“Untuk pengingat sekarang push up 20 kali. Ayo kerjakan. Pemuda harus jadi contoh kepatuhan. push up-nya tambah 10 kali,” gertak petugas TNI dari Koramil Karangdowo yang bertubuh tinggi besar.

TNI Polri dan tim gabungan yang dipimpin Camat Karangdowo, Tomisila Adhitama termasuk petugas pemantauan Kabupaten dari Dinas Kominfo memberi sangsi tegas sebagai upaya penyadaran masyarakat.

Tomisila Adhitama menjelaskan kegiatan pemantauan PPKM darurat ini menjadi kegiatan rutin jajaran Forkompincam untuk mengukur tingkat kepatuhan masyarakat. Kegiatan dilakukan secara persuasif bersama tim gabungan.

Baca juga   Korban Penganiayaan Basilius Agung Berharap Kasusnya Segera Disidangkan, Kejari Sleman Kembalikan Berkas Kepada Penyidik

“Malam ini kami bersama tim gabungan menyusuri sampai masuk kampung. Tim bergerak dari Desa Munggung, Tulas, Tumpukan sampai Pugeran. Aksi kegiatan menitikberatkan pada sosialisasi dan pemasangan stiker dan teguran lisan. Termasuk ketegasan petugas agar muncul efek jera. Aktivitas yang coba kita kendalikan” jelas Tomisila.

Sedangkan tim pemantauan kabupaten dari Dinas Kominfo Klaten yang diwakili Kepala Bidang Informatika Ali Surahmat menjelaskan pelaksanaan PPKM darurat wilayah Karangdowo berjalan baik. Petugas secara tegas menegur setiap pelanggaran namun tetap kondusif.

“Bagus Pak Camat tak segan langsung menegur masyarakat yang tidak patuh ketentuan PPKM darurat. Pendekatan yang digunakan juga humanis sehingga juga segan dan patuh. Sekitar jam 22.30 WIB kedapatan dua pemuda yang tidak bermasker di jalan tengah sawah ditindak tegas dengan hukuman push up. Saya kira ini bagus dimana petugas harus bersikap humanis dan tegas,” ungkap Ali.

Baca juga   Penyebaran Covid-19 di Atas 60 Persen, Kendal Fungsikan RS Darurat

Pemantauan PPKM darurat di mulai pukul 21.00 WIB diawali dengan apel di halaman kantor Kecamatan Karangdowo. Ada sekitar 8 angkringan dan warung makan dilakukan teguran lisan karena masih buka setelah pukul 20.00 WIB.

Sedangkan sebuah gedung olahraga yang masih kedapatan berlatih bulutangkis oleh petugas dibubarkan karena sudah hampir tengah malam. Kegiatan diikuti 12 personil dari TNI Polri, petugas Kecamatan, Dinas Kominfo 3 personil dipimpin Camat Karangdowo Tomisila Adhitama.(*)

Share :

Baca Juga

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima kunjungan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta (14/1/2022). (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Bersama Pemda DIY, Garuda Indonesia Dukung Pemasaran UMKM
Lebih dari 10.000 botol minuman keras (miras) dimusnahkan dengan cara digilas kendaraan berat di halaman Polres Klaten, Kamis (23/12/2021). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Ciptakan Kondusivitas Jelang Nataru, Polres Klaten Musnahkan 10.000 Botol Miras
Kadipaten Pakualaman kembali menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat sekitar dengan tajuk Paksin (Pakualaman Sehatkan Indonesia) pada Rabu (23/2/2022). (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Ratusan Warga Ikuti Vaksinasi Booster di Pura Pakualaman
Penandatangan Nota Kesepakatan (MoU) yang dilakukan oleh Kementerian Agama, Kementerian BUMN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomk Kreatif serta Pemprov Yogyakarta maupun Jawa Tengah di Gedung Pracimasono, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (11/2/2022). (Foto: Instagram @media_twc)

Peristiwa

Nota Kesepakatan Sudah Diteken, Candi Prambanan, Borobudur, dan Mendut sebagai Tempat Ibadah
Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dari pemerintah pusat kepada Kabupaten Temanggung pada tahun 2022 meningkat menjadi Rp38,32 miliar. (MFoto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

DBHCHT Kabupaten Temanggung Tahun 2022 Naik Menjadi Rp38,32 Miliar
Pemerintah Kabupaten Rembang meluncurkan program Rak Sedekah, sebagai salah satu jembatan untuk saling berbagi. (Foto: Diskominfo Rembang)

Peristiwa

Rak Sedekah, Semangat Berbagi di Tengah Pandemi
Tersangka pencuri motor di rumah kos dihadirkan dalam jumpa pers yang digelar Polsek Umbulharjo. Foto: @polresjogja

Peristiwa

Maling Motor di Rumah Kos Diciduk Polisi Saat Hendak Pulang ke Purworejo
Pasien Covid-19 dan melakukan isolasi GOR Gelarsena dilatih senam pernafasan. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pasien Isoman GOR Klaten Dilatih Senam Pernafasan