Home / Peristiwa

Rabu, 29 September 2021 - 09:37 WIB

Tertarik Bisnis SPKLU? Ini Sejumlah Insentif yang Ditawarkan PLN

NYATANYA.COM, Yogyakarta – PLN akan membangun 101 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) sepanjang 2021. PLN juga menyiapkan skema bisnis dan insentif menarik bagi investor yang ingin bergabung, peluang bisnis SPKLU ini memiliki prospek cukup menggiurkan mengingat tren penjualan mobil listrik terus meningkat.

“Hadirnya SPKLU dianggap menjadi bagian terpenting, karena dengan banyaknya SPKLU yang tersedia maka memberikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan listrik untuk beroperasi,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril dalam keterangan resminya, Selasa (28/9/2021).

Dijelaskan Bob Saril, pihaknya merencanakan pembangunan 67 SPKLU yang tersebar di seluruh Tanah Air sepanjang 2021, dimana perseroan telah mengelola 46 SPKLU di 33 lokasi selama 2021.

Pada 2020, penjualan mobil listrik naik 46 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan mobil konvensional yang justru penjualannya menurun hingga 14 persen.

Ditambah, hasil riset juga menunjukkan minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik dinilai berada di atas rata-rata keinginan warga negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga   Pemkot Yogya Targetkan Kota Layak Anak Kategori Utama

Berdasarkan peta jalan yang disusun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), potensi jumlah kendaraan listrik di Indonesia pada 2030 mencapai 2,2 juta mobil listrik dan 13 juta motor dengan 31.859 unit SPKLU. Jumlah kendaraan listrik ini diharapkan bisa menekan impor BBM sekitar 6 juta kilo liter pada tahun tersebut.

“Tren kendaraan listrik membuka ruang dan peluang investasi baru di sektor pendukung transportasi. PLN yang mendukung gaya hidup kekinian yang ramah lingkungan dengan penggunaan peralatan elektrik, mengajak para pelaku usaha memanfaatkan peluang ini,” papar Bob.

Untuk kerja sama ini, Bob menjelaskan bahwa PLN akan menyediakan Surat Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) milik PLN bagi badan usaha yang ingin bekerja sama, menyiapkan suplai listrik, serta dukungan aplikasi Charge.IN dalam pengelolaan SPKLU.

Baca juga   PAUD Berperan Strategis Kembangkan SDM

Sementara mitra menyediakan fasilitas isi daya kendaraan listrik, lahan maupun properti, serta bertanggung jawab atas biaya operasional dan pemeliharaan SPKLU.

Bob menyebut PLN saat ini juga telah mengembangkan beberapa model bisnis untuk mendukung rencana kerja sama ini agar lebih atraktif serta efektif mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

“Jadi bisnis ini sangat menguntungkan. Kami mengajak pelaku usaha untuk ikut membangun SPKLU sesuai skema kerja sama kemitraan berbasis revenue sharing dengan “sharing economy model,” ajak Bob.

Tak hanya itu, PLN pun memberikan sejumlah insentif menarik bagi investor yang ingin bekerja sama yaitu, penetapan tarif curah yang lebih rendah dari harga jual ke pelanggan, pembebasan rekening minimum selama dua tahun pertama, keringanan biaya penyambungan tambah daya atau diskon 50 persen atau pasang baru dengan cicilan selama 12 bulan, hingga penetapan jaminan langganan tenaga listrik. (*)

Share :

Baca Juga

Klaten bentuk 5 Pos Aju khusus tim relawan pemulasaran jenazah pasien Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Percepat Pemulasaran Jenazah Covid-19, Pemkab Klaten Bentuk 5 Pos Aju
Pengelola Stand Blessing, Sitha menjual boneka maskot PON Kangpho dan Drawa. (Foto: Humasppm)

Peristiwa

Raup Untung dari Jual Maskot, Gebyar PON XX Gerakkan Ekonomi Papua
Ketua TP PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo menyerahan bantuan kepada lansia terdampak Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kudus)

Peristiwa

PKK Kudus Salurkan Bantuan untuk Lansia Terdampak Pandemi
Kapolres Purworejo menerima audensi warga Wadas pendukung proyek pemerintah dan menagatakan akan mendamingi dan melindungi warga. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Kapolres Purworejo Siap Lindungi Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener dari Ancaman dan Intimidasi
Pola penanganan jenazah Covid-19 tidak boleh dilakukan sembrono. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Jangan Sembrono! Jenazah Covid-19 itu Masih Infeksius
Sego Tiwul, Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul, aplikasi baru yang diluncurkan BPN Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

“Sego Tiwul”, Aplikasi Layanan Pertanahan di Wonogiri
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau pembangunan jembatan Plipiran. (Foto:nyatanya.com/Humas Banjarnegara)

Peristiwa

Persingkat Jarak ke Wisata Dieng, Pembangunan Jembatan Plipiran Dikebut
Heroe Poerwadi memimpin jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gelar Prosesi Jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo