Home / News

Selasa, 22 November 2022 - 11:00 WIB

Tertutup Longsor, Menteri PUPR Pastikan Jalan Nasional Cianjur – Puncak Terbuka Siang Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau meninjau lokasi longsor akibat gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022). Foto: Dok.Kementerian PUPR

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau meninjau lokasi longsor akibat gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022). Foto: Dok.Kementerian PUPR

NYATANYA.COM, Jakarta – Merujuk perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bergerak cepat meninjau dampak gempa bumi yang terjadi di Cianjur pada Selasa (21/11/2022).

Menteri PUPR bersama rombongan, antara lain Direktur Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Operasi dan Pemeliharaan Adenan Rasyid, Kepala BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat Wilan Oktavian, Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Hery Mulyanto dan Kepala BBWS Citarum Bastari, meninjau lokasi longsor akibat gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.

Menteri Basuki beserta rombongan tiba di lokasi pada Senin (21/11/2022) pukul 21.45 WIB. Gempa susulan masih terjadi pada pukul 21.30 WIB.

Baca juga   Empati Gempa Cianjur, ASN Pemkot Salatiga Gelar Doa Bersama dan Salat Gaib

Menteri Basuki mengatakan, fokus penanganan dilakukan dengan excavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas – Cianjur.

“Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa (22/11/22), total alat berat bekerja dari 2 sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara) adalah 6 unit excavator dan 6 unit dump trucks,” kata Menteri PUPR Basuki.

Dikatakan Menteri Basuki, insyaallah pada siang hari ini, Selasa, 22 November 2022, sudah bisa diselesaikan pembersihan longsoran pada badan jalan, sehingga ruas jalan Cianjur – Cipanas bisa terbuka kembali.

Baca juga   Menkominfo Ajak Delegasi G20 Nikmati Kekhasan Yogyakarta di The 2nd DEWG Meeting

“Ruas yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di 2 titik sudah bisa kita tembus pagi ini jam 08.00 WIB. Sekarang fokus kita pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dari 2 arah, serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran,” tambah Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja.

“Kita harapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan (makanan/minuman) dan sandang (baju/selimut/sarung dll) dapat menjadi lebih lancar,” kata Jubir Endra.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah mengerahkan 6 Hidran Umum, 4 Mobil Tangki Air dan 6 Toilet Portable yang juga sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar Pendopo Bupati dan RSUD Cianjur.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Okupansi Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 Terus Menurun
Kapolri Listyo Sigit Prabowo usai menutup Rakernis Logistik Polri di Alana Hotel Yogyakarta, Jumat (3/3/2023). Foto: Ist/Polda DIY

News

Kapolri Tutup Rakernis Logistik Polri Ditandai dengan Penerimaan Keris dari Aslog Kapolri
Ganjar Pranowo saat melepas 320 pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Senen Jakarta, Jumat (29/4/2022). Foto: Humas Jateng

News

Selain Mudik, Ganjar Siapkan Angkutan Balik Gratis bagi Warga Jateng
Tim BPBD Kabupaten Tuban membantu warga menyelamatkan diri dari banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (10/3/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Tuban)

News

Banjir Bandang Terjang 6 Desa di Tuban, Satu Warga Meninggal Dunia
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Hari Pramuka, Presiden Apresiasi Pelaksanaan Jambore Nasional XI 2022
Banjir menggenang di sebuah jalan raya di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, sejak Sabtu (30/12/2023). Menyusul surutnya banjir pada hari ini (4/1/2024), BPBD setempat mulai mendistribusikan bantuan ke warga terdampak. (Foto: BPBD Kabupaten Kerinci)

News

Tercatat Lebih dari 13 Ribu Warga Kerinci Terdampak Banjir, Genangan Berangsur Surut
PT Kereta Api Indonesia/KAI (persero) menghadirkan layanan tes PCR seharga Rp195.000 di stasiun selama periode Natal dan Tahun Baru 2021/2022 yang dimulai sejak Kamis, 23 Desember 2021. (Foto: KAI)

News

Layanan Tes PCR Nataru di 17 Stasiun KA Mulai Dibuka, Berikut Daftar Lengkapnya
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

Ganjar Turunkan Tim, Gelar Diskusi dengan Warga Wadas