Home / Peristiwa

Minggu, 12 September 2021 - 10:23 WIB

Terus Dikebut, Vaksinasi Boyolali Baru 34 Persen

Pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Boyolali masih terus dikebut oleh Dinkes, ditargetkan Agustus capai 50 warga Boyolali divaksin. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Boyolali masih terus dikebut oleh Dinkes, ditargetkan Agustus capai 50 warga Boyolali divaksin. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Boyolali masih terus dikebut oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali. Seluruh warga Kota Susu akan menjadi target sasaran vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Plt Ka Dinkes Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono mengungkapkan hingga Jumat (10/9/2021) sebanyak 34 persen warga Kabupaten Boyolali telah mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama, kedua maupun ketiga. Diharapkan akhir Bulan Agustus atau awal Bulan September capaian target vaksinasi mampu menembus 50 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Boyolali.

“Harapan kita sampai dengan akhir bulan ini atau awal bulan depan tembus angka 50 persen. Dengan catatan ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat dan provinsi lancar,” kata Insan dalam keterangan resminya, Jumat (10/9/2021).

Dilaporkan, ketersediaan vaksin jenis SinoVac di Dinkes Kabupaten Boyolali masih sebanyak 13.000 vial yang masing masing vial berisi 10 dosis vaksin sehingga total sekitar 78.000 dosis vaksin SinoVac masih aman.

Baca juga   Dua Ribu Warga Lereng Merapi Terima Vaksinasi Pertama

Disinggung mengenai program percepatan capaian sasaran vaksinasi, Insan akan melakukan strategi dengan meminta seluruh bidan desa di 267 desa/kelurahan untuk menjadi tim vaksin di desanya.

“Harapan saya tim dari masing masing desa itu memiliki kinerja sampai 250 suntikan per hari. Sehingga apabila ini nanti terbentuk bukan tidak mungkin kita mampu melaksanakan dalam satu hari itu 50.000 suntikan per hari untuk percepatan vaksin,” jelas Insan.

Seperti yang dilakukan di Kampung Lele Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit yang menggelar vaksinasi pada Jumat (10/9/2021) ini. Diterangkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Boyolali, Rita Indrihastuti sebanyak 400 warga setempat akan menjadi sasaran vaksin dengan mengerahkan dua tim dari Dinkes Kabupaen Boyolali dan tim dari Puskesmas Sawit.

Baca juga   Bertemu Ganjar, Wafa Senang Bisa Kembali ke Bersekolah

“Sasarannya sejumlah 400 sasaran. Kemudian yang sedang kita vaksinasi sejumlah 250 sasaran dan vaksinasinya kita menggunakan SinoVac dosis pertama,” ujarnya di sela kegiatan.

Selain di Kecamatan Sawit, vaksinasi juga serentak dilakukan di sejumlah desa. Antara lain di Desa Randusari dan Kopen di Kecamatan Teras, Desa Tanjungsari di Kecamatan Banyudono, Desa Kendel Kecamatan Kemusu. Adapula di Desa Titang dan Jeron di Kecamatan Nogosari, serta di Dukuh Tumang Desa/Kecamatan Cepogo.

Sebagai tambahan informasi, sebanyak 25 tim dari Puskesmas di masing masing kecamatan dan 10 tim dari Dinkes Kabupaten Boyolali mampu mencapai 12.000 dosis vaksinasi setiap hari. Kedua tim tersebut juga dibantu tim dari instansi lain antara lain tim dari Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Boyolali, PMI, RSDC, RSUD Simo, RSUD Waras Wiris dan organisasi lainnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo mengapresiasi keterlibatan perguruan tinggi dalam penanganan Covid-19 di Jateng. (Foto:nyatanya.com/HUmas Jateng)

Peristiwa

UIN Walisongo Hibahkan Gedungnya untuk Isolasi Terpusat
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara simbolis menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas berat. (Foto:nyatanya.com/Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas Berat
AP membongkar sendiri rumahnya. (Foto: nyatanya.com/Instagram lambe_turah)

Peristiwa

Istri Selingkuh, Suami Robohkan Rumah
Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen saat mengecek pemenuhan kebutuhan donor plasma di PMI Banyumas. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bergejala Covid Tapi Tidak Tes, Jadi Kendala Donor Plasma Konvalesen
Suhajar Diantoro Plh Dirjen Adwil Kemendagri, batik merah bersama Bupati Boyolali M. Said Hidayat saat berada di Isolasi terpusat Brotowali 3 Singkel Desa Karanggeneng. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Isolasi Terpusat Tetap Menjadi Prioritas Tangani Pasien Covid-19
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto. (Foto: Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Terima Bantuan 300 Paket Sembako dari TNI AU
Ganjar Pranowo dan istri saat mengunjungi Parang, pulau terluar di Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Dikunjungi Ganjar, Bidan Desa Parang Minta Ambulans Laut
Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

DIY Optimalkan Potensi Lansia Berdaya