Home / Peristiwa

Kamis, 22 Juli 2021 - 23:35 WIB

Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas

Pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg digelar terbatas dan bertahap. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg digelar terbatas dan bertahap. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hajad Dalem Garebeg Besar, 10 Besar Jimakir 1954/ 20 Juli 2021 kembali ditiadakan. Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat masih menggelar pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg yang digelar tiga kali dalam setahun. Peniadaan ini berkaitan dengan imbauan pemerintah untuk memberlakukan PPKM Darurat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di samping itu, dikarenakan angka pertambahan kasus pasien Covid-19 yang terus meningkat, prosesi pembagian ubarampe gunungan pun dilaksanakan secara bertahap.
Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kawedanan Hageng Panitrapura, prosesi tersebut akan digelar selama lima hari sejak Selasa Pahing (20/7/2021) hingga Sabtu Legi (24/7/2021).

“Karena jumlah kawedanan dan tepas di keraton ini berjumlah puluhan, demi kesehatan dan kelancaran acara, pembagian pareden gunungan ini dilaksanakan dalam waktu sekitar satu minggu,” tutur KPH Wironegoro.

Baca juga   Dijual Mulai Rp30 Ribu, Panen Durian Lokal Batang Meningkat Dua Kali Lipat

Pada momentum kali ini, keraton menyiapkan 2.700 tangkai rengginang untuk dibagikan kepada tepas dan kawedanan di keraton. Perwakilan dari masing-masing tepas dan kawedanan hanya diperkenankan hadir dengan jumlah perwakilan terbatas, sehingga tidak terjadi kerumunan.

Pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg digelar terbatas dan bertahap. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Pembagian ubarampe gunungan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB di Bangsal Srimanganti. KPH Wironegoro dan KPH Notonegoro yang tampak memimpin jalannya prosesi tersebut dengan saksama dan hati-hati.

Sementara itu, pada hari pertama hanya Abdi Dalem dari Kawedanan Pengulon dan Tepas Dwarapura saja yang menerima rengginang. Tepas dan kawedanan lain dijadwalkan pada hari berikutnya.

Pembagian ubarampe gunungan ke Pura Pakualaman dan Kepatihan pun tidak dilakukan pada hari pertama garebeg. Namun, keduanya dijadwalkan akan menerima ubarampe gunungan pada hari Jumat Kliwon (23/7/2021) bersama dengan Kawedanan Puralaya Imogiri dan Kawedanan Puralaya Kotagedhe.

Baca juga   Tambah Stok, Indonesia Terima 3,5 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

Peniadaan Hajad Dalem Garebeg dengan arak-arakan prajurit dan perebutan gunungan di halaman Kagungan Dalem Masjid Gedhe bukan berarti menghilangkan esensinya.

“Pembagian ubarampe gunungan ini membuktikan bahwa esensi kasih seorang raja kepada masyarakatnya dengan memberikan pareden gunungan ini tetap dilaksanakan, namun melalui protokol kesehatan yang ketat,” tambah KPH Wironegoro dalam keterangan resminya.

Seluruh Penghageng dan Abdi Dalem yang bertugas pada setiap momen pembagian ubarampe gunungan senantiasa mencuci tangan dan diimbau untuk mengenakan masker berlapis. Hal ini merujuk pada imbauan pemerintah dalam rangka menjaga kesehatan. Keraton Yogyakarta juga mengamini dan senantiasa memperhatikan protokol kesehatan dalam setiap penyelenggaraan upacara adat. (*)

Share :

Baca Juga

Pembudi daya bibit lele memberikan obat jamur di kolam yang terpapar abu vulkanik Merapi. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ribuan Lele Mati Akibat Abu Vulkanik Gunung Merapi
Mensos Tri Rismaharini, memantau langsung perbaikan areal makam Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. (Foto: Kementerian Sosial)

Peristiwa

Mensos Tri Rismaharini Pantau Perbaikan Makam Bung Karno
Rapat persiapan PKM Karya Seni yang lolos seleksi dan didanai dana hibah DIPA ISI Surakarta tahun 2022. Foto: Dok ISI Surakarta

Peristiwa

Dosen dan Mahasiswa DKV ISI Surakarta, Rapat Persiapan Kegiatan Hibah PKM Karya Seni Tahun 2022
Penyerahan SK secara simbolis oleh Bupati Arief Rohman kepada 3 perwakilan Kepala Sekolah SMP, SD, dan TK yakni, Sanusi, menerima SK sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Jiken. (Foto:MC Kab Blora/Teguh)

Peristiwa

Pemkab Blora Serahkan SK Pengangkatan 289 Kepala Sekolah
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin 2021 secara langsung sekaligus membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Bupati Kustini Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021
Mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, Presidensi G20 Indonesia 2022 secara resmi mulai bergulir sejak 1 Desember 2021 hingga 12 bulan ke depan. (Foto: Amiri Yandi/infopublik.id/Kominfo)

Peristiwa

Presidensi G20 Indonesia, Perkuat Kiprah Pemuda dalam Pemulihan Global
Pemkab Kudus salurkan beras bantuan PPKM kepada 25 desa di Kecamatan Kota. (Foto: Diskominfo Kudus)

Peristiwa

Kudus Salurkan 37.111 Paket Bantuan Beras PPKM
Menkeu Sri Mulyani. (Foto: Biro KLI Kemenkeu RI)

Peristiwa

Menkeu: Laptop dan Ponsel Fasilitas Kantor Tidak Dikenakan Pajak Natura