Home / News

Jumat, 1 Oktober 2021 - 23:13 WIB

Tiba di Papua, Presidan Jokowi Siap Buka PON XX ‘Torang Bisa’

Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (1/10/2021) pukul 16.20 WIT. (Foto: BPMI Setpres/Setkab.go.id)

Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (1/10/2021) pukul 16.20 WIT. (Foto: BPMI Setpres/Setkab.go.id)

NYATANYA.COM, Jayapura – Setelah menempuh penerbangan kurang lebih lima jam, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (1/10/2021) sekitar pukul 16.20 WIT.

Dikutip dari laman setkab.go.id, Presiden Jokowi langsung mengalungkan noken begitu turun dari tangga pesawat. Kepala Negara juga disambut dengan tarian selamat datang khas Sentani dengan iringan tetabuhan tifa.

Presiden dan rombongan langsung menuju hotel untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja esok hari. Presiden diagendakan akan membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pada Sabtu (2/10/2021), hingga meresmikan sejumlah infrastruktur.

Turut menyambut kedatangan Presiden di Bandara Sentani yaitu Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, dan Pangkoopsau III Marsda TNI Samsul Rizal, sedangkan Gubernur Papua Lukas Enembe menyambut di Hotel tempat Presiden bermalam.

Baca juga   1.044 Kasus Positif Covid-19 di DIY Diyatakan Sembuh

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Papua antara lain Menteri Investasi/Kpala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Jokowi membeli noken, tas dari kulit kayu khas Papua. (Foto: BPMI Setpres/Setkab.go.id)

Seperti pada kunker lainnya, Presiden Joko Widodo selalu saja menyempatkan menyapa dan berinteraksi dengan rakyat. Seperti saat dalam perjalanan dari Bandara Sentani, menuju hotel di Kota Jayapura, rangkaian kendaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat berhenti sesaat.

Baca juga   Menpora Minta Panwasrah dan PB PON Papua Lebih Ketat Prokes

Presiden ternyata hendak membeli noken, tas rajutan asli Papua dari mama-mama penjual di pinggir jalan.

“Tas apa ini?” tanya Presiden kepada Paulina Adi, salah seorang mama-mama penjual noken di pinggir Jalan Raya Hawai Sentani, Jayapura, Papua.

“Ini tas terbuat dari kulit kayu, Bapak,” ujar Paulina.

Setelah melihat-lihat dan memilih, Presiden kemudian memutuskan untuk membeli dua noken. Selain Paulina Adi, ada juga Anastasya Keren dan Yulita Tebay yang juga menjual noken hasil rajutannya sendiri.

Mereka berharap dengan adanya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, akan banyak orang yang membeli tas rajutan asli Papua tersebut. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri upacara HUT KE-76 TNI di Lapangan Dirgantara Kompleks AAU Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Presiden: TNI Harus Tetap Menjadi Pondasi Utama Pertahanan
Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 4 Oktober 2021 di Kota Yogyakarta. Sejumlah ruas jalan juga masih ditutup. (Foto: Agoes Jumianto)

News

PPKM Kembali Diperpanjang, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksin di SMPN 5. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Ribuan Pelajar di Kota Yogya Antusias Ikuti Vaksinasi
Sri Sultan meminta agar para penambang pasir yang menggunakan alat berat di sekitar lereng Gunung Merapi harus segera berhenti beroperasi. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Sri Sultan: Hentikan Penambangan Pasir di Lereng Gunung Merapi!
Pemkab Banyumas dan Cilacap sepakat jalin kerjasama tangani Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Banyumas)

News

Banyumas-Cilacap Kolaborasi Tangani Covid-19
Kadinkes Mimika, Reynold Ubra, saat memberikan keterangan kepada awak media pada konferensi pers di Media Center PON Papua Klaster Mimika. (Foto: Jimmy/MC Kominfo PON Papua Klaster Mimika)

News

Dinkes Mimika Pastikan Tak Ada Klaster Covid-19 di PON Papua
Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Semarang, Kamis (21/10/2021) mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak. (Foto: BPBD Kota Semarang)

News

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Semarang
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Covid-19 DIY Hari Ini: Kasus Baru Tambah 398, Sembuh 737, Meninggal 22 Orang