Home / News

Sabtu, 4 Juni 2022 - 19:20 WIB

Tiga Nama Ini Dominasi Posisi Capres Pemilu 2024 dalam Survei IPO

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah. Foto: Ist

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Jakarta – Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei nasional yang menyatakan tiga nama ini masih mendominasi posisi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024.

“Nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo tetap menempati posisi teratas kalau dari seluruh skema yang ditawarkan kepada responden, terdapat tiga pasang calon,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam diskusi Polemik MNC Trijaya di Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Skema itu yakni pasangan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo mendapatkan 34,9 persen suara responden, dibandingkan Puan Maharani dan Sandiaga Uno mendapat 7,4 persen, serta Airlangga Hartarto berpasangan dengan Zulkifli Hasan yang mendapatkan 6,2 persen.

Skema selanjutnya, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mendapatkan 31,7 persen dibandingkan Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo sebesar 18,5 persen, serta Puan Maharani dan Erick Thohir sebesar 14,6 persen.

Baca juga   DAMRI Beri Promo Valentine Sampai 31 Maret 2022 Lur, Ini Rute dan Tarifnya

Selanjutnya, skema Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 27,1 persen dibandingkan Puan Maharani dan Ganjar Pranowo sebesar 26,8 persen, serta Muhaimin Iskandar dan Airlangga Hartarto sebesar 9,3 persen.

Terakhir, skema Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto sebesar 16,1 persen dibandingkan Agus Harimurti Yudhoyono dan Angela Tausudibyo sebesar 4,8 persen, serta Zulkifli Hasan dan Muhaimin Iskandar sebesar 4,3 persen.

“Skema ini merujuk jika koalisi utama PDI Perjuangan mendukung Puan, koalisi kedua mendukung Airlangga, dan koalisi ketiga mendukung Anies Baswedan,” jelasnya.

Survei tersebut dilaksanakan pada 23-28 Mei 2022 dengan teknik wawancara penelitian hibrida secara tatap muka sebanyak 480 responden dan 720 responden melalui sambungan telepon.

Baca juga   Kemendikbudristek Beri Santunan Kepada Peserta Didik Korban Kecelakaan Maut Bekasi

Data telepon merujuk data populasi sebanyak 196.420 yang dimiliki IPO sejak periode survei di tahun 2019 sampai 2021.

Dari total populasi tersebut terdapat 7.200 yang memungkinkan untuk menjadi responden hingga terambil secara acak sejumlah 720 responden.

Dengan demikian total keseluruhan sebanyak 1.200 responden. Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2,90 persen, dengan tingkat akurasi data 95 persen.

Setting pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat. Survei ini berhasil mengambil representasi sampel yang tersebar proporsional dalam skala nasional. (*)

Share :

Baca Juga

Kalakhar BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto menyampaikan, selain pemasangan alat, pihaknya juga memberikan sosialisasi dan mitigasi bencana alam kepada masyarakat setempat. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

News

BPBD Semarang Pasang Lima EWS Antisipasi Tanah Longsor
Pemerintah mengincar dana dari masyarakat golongan menengah ke atas, dengan menghadirkan kebijakan insentif di sektor properti dan otomotif. Tujuannya mendorong multiplier effect (efek ganda) yang kuat bagi pemulihan ekonomi. (Foto: ANTARA)

News

Insentif PPn Properti dan Otomotif, Incar Dana Kelas Menengah Atas
Menjelang mudik Lebaran, berbagai persiapan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung, khususnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dengan melakukan perbaikan jalan rusak yang akan dilalui pemudik. (Foto: MC.TMG)

News

Jelang Arus Mudik, Pemkab Temanggung Kebut Perbaikan Jalan
Foto: MC.TMG

News

Kualitasnya Terbaik di Dunia, Pengusaha Hutan Belajar Budidaya Vanili di Temanggung
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: dok. InfoPublik)

News

Pemprov DKI Resmi Perpanjang PPKM Level 3, Begini Penjelasan Lengkapnya
Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus bertemu Presiden RI Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Dirjen WHO Apresiasi Indonesia dalam Penanganan Pandemi Covid-19
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspadai Corona Varian Delta, Dinkes Imbau Warga Kenakan Dobel Masker
Pemkot Yogya siagakan mobile laboratorium untuk test antigen di wilayah yang memiliki tingkat aktivitas tinggi saat libur Nataru. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Siagakan Mobile Laboratorium Tes Acak di Tempat Wisata