Home / Militer

Sabtu, 29 Mei 2021 - 14:05 WIB

Tiga Nama Pahlawan Nasional Menjadi Nama Ruangan di Makorem 072/Pamungkas

Pelukis Setyo Priyo menyerahkan lukisan Mohammad Hatta kepada Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,. M.M. Foto: nyatanya.com/Ignatius Anto

Pelukis Setyo Priyo menyerahkan lukisan Mohammad Hatta kepada Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,. M.M. Foto: nyatanya.com/Ignatius Anto

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Bertepatan dengan menyambut Hari Pancasila, 1 Juni 2021 Komandan Korem 072/Pmk Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,. M.M mengganti tiga nama ruangan di Makorem 072/Pmk dengan nama Pahlawan Nasional, dalam kesempatan Coffee Morning dengan awak media, Jumat (28/05/2021).

Danrem 072/Pmk mengatakan, nama pahlawan sengaja di pilih guna menghormati dan mengenang jasa para pahlawan. Tiga nama pahlawan tersebut adalah Mohammad Hatta, Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono.

Pelukis Tumariyanto menyerahkan lukisan Brigjen Katamso. Foto: nyatanya.com/Ignatius Anto

Lebih lanjut Danrem menjelaskan, Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono dulu pernah menjabat Danrem 072/ Pmk dan Kasrem 072/ Pmk yang meninggal karena korban keganasan PKI, sedangkan Mohammad Hatta dulu pernah menjadikan ruang Danrem menjadi Kantor Wakil presiden karena Gedung Makorem 072/Pmk dulunya adalah Kantor Wakil Presiden RI.

Baca juga   TMMD Tahap II Selesai, Bupati Minta Masyarakat Kulonprogo Handarbeni

Sementara itu Ganis Sugiono mewakili keluarga pahlawan sekaligus merupakan putra dari Kolonel Sugiono mengucapkan terimakasih dan merasa terhormat sekali kepada Danrem 072/Pmk yang akan menamai nama ruangan di Makorem 072/PMk dengan nama orang tuanya. “Kami sangat apresiasi sekali karena kami sudah di anggap sebagai keluarga besar Korem 072/Pamungkas,” ucapnya.

Baca juga   Satgas Yonif 512/QY Datangi Warga Perbatasan Beri Imbauan Patuhi Prokes
Pelukis Sigit Raharjo menyerahkan lukisan Kolonel Sugiono. Foto: nyatanya.com/Ignatius Anto

Acara ditandai dengan penyerahan lukisan Mohammad Hatta, Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono dari Setyo Priyo (pelukis Mohammad Hatta), Tumariyanto (pelukis Brigjen Katamso) dan Sigit Raharjo (pelukis Kolonel Sugiono) kepada Danrem 072/Pmk dilanjutkan dengan pemberian Cindera mata dari Danrem 072/Pmk kepada para pelukis dan keluarga para pahlawan.

Hadir dalam acara tersebut Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Afianto, para Kasi Kasrem 072/Pmk, Kapenrem 072/Pmk Mayor Czi Agus Sriyanta dan perwakilan keluarga pahlawan dan insan pers. (N1)

Share :

Baca Juga

Prajurit Yonmek 512/QY membuat taman warna-warni dengan manfaatkan ban bekas. (Foto: Penerangan Yonmek 512)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Sulap Halaman Paud Tunas Harapan Jadi Taman Warna Warni
Prajurit Satgas Yon 512 beri layanan kesehatan dan imbauan prokes kepada warga perbatasan Papua-PNG. (Foto: dokumentasi Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Datangi Warga Perbatasan Beri Imbauan Patuhi Prokes
Prajurit Yonmek 512/QY tengah mengerjakan bangunan kamar mandi. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Bangun Kamar Mandi di Gereja Perbatasan
Anak-anak di perbatasan RI-PNG antusias diajarkan membuat lampion dari botol bekas. (Foto: Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Asah Kreativitas, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Buat Lampion Bersama Anak-Anak Perbatasan RI-PNG
Ketua Tim Penilai dari Pusterad menyampaikan sambutan Danpusterad dalam Lomba Binter Tingkat Pusat. (Foto: Zainuri Arifin)

Militer

Kodam Diponegoro Tunjuk Kodim Yogyakarta Ikuti Lomba Binter Tingkat Pusat
Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Afianto meninjau pelaksanaan TMMD ke 111 di Desa Purbayan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. (Foto: nyatanya.com/Penrem072)

Militer

Kasrem 072/Pamungkas Kunjungi Lokasi TMMD Sengkuyung Kodim 0708/ Purworejo
Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan dilepas anggota prajurit meninggalkan satuan Korem Pamungkas. (Foto: Penrem 072/Pamungkas)

Militer

Korem Pamungkas Gelar Pisah-sambut Pejabat Baru
Prajurit Yon 403/WP bersama warga perbatasan memasang bendera Merah Putih. (Foto: dokumentasii Penerangan Yon 403/WP)

Militer

Semarakkan HUT RI Ke-76, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bagikan Bendera Merah Putih