Home / Militer

Sabtu, 29 Mei 2021 - 14:05 WIB

Tiga Nama Pahlawan Nasional Menjadi Nama Ruangan di Makorem 072/Pamungkas

Pelukis Setyo Priyo menyerahkan lukisan Mohammad Hatta kepada Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,. M.M. Foto: nyatanya.com/Ignatius Anto

Pelukis Setyo Priyo menyerahkan lukisan Mohammad Hatta kepada Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,. M.M. Foto: nyatanya.com/Ignatius Anto

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Bertepatan dengan menyambut Hari Pancasila, 1 Juni 2021 Komandan Korem 072/Pmk Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,. M.M mengganti tiga nama ruangan di Makorem 072/Pmk dengan nama Pahlawan Nasional, dalam kesempatan Coffee Morning dengan awak media, Jumat (28/05/2021).

Danrem 072/Pmk mengatakan, nama pahlawan sengaja di pilih guna menghormati dan mengenang jasa para pahlawan. Tiga nama pahlawan tersebut adalah Mohammad Hatta, Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono.

Pelukis Tumariyanto menyerahkan lukisan Brigjen Katamso. Foto: nyatanya.com/Ignatius Anto

Lebih lanjut Danrem menjelaskan, Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono dulu pernah menjabat Danrem 072/ Pmk dan Kasrem 072/ Pmk yang meninggal karena korban keganasan PKI, sedangkan Mohammad Hatta dulu pernah menjadikan ruang Danrem menjadi Kantor Wakil presiden karena Gedung Makorem 072/Pmk dulunya adalah Kantor Wakil Presiden RI.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Pimpin Sertijab Kasiter Kasrem 072/ Pamungkas dan Dandim 0707/Wonosobo

Sementara itu Ganis Sugiono mewakili keluarga pahlawan sekaligus merupakan putra dari Kolonel Sugiono mengucapkan terimakasih dan merasa terhormat sekali kepada Danrem 072/Pmk yang akan menamai nama ruangan di Makorem 072/PMk dengan nama orang tuanya. “Kami sangat apresiasi sekali karena kami sudah di anggap sebagai keluarga besar Korem 072/Pamungkas,” ucapnya.

Baca juga   Swadaya Murni Prajurit, Mushola Koramil Gondomanan Direnovasi
Pelukis Sigit Raharjo menyerahkan lukisan Kolonel Sugiono. Foto: nyatanya.com/Ignatius Anto

Acara ditandai dengan penyerahan lukisan Mohammad Hatta, Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono dari Setyo Priyo (pelukis Mohammad Hatta), Tumariyanto (pelukis Brigjen Katamso) dan Sigit Raharjo (pelukis Kolonel Sugiono) kepada Danrem 072/Pmk dilanjutkan dengan pemberian Cindera mata dari Danrem 072/Pmk kepada para pelukis dan keluarga para pahlawan.

Hadir dalam acara tersebut Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Afianto, para Kasi Kasrem 072/Pmk, Kapenrem 072/Pmk Mayor Czi Agus Sriyanta dan perwakilan keluarga pahlawan dan insan pers. (N1)

Share :

Baca Juga

Prajurit Kodim Yogya, Koramil Gondomanan dan Kopassus Grup 2 membantu evakuasi pasien. (Foto: dokumentasi Kodim Yogyakarta)

Militer

Kodim Yogya dan Kopassus Bantu Evakuasi Pasien Covid-19
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Militer

Dankolakops 172/ PWY Beri Penghargaan kepada Personel Satgas Yonif 126/KC karena Prestasi Ini
Penrem 072/Pamungkas mengadakan silahturahmi dengan awak media yang ada di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, Sabtu (26/3/2022). Foto: Penrem072/Pmk

Militer

Kapenrem 072/Pamungkas Silahturahmi dengan Awak Media
Apel pagi Kodim 0726/Sukoharjo sebelum melaksanakan TMMD. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Militer

Apel Pagi Pra TMMD, Anggota Kodim 0726/Sukoharjo Tetap Terapkan Prokes
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono S.I.P., M.Si. meninjau secara langsung pendistribusian BLT Migor di Aula Darmawangsa Kodim 0729/Bantul, Rabu (18/5/2022). Foto: Penrem 072/PMK

Militer

Danrem 072/Pamungkas Tinjau Distribusi BLT Migor Kodim 0729/Bantul
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Militer

Sinergitas Tanpa Batas, Pemkab Keerom Serahkan 3.000 Bendera Merah Putih kepada Satgas Yonif 126/KC
Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Bakamla RI dan Pemkab Pulau Morotai Teken Naskah Perjanjian Hibah Daerah
Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir (Yontaifib 2 Mar) melaksanakan latihan penyelaman bawah air di Diving Tank Dinas Penyelaman Bawah Air (DISLAMBAIR) Koarmatim, Surabaya, Rabu (15/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Militer

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Gelar Latihan Penyelaman Bawah Air