Home / Olga

Minggu, 10 Oktober 2021 - 18:02 WIB

Tiga Rekor Dunia, 11 Rekor Nasional Pecah di Cabor Angkat Besi PON XX Papua

Lifter putri asal Aceh Nurul Akma berhasil meraih medali emas di klas 87 kg ke atas cabor angkat besi PON XX Papua 2021 di Auditorium Uncen Kota Jayapura 9 Oktober 2021.  (Foto: Dadang Tri/PB PON XX Papua)

Lifter putri asal Aceh Nurul Akma berhasil meraih medali emas di klas 87 kg ke atas cabor angkat besi PON XX Papua 2021 di Auditorium Uncen Kota Jayapura 9 Oktober 2021. (Foto: Dadang Tri/PB PON XX Papua)

NYATANYA.COM, Jayapura – Hingga Minggu (10/10/2021) pukul 14.00 WIT, cabang olahraga (cabor) Angkat Besi tercatat melahirkan rekor baru paling banyak dibandingkan cabor lainnya seperti Atletik, Selam dan Renang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dari arena Angkat Besi yang berlangsung di Auditorium Universitas Cendrawasih, Padang Bulan, Kota Jayapura, hingga kini tercatat pemecahan tiga rekor dunia yunior dan 11 rekor nasional.

Untuk rekor dunia mampu dipecahkan lifter putri Jawa Barat, Tsabita Alfiah R, yang turun di kelas 67 kg. Tsabita membuat total angkatan 212 kg memperbaiki rekor lama atas namanya sendiri yang dibuat ki Tashkent, Uzbekistan 2021, seberat 204 kg.

Pada angkatan snacth lifter asuhan pelatih nasional Sodikin itu, mampu membuat angkatan 97 kg lebih berat 5 kg dari rekor dunia yuniornya. Kemudian di angkatan clean and jerk Tsabita berhasil mengangkat barbel 115 kg memecahkan rekor dirinya 114 kg.

Sedangkan 11 rekor nasional yang tercipta salah satunya melalui lifter asal Sulawesi Selatan, Rahmad Erwin Abdullah, yang turun di kelas 81 kg. Rahmad peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo, mampu membuat total angkatan 340 kg memperbaiki rekor seniornya M Hasbi seberat 306 kg yang dibuat pada ajang pra-PON 2019.

Baca juga   Klasemen Sementara PON XX - Jabar Makin Tak Terbendung, DIY Posisi 16

Rahmad juga berhasil memperbaiki rekor Hasbi untuk angkatan snatch dari 130 kg menjadi 150 kg serta angkatan clean and jerk dari barbel seberat 176 kg menjadi 190 kg.

Pelatih Rahmad yang juga ayahnya Erwin Andullah, mengaku puas dengan hasil angkatan yang dilakukan anak asuhnya itu di arena PON Papua.

“Meski tidak berhasil melakukan angkatan 200 kg hasil yang dicapai ini sudah sangat memuaskan karena mampu mempertajam angkatannya di pentas nasional,” ungkap Erwin Abdullah yang juga merupakan mantan lifter nasional.

Erwin Abdullah adalah peraih perak dalam ajang Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan.

Lifter putri asal Aceh, Nurul Akmal berhasil meraih medali emas sekaligus menciptakan rekor baru nasional setelah mengumpulkan total beban angkatan sebesar 258 kg. Angkatan snatch, Nurul mampu mengangkat barbel 116 kg. Capaian tersebut memecahkan rekor nasional atas nama dirinya sendiri.
Sebelumnya rekor angkatan dan 142 kg, dalam ajang PON XX Papua, yang berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Sabtu 9 Oktober 2021.

Baca juga   Bayangan Suram tentang Papua Sirna Selama PON XX

Turun di kelas di atas 87 kg dengan berat badan 116,55 kg, lifter putri kelahiran Tanah Luas, Aceh Utara 12 Maret 1993 itu mulus melakukan seluruh enam beban angkatan.

Enam beban angkatan yang dilakukan Nurul berturut-turut mulai 101 kg, 107 kg, 116 kg pada angkatan snatch. Sedangkan di angkatan clean and jerk dimulai dari 131 kg, 136 kg dan diakhiri dengan beban 142 kg.

Total beban yang diangkat Nurul jauh meninggalkan lawan-lawannya. Lifter Riska Oktaviana dari Provinsi Kalimantan Barat harus puas dengan medali perak dengan total angkatan 223 kg. Riska memiliki angkatan terbaik di beban 116 kg dan 123 kg.

Pemecahan rekor baru masih terbuka di arena PON Papua yang mempertandingkan 23 cabang olahraga di empat kluster, Kota/Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Potensi terbesar pemecahan rekor bakal terjadi di cabang olahraga renang dan atletik. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda. (Foto : Humas PB PON/Erwin)

Olga

Kisruh di Sasana Tinju, PB PON XX Papua Minta Maaf
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan harapannya dalam peringatan Haornas ke-38 tahun 2021. (Foto:bagus/kemenpora.go.id)

Olga

Presiden Jokowi: Haornas ke-38 Diperingati dengan Catatan Prestasi Membanggakan
(Foto:nyatanya.com/KOI)

Olga

Menkominfo Johnny G Plate Siapkan Bonus untuk Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020
Pelari putri DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (tengah), bersama pelari putri DKI Jakarta Tryaningsih (kiri) dan pelari Sulawesi Selatan Fitri (kanan) memperlihatkan medalinya saat pengalungan medali nomor lari 5.000 meter Putri PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Odekta Elvina meraih medali emas sementara Tryaningsih meraih medali perak dan Fitri meraih medali perunggu. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/YU)

Olga

Klasemen Sementara PON XX, Jabar Gusur Tuan Rumah
Ganjar Pranowo bersama para atlet yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas XVI di Provinsi Papua. (Foto: Diskominfo Jateng)

Olga

‘Spiderwoman’ Asal Jateng Targetkan Juara di PON
Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi dan pujian atas torehan prestasi yang ditorehkan atlet kotingen Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok/BPMI/kemenpora.go.id)

Olga

Jokowi Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Atlet Difabel di Paralimpiade 2020
Pengda DIY Shokaido menggelar ujian kenaikan sabuk di Segoroyoso, Pleret, Bantul. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Olga

45 Karateka Ikuti Ujian Kenaikan Sabuk di Dojo Shokaido Segoroyoso
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021) pagi. (Foto:Biro Humas Kemenpora)

Olga

Selama PON XX Digelar, Menpora Akan Berkantor di Papua