Home / News

Minggu, 5 September 2021 - 17:53 WIB

Tiga Tahun Ganjar-Yasin Mengabdi, Digitalisasi UMKM Jadi Fokus Genjot Perekonomian Rakyat

Digitalisasi UMKM jadi fokus Ganjar-Yasin genjot perekonomian rakyat. (Foto:
Diskominfo Jateng)

Digitalisasi UMKM jadi fokus Ganjar-Yasin genjot perekonomian rakyat. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Pemerintan Provinsi Jawa Tengah melakukan ikhtiar digitalisasi UMKM, di tengah turbulensi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Upaya ini merupakan wujud pemenuhan visi misi Gubernur/Wakil Gubernur Ganjar-Yasin, yang kini memasuki tahun ketiga melayani rakyat Jateng.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati menyampaikan, berdasarkan data dari dinas, sebanyak 44.338 pelaku usaha kecil menengah terdampak wabah Covid-19.

Dari jumlah tersebut, UKM yang paling banyak terdampak adalah bidang makanan minuman sebanyak 65,33 persen. Disusul UKM bidang perdagangan sebesar 16,40 persen, dan jasa 6,93 persen.

“Jika dilihat dari permasalahannya, secara persentase 52,98 persen UKM mengalami kendala dalam pemasaran. Selain itu ada kendala dari permodalan sebanyak 30,24 persen,” ujar Ema Jumat (3/9/2021).

Kondisi itu, imbuhnya, tidak berbeda jauh ketika PPKM darurat mulai diberlakukan 5-20 Juli 2021. Oleh karenanya, Pemprov Jateng melakukan upaya masif guna mengubah strategi berdagang konvensional pelaku UMKM ke digital. Di antaranya, dengan peningkatan literasi digital, pelatihan, bimbingan teknis, dan workshop.

Baca juga   Tinjau Tenda Pengungsi, Kapolda Jateng Pastikan Tak Ada Kerusakan Berat Akibat Gempa Bumi

Kerja sama pun dijalin dengan platform jualan dan pelatihan daring. Di antaranya, promosi melalui start up decacorn Gojek melalui promo Banner Go-Food, yang telah mendapatkan omzet Rp2,5 miliar. Promosi virtual UKM Virtual Expo (UVO) yang menjaring pembeli hingga luar negeri dan menangguk omzet hingga Rp4,8 miliar.

Adapula kerja sama yang dilakukan dengan Go-Jek melalui platform Go-Shop. Pada tahun ini, Pemprov Jateng juga bekerja sama dengan marketplace digital Shopee, untuk mendirikan Kampus UMKM. Selain itu, ada pula pelatihan online oleh Mbizmarket, guna mempersiapkan UMKM ikut dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Pak Gubernur juga ikut mempromosikan UMKM melalui Lapak Ganjar. Kami juga ada pelatihan marketing online. Kerja sama dengan Go-Jek melalui Go-Shop juga dilakukan di beberapa kabupaten atau kota, seperti di Surakarta raya, Sragen, Kota Solo, Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar. Adapula Banyumas, Kabupaten Semarang dan Kota Tegal,” sebutnya.

Baca juga   Menkumham: Revisi UU Kedokteran untuk Perbaikan Layanan Kesehatan

Menurut Ema, pelatihan bagi UMKM pun diberikan. Di antaranya dengan program Hetero Space, kompetisi start up. Ada pula pendampingan yang dilakukan di UMKM Center di Banyumanik-Kota Semarang.

Upaya-upaya tersebut didukung pula dengan produk hukum. Melalui Instruksi Gubernur Jateng No 4/2021, yang merupakan respon dari undang-undang cipta kerja, guna memaksimalkan pengadaan barang dan jasa dari sektor UKM. Hingga Agustus 2021, bebernya, terdapat 622 UKM yang terdiri dari 291 UKM berbadan hukum dan 331 nonbadan hukum.

“Sementara transaksi yang telah bergulir sebanyak 620 paket, dengan nilai Rp1.556.385.378,” tandas Ema. (*)

Share :

Baca Juga

(Foto: BMKG)

News

Tak Berpotensi Tsunami, Gempabumi Tektonik Magnitudo 4,1 Bangkalan Dirasakan Warga Surabaya
Dirjen Tanaman Pangan Kementan Dr Ir Suwandi MSi usai meninjau langsung persediaan komoditas pangan di Pasar Bandarjo, Ungaran Barat, Minggu (17/4/2022) pagi. Foto: MC Kab.Semarang

News

Aman Sampai Habis Lebaran, Persediaan 12 Komoditas Strategis di Jawa Tengah Berlebih
Dirjen Pembinaan Penampetan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK), Kemnaker, Suhartono. (Foto: InfoPublik.id/Kemnaker)

News

Kemnaker Beri Sanksi Tegas P3MI yang Terlibat Penempatan CPMI Nonprosedural
Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara beserta Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara di Istana Negara, DKI Jakarta, Kamis (10/3/2022). (Foto: BPMI/Setpres)

News

Duet Bambang Susantono – Dhony Rahajoe, Resmi Pimpin IKN Nusantara
ilustrasi:nyatanya.com

News

Magelang Lanjutkan PPKM Level 3
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, PPKM Diperpanjang Hingga 1 Agustus 2022
Foto: Istimewa

News

Digelar di Yogya, Seminar Internasional Awali ETWG Presidensi G20 Indonesia 2022
Menko PMK menyerahkan 1 (satu) ekor sapi qurban melalui MBS Ki Bagus Hadikusumo Jampang, Bogor. Foto: Kemenko PMK

News

Menko PMK: Iduladha, Momentum Saling Berbagi dan Bangkitkan Empati