Home / Peristiwa

Kamis, 20 Januari 2022 - 20:39 WIB

Tim Mahasiswa Kampus Mengajar ISI Surakarta di SMPN 15 Inisiasi Majalah Sekolah

Salah satu program kreatif yang dilakukan oleh tim mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 ISI Surakarta di SMP Negeri 15 Surakarta, diantaranya dengan membidani lahirnya majalah sekolah yang bernama RETORIKA (Rekaman Tulisan Opini Kreatif Libelska). (Foto: Dok.ISI Surakarta)

Salah satu program kreatif yang dilakukan oleh tim mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 ISI Surakarta di SMP Negeri 15 Surakarta, diantaranya dengan membidani lahirnya majalah sekolah yang bernama RETORIKA (Rekaman Tulisan Opini Kreatif Libelska). (Foto: Dok.ISI Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta -Salah satu program kreatif yang dilakukan oleh tim mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 ISI Surakarta di SMP Negeri 15 Surakarta, diantaranya dengan membidani lahirnya majalah sekolah yang bernama RETORIKA (Rekaman Tulisan Opini Kreatif Libelska).

Majalah sekolah yang direncanakan terbit setiap bulan ini berisi tulisan dan karya baik dari guru maupun siswa sehingga diharapkan untuk mewadahi kemampuan literasi.

Kegiatan ini merupakan bagian Program Kampus Mengajar yang telah diluncurkan oleh Menteri Kemendikbudristek, Nadiem Makarim, bahwa dalam program Kampus Mengajar ini mahasiswa dari seluruh Indonesia diajak berkolaborasi dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah dasar, terutama yang di daerah 3T.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Kampus Mengajar angkatan pertama dan kedua di tahun 2021, hal ini merupakan wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memberi kesempatan kepada para mahasiswa dari semua program studi di Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia untuk terjun langsung memberikan kontribusi terbaiknya di seluruh Indonesia.

Baca juga   819 Ribu Dosis Vaksin Pfizer Mendarat di Bandara Soetta

Tim pelaksana penerbitan majalah sekolah ini dari mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 ini diketuai oleh Alfan Muhyar Faza, dengan Adinda Gita P L, Gabriella Anjani, Hanun Almas D, Hidayatul Millati, Ratna Hayu F W, Verliya Veriani, dan Zahra Nuruu sebagai anggota pelaksana.

Sedangkan selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yaitu Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta menjelaskan bahwa tujuan kegiatan sebagai bagian dari Program Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 ini untuk menumbuhkan kreativitas, semangat belajar siswa, khususnya di bidang tulis menulis walaupun proses penerbitan buletin ini disela-sela pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh karena pandemi Covid 19.

Baca juga   Mahasiswa Seni Murni ISI Surakarta Pameran Tugas Akhir Nirmana

“Melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan kreativitas sekaligus menginspirasi para siswa dan guru untuk terus tumbuh dan berkreasi,” papar Basnendar.

Sementara menurut Alfan Muhyar Faza, Koordinator penerbitan, menjelaskan bahwa kegiatan untuk memberi alternatif siswa diantara kondisi PPKM dan pembelajaran daring agar tidak terlalu membosankan serta memberi ruang ekspresi bagi siswa dan guru untuk berkreasi lewat baik tulisan dan karya kreatif lainnya.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kulon Progo DIY dicanangkan sebagai Kampung Bahari Nusantara. (Foto:MC Kab.Kulonprogo)

Peristiwa

Kalurahan Jangkaran Temon Dicananangkan sebagai Kampung Bahari Nusantara
Ular sepanjang 3 meter yang menewaskan Orgenes Welerubun. Foto: Ist

Peristiwa

Mengenaskan, Seorang Pria di Jayapura Tewas Dililit Ular Sepanjang Tiga Meter
Direktur Utama PT Tambi, Suwito menyebut ekspor perdana setelah vakum lebih dari 10 Tahun itu bakal menjadi keran bagi terbukanya peluang ke sejumlah Negara lain, yaitu UEA, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Peristiwa

Ekspor Teh ke Jepang, PT Tambi Wonosobo Kantongi 1,1 Juta Dolar AS
Kejari Batang, Jawa Tengah, memusnahkan ribuan barang bukti kejahatan narkotika seperti sabu-sabu, pil psikotropika dan tembakau gorilla. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Kejari Batang Musnahkan Narkotika Barang Bukti dari 97 Perkara
Sosialisasi penyusunan proposal PPK Ormawa di ruang rapat Gedung Jurusan Desain, lantai II, Kampus Mojosongo, Kamis (7/4/2022). Foto: Dok.HIMA DKV ISI Surakarta

Peristiwa

HIMA DKV ISI Surakarta Sosialisasi Penyusunan Proposal PPK Ormawa 2022
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

PMI Jateng Penuhi Kebutuhan Plasma Konvalesen Hingga 91%
Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Momen Ganjar Pranowo Diteriaki ‘Tugiman’ di Tengah Ribuan Mahasiswa Baru Unair Surabaya
Sebagai upaya meminimalisir abrasi di sepajang 70 kilometer garis pantai yang dimiliki Kabupaten Batang. DLH secara bertahap melakukan perbaikan dengan menanam mangrove. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

DLH Batang: Hampir 100 Meter Bibir Pantai di Batang Hilang