Home / Militer

Jumat, 10 September 2021 - 18:09 WIB

Tim Penilai Lomba Binter Pusterad Tinjau Kampung Ponggalan

Tim penilai dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) meninjau Kampung Ponggalan Giwangan Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Tim penilai dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) meninjau Kampung Ponggalan Giwangan Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Tim penilai dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) meninjau Kampung Ponggalan, Kelurahan Giwangan yang beberapa waktu lalu di kukuhkan sebagai kampung Tangguh Nusantara, Jumat (10/9/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan lapangan karena Kodim 0734/Kota Yogyakarta terpilih mewakili Kodam IV/Diponegoro mengikuti Lomba Binter Tingkat Pusat untuk Kodim Tipe A.

Lomba Binter Tingkat Kodim ini dilaksanakan 2 tahun sekali yang dilaksanakan secara terpusat oleh Pusat Pusterad sebagai penyelenggara.

Lurah Giwangan, Dwi Ernayati, pada kesempatan tersebut menjelaskan ketangguhan kampung Ponggalan terbagi menjadi berbagai aspek yaitu dari bidang kesehatan, sosial ekonomi, keamanan dan ketertiban masyarakat, pendidikan, pariwisata, hingga informasi.

Di bidang kesehatan, terdapat posko kesehatan di kampung yang juga dilengkapi alat pelindung diri (APD), melengkapi tiap rumah dengan tempat cuci tangan, melakukan penyemprotan disinfektan dan warga pun sudah mengikuti pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19.

Baca juga   Ciptakan Rasa Damai dan Nyaman, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Mempererat Hubungan Persaudaraan dengan Warga Binaan di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Selain itu, warga juga membudidayakan nila di saluran irigasi yang rutin dipanen tiap empat bulan sekali untuk memenuhi kebutuhan warga, hingga budidaya kelengkeng, sayuran, serta tanaman obat keluarga.

Kampung yang berada tepat di tepi Sungai Gajah Wong tersebut juga telah melakukan penataan lingkungan dan menyulap lokasi yang sebelumnya kumuh menjadi tempat wisata. Salah satu atraksi yang diunggulkan adalah wisata susur sungai dengan menggunakan perahu.

Ia berharap selama penilaian lomba tersebut dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca juga   Koramil Gamping Lakukan Pengamanan Proses Vaksin Terhadap Pedagang Pasar

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Kolonel Inf Yoyo S menjelaskan penilaian lomba tersebut di bagi dari beberapa tahap, seperti wawancara, peninjauan lapangan, dan pengumpulan data-data.

“Penilaian Lomba sudah dilakukan kemarin di Makodim yakni dengan wawancara FKPD/masyarakat dan Binter dalam program, non program, dan sekarang adalah peninjauan lapangan,” jelasnya di lokasi.

Ia berharap dengan adanya lomba tersebut TNI AD dapat terus meningkatkan sinergisitas dengan pemerintah Kota Yogyakarta, Polri, untuk membantu warga masyarakat terutama dalam penanganan kasus Covid-19 di Kota Yogya.

“Mereka harus bisa memberikan contoh kepada masyarakat, dan menyadarkan bahwa disiplin dalam penerapan protokol kesehatan menjadi keperluan masyarakat saat ini,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Mayor Asil bertatap muka dengan tokoh agama dalam giat Komsos. FOTO: nyatanya.com/istimewa

Militer

Komsos Bersama Toga, Mayor Asil Bangkitkan Semangat Kebersamaan
Kasdam IV/Diponegoro mengapresiasi capaian kinerja Satgas TMMD reguler ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Kasdam IV/Diponegoro Tinjau Pelaksanaan TMMD di Kemantren Wirobrajan
Prajurit Yonmek 512/QY berikan bantuan tas. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Bagikan Tas dan buku di SMPN 1 Waris, Perbatasan RI-PNG
Prajurit Satgas Yon 512 beri layanan kesehatan dan imbauan prokes kepada warga perbatasan Papua-PNG. (Foto: dokumentasi Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Datangi Warga Perbatasan Beri Imbauan Patuhi Prokes
Anggota Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY melaksanakan anjangsana dengan masyarakat perbatasan di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom Papua. (Foto:dokumentasi Yonif Mekanis 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Kedepankan Binter dalam Pelaksanaan Tugas di Perbatasan
Prajurit Yonif 403 laksanakan penyembelihan hewan kurban [Foto: nyatanya.com\istimewa]

Militer

Khotib Idul Aldha, Patop Satgas Pamtas Yonif 403/WP Sampaikan Siraman Rohani
Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P., M.M, mendampingi Wasev dari Mabesad Waaster Kasad Bidang Perencanaan dan Kemampuan Teritorial Brigjen TNI Sugiono Kunjungi TMMD Reguler Ke-111 TA.2021. (Foto:nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pmk Dampingi Wasev dari Mabesad Kunjungi TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0734/Kota Yogya
Kerja sama antara Satgas TMMD dan masyarakat. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Kerjasama yang Solid Percepat Target TMMD Reguler ke-111