Home / Peristiwa

Sabtu, 10 September 2022 - 20:42 WIB

Timbun BBM Bersubsidi, Warga Dharmasraya Diamankan Polisi, Acaman Hukuman 6 Tahun Menanti

Dua tersangka (membelakangi kamera) penimbun solar dibekuk petugas. Foto: Humas Polres Dharmasraya/Tribratanews

Dua tersangka (membelakangi kamera) penimbun solar dibekuk petugas. Foto: Humas Polres Dharmasraya/Tribratanews

NYATANYA.COM, Dharmasraya – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya, Sumatera Barat kembali mengamankan dua warga yang diduga menyalahgunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar.

Paur Humas Polres Dharmasraya, Ipda Marmawi menjelaskan, kedua warga yang diamankan karena diduga menyalahgunakan BBM bersubsidi itu merupakan warga Jorong Taman Sari, Kenagarian Sungai Duo dan warga Ganting, Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Dharmasraya.

“Tim Gabungan menangkap dua tersangka terkait dugaan penyalahgunaan BBM bersubsi,” jelas Ipda Marmawi.

Ipda Marmawi menjelaskan, kedua terduga pelaku, masing-masing berinsial K (52) dan DF (40). Dan mereka memiliki peran yang berbeda.

Baca juga   Ibu Hamil dan Difabel Magelang Divaksin Covid-19

“K sebagai pemilik dan DF tukang lansir,” jelasnya.

Paur Humas Polres Dharmasraya dan aggota Polsek Sitiung 1 Koto Agung menangkap terduga pelaku berinisial K di Jorong Taman Sari, Kenagarian Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya.

“Dia ditangkap karena diduga menyalahgunakan BBM bersubsidi jenis Solar. K menimbun Solar di pekarangan rumahnya tanpa legalitas,” jelasnya.

“Solar itu didapat dari DF. Modus mereka dengan cara membeli minyak yang disubsidi oleh pemerintah, kemudian dipergunakan untuk kebutuhan industri serta diperjualbelikan,” tegasnya.

Baca juga   Kelakuan Dua Pria Ini Bikin Geram, Naik Mobil Mewah Beli BBM Subsidi Pakai Jerigen

Paur Humas Polres Dharmasraya menegaskan, bahwa pihaknya akan terus menindak tegas setiap penyimpangan dan penyalahgunaan BBM subsidi.

“Ini komitmen dari bapak Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah bahwa akan menindak tegas setiap penyimpangan dan penyalahgunaan BBM bersubsidi,” jelasnya.

Lalu, untuk kedua terduga pelaku yang ditangkap, mereka disangkakan dengan Pasal 55 Undang-undang Nomor: 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi yang telah diubah pada pasal 40 angka 9 Undang-undang Nomor: 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dengan ancaman enam tahun penjara.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Kemantren Tegalrejo Kota Yogya terus berupaya mengajak warganya untuk memaksimalkan pemanfaatan bank sampah dalam menjaga lingkungan sekaligus menambah untuk pundi-pundi pendapatan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kemantren Tegalrejo Terus Ajak Warganya Maksimalkan Bank Sampah
Hiu tutul dengan panjang 7 meter dengan lebar 1,5 meter dan bobot sekitar 1,5 ton ditemukan mati terdampar di Pantai Nyamplong Kobong Jember. Foto: Ist

Peristiwa

Penampakan Hiu Tutul Seberat 1,5 Ton yang Terdampar dalam Kondisi Mati di Pantai Nyamplong Kobong Jember
Ketua pengurus klenteng Sutji Nurani Banjarmasin, Tiono Husin pimpin pelaksanaan Sembahyang Tuhan pada Rabu dini hari (9/2/2022). Pelaksanaan ibadah dilaksanakan pada pukul 00.00 WITA. Klenteng Sutji Nurani berdiri sejak 1898 di tepian sungai Martapura yang dibuat oleh warga Tionghoa di Banjarmasin. Klenteng ini menjadi salah satu bangunan cagar budaya. (MC Kalsel/Fuz/ARH/InfoPublik.id)

Peristiwa

Sembahyang Tuhan di Klenteng Sutji Nurani Banjarmasin
Ratusan mercon yang disita Polres Batang pada malam takbiran. (Foto:MC Batang)

Peristiwa

Malam Takbiran, Polres Batang Amankan 183 Mercon Selongsong
Foto: Dok.Bakamla RI

Peristiwa

Curi Ikan di Perairan Indonesia, Kapal Berbendera Malaysia Ditangkap Bakamla di Tanjung Berakit
Barang bukti pil ekstasi yang disita jajaran Polda Metro Jaya dalam gelar operasi. Foto: tribratanews

Peristiwa

4 Hari Operasi Kamtibmas, Polda Metro Jaya Berhasil Amankan 626 Kg Ganja dan Ratusan Ribu Ekstasi
Sahabat Cakrawangsa, melakukan aksi menanam pohon guna mencegah longsor yang kerap menimpa wilayah Dukuh Sigemplong. (Foto: MC Batang, Jateng)

Peristiwa

Cegah Longsor, Komunitas Pecinta Lingkungan Sahabat Cakrawangsa Tanam Pohon
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengapresiasi tim peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM yang meneliti deteksi penyebaran Covid-19 melalui air limbah. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY Dukung Riset FK-KMK UGM Deteksi Covid Lewat Limbah