Home / Peristiwa

Kamis, 12 Agustus 2021 - 08:52 WIB

Timbun Tabung Oksigen dan Obat, Terancam Pidana

Ilustrasi apotek di Pekalongan. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Ilustrasi apotek di Pekalongan. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Para penimbun tabung oksigen dan obat-obatan terapi Covid-19 harus siap menjalani sanksi penjara. Begitu pula dengan orang-orang yang menjualnya dengan harga lebih tinggi daripada harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Satreskrim Polres Pekalongan Kota, Iptu Bambang Slamet Koadi, mengungkapkan, setiap orang yang terbukti menjual obat atau tabung dengan harga tidak wajar dapat dikenai hukuman 2-10 tahun penjara.

Sanksi tersebut diberikan atas dasar pasal 196 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan serta pasal 62 juncto pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Ditambahkan, kepolisian melakukan pemantauan secara intensif di sejumlah apotek dan rumah sakit di Kota Pekalongan. Tujuannya untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga maupun kelangkaan obat dan tabung oksigen.

Baca juga   Presiden: Vaksin Booster Dorong Produktivitas Sektor Industri

“Pengawasan dan pengecekan di lapangan selalu kami lakukan di apotek dan rumah sakit memastikan ketersediaan tabung oksigen dan obat, memastikan kelancaran distribusi hingga stabilitas harga-harga,” tegasnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (9/8/2021).

Bambang mengaku, saat terjadi lonjakan kasus di Kota Pekalongan pada Juli lalu, beberapa rumah sakit sempat mengalami kelangkaan tabung oksigen. Namun, ketersediaan tabung oksigen kini mulai normal kembali seiring tren penurunan jumlah kasus Covid-19 di Kota Pekalongan.

“Pada saat terjadi kelangkaan kemarin, kami berkoordinasi dengan Ditreskrimsus Polda Jateng agar bisa dibantu dikirimkan dari daerah-daerah lain untuk pemenuhan pasien. Alhamdulillah, saat ini sudah bisa tercukupi semuanya dengan mulai menurunnya jumlah kasus Covid-19 di Kota Pekalongan,” terangnya.

Baca juga   Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat

Iptu Bambang mengimbau warga melaporkan kepada pihak kepolisian setempat apabila menemukan pihak yang menjual obat atau tabung oksigen yang dengan harga lebih dari HET. Masyarakat juga bisa melaporkannya ke kantor Satreskrim Polres Pekalongan Kota atau melalui pusat layanan darurat all center 110.

“Oleh karena itu, silakan bagi masyarakat yang menemukan adanya ketidakwajaran harga, maupun penimbunan obat-obat Covid-19 dan tabung oksigen, bisa melaporkan langsung ke kami ataupun melalui Call Center 110,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan pendampingan kepada empat perempuan asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Papua. (Foto: Kemensos)

Peristiwa

Kemensos Dampingi Empat Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang
Petugas BPBD Kabupaten Batang membersihkan ranting dan pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi di Kecamatan Tulis, Batang, Jawa Tengah, pada Minggu sore (23/1), pukul 15.45 WIB. (Foto: BPBD Kabupaten Batang)

Peristiwa

31 Rumah Warga Kabupaten Batang Rusak Akibat Angin Kencang
Foto: Humas Polda NTB/Tribratanews

Peristiwa

Polda NTB Panen! Operasi Jaran Rinjani 2022, Amankan 363 Tersangka Kasus Pencurian
Karni bin Bujang, warga negara Indonesia (WNI) asal Dusun Camar Bulan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), yang bebas dari hukuman mati di Malaysia telah dipulangkan melalui perbatasan Entikong, Selasa (1/3/2022). (Foto: KJRI Kuching)

Peristiwa

Bebas dari Ancaman Hukuman Gantung, KJRI Kuching Pulangkan WNI
Kunjungan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen ke Papua, dimanfaatkan dengan meninjau langsung Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura, Jumat (15/10/2021). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Kunjungi Perbatasan Indonesia-PNG, Gus Yasin Terima Kasih kepada TNI dan Polri
Arif Firdaus bin Ahmad Dahlan, buronan kasus korupsi Pengelolaan Belanja Daerah pada Sekretariat DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan, tahun anggaran 2017. (Foto: dok. Puspenkum)

Peristiwa

Ditangkap di Purwakarta, Tim Tabur Kejagung Amankan Buronan Korupsi Belanja Daerah PALI
Daya tarik warna-warni yang menghiasi ornamen pohon bunga Mei Hua ini melambangkan kegembiraan menyambut datangnya keindahan musim semi dan semangat baru bagi masyarakat Tionghoa. (Foto: MC Kota Singkawang)

Peristiwa

Jelang Imlek di Singkawang, Bunga Mei Hua Mulai Diminati
Malam Refleksi Milad ke-41 UMY di Masjid KH Ahmad Dahlan Kampus UMY. (Dok.UMY)

Peristiwa

Malam Refleksi Milad ke-41, UMY Teguhkan Fungsi Pendidikan, Dakwah, dan Pengaderan