Home / Militer

Jumat, 15 April 2022 - 17:48 WIB

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Danramil 03/Gondokusuman Budidaya Lele Cendhol

Budidaya ikan Lele Cendhol untuk memberdayakan lahan sempit yang ada di Makoramil 03/Gondokusuman yang dapat memberi manfaat bagi anggota. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Budidaya ikan Lele Cendhol untuk memberdayakan lahan sempit yang ada di Makoramil 03/Gondokusuman yang dapat memberi manfaat bagi anggota. (Foto: Penrem 072/Pmk)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Guna meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Danramil 03/Gondokusuman Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Mayor Inf Diya melakukan budidaya ikan Lele Cendhol bertempat di Makoramil 03/Gondokusuman.

Menurut Danramil, budidaya ikan Lele Cendhol ini adalah untuk memberdayakan lahan sempit yang ada di Makoramil 03/Gondokusuman agar dapat bermanfaat sekaligus untuk pembelajaran kepada anggota yang akan melaksanakan purna tugas sehingga nantinya tetap aktif dan eksis punya aktivitas di lingkungan tempat tinggalnya untuk budidaya ikan Lele Cendhol.

Budidaya ikan Lele Cendhol tidak perlu lahan yang luas, kita memakai sistem Tong/kolam terpal dengan ukuran diameter 2 meter dan tinggi 1 meter untuk bisa menampung pembibitan ikan Lele Cendhol sebanyak 2.000 ekor dan dalam jangka waktu 3 bulan hasilnya dapat di panen dengan berat 200 Kg.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Tinjau Distribusi BLT Migor Kodim 0729/Bantul

“Makoramil 03/Gondokusuman saat ini sudah memiliki 7 Tong/kolam terpal sehingga setiap 3 bulan kita dapat panen,” jelas Mayor Diya, Jumat (15/4/2022).

Selain itu dari segi ekonomis pemasarannya, ikan lele cendol sangat mudah sekali untuk pemasarannya di rumah makan maupun di pasar tradisional yang ada di wilayah binaan dan dapat membantu meringankan ekonomi rumah tangga.

Danramil juga memerintahkan para Babinsa dalam rangka ketahanan pangan sekaligus kegiatan komsos, untuk mengajak masyarakat di wilayah binaannya dengan budidaya ikan Lele Cendhol sehingga bisa membantu ekonomi di masa Pandemi Covid-19.

Baca juga   Korem 072/Pamungkas Bangun Suasana Kondusif di Desa Wadas

Selain itu kegiatan budidaya Lele Cendhol dengan sistem kolam terpal ini sebagai koordinator Serma Dodik Purnama Babinsa Kelurahan Baciro Koramil 03/GK dan atas permintaan dari Satuan Yonif Mekanik 403/WP untuk memberikan pembelajaran perwakilan masing-masing Kompi 2 orang tentang cara budidaya Lele Cendhol, dengan harapan anggota perwakilan bisa mengembangkan di Kompi masing-masing secara efisien, efektif dan bermanfaat untuk anggota dan keluarganya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Militer

Satgas Yonif 126/KC Sigap Obati Warga yang Terbaring Sakit
Prajurit Sagas Yon 512/QY berikan layanan kesehatan warga perbatasan. (Foto: dokumentasi Penerangan Yon 512/QY)

Militer

TNI Berikan Pelayanan Kesehatan dan Sosialisasikan Prokes di Tapal Batas
Pelda Zuhri . FOTO : nyatanya.com/ahmad zain

Kisah Operasi

Tiba di Pos Disambut Rentetan Serangan Musuh
Pelda Daryono bergabung dengan ibu-ibu warga Karangasem untuk bantu memasak. (Foto : Pendim0732/Sleman)

Militer

Jago Masak, Pelda Daryono Bantu Siapkan Makan di Lokasi TMMD Reg Kodim Sleman
Kasad, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny Rahma Dudung Abdurachaman beserta rombongan ziarah ke TMP Kusumanegara, Rabu (29/6/2022). Foto: Penrem 072/PMK

Militer

Usai Dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Indonesia, Kasad Ziarah ke TMP Kusumanegara
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Militer

Satgas Yonif 126/KC Keliling Kampung Berikan Pelayanan Kesehatan
Prajurit Yonif 403/403/WP bersihkan gereja. (Foto: nytanya.com/istimewa)

Militer

Tingkatkan Solidaritas, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Benahi Gereja
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Ikut Menggarap Kebun Warga