Home / Militer

Jumat, 15 April 2022 - 17:48 WIB

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Danramil 03/Gondokusuman Budidaya Lele Cendhol

Budidaya ikan Lele Cendhol untuk memberdayakan lahan sempit yang ada di Makoramil 03/Gondokusuman yang dapat memberi manfaat bagi anggota. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Budidaya ikan Lele Cendhol untuk memberdayakan lahan sempit yang ada di Makoramil 03/Gondokusuman yang dapat memberi manfaat bagi anggota. (Foto: Penrem 072/Pmk)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Guna meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Danramil 03/Gondokusuman Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Mayor Inf Diya melakukan budidaya ikan Lele Cendhol bertempat di Makoramil 03/Gondokusuman.

Menurut Danramil, budidaya ikan Lele Cendhol ini adalah untuk memberdayakan lahan sempit yang ada di Makoramil 03/Gondokusuman agar dapat bermanfaat sekaligus untuk pembelajaran kepada anggota yang akan melaksanakan purna tugas sehingga nantinya tetap aktif dan eksis punya aktivitas di lingkungan tempat tinggalnya untuk budidaya ikan Lele Cendhol.

Budidaya ikan Lele Cendhol tidak perlu lahan yang luas, kita memakai sistem Tong/kolam terpal dengan ukuran diameter 2 meter dan tinggi 1 meter untuk bisa menampung pembibitan ikan Lele Cendhol sebanyak 2.000 ekor dan dalam jangka waktu 3 bulan hasilnya dapat di panen dengan berat 200 Kg.

Baca juga   Danrem Beri Jam Komandan kepada Seluruh Anggota Prajurit dan PNS Makorem 072/Pamungkas

“Makoramil 03/Gondokusuman saat ini sudah memiliki 7 Tong/kolam terpal sehingga setiap 3 bulan kita dapat panen,” jelas Mayor Diya, Jumat (15/4/2022).

Selain itu dari segi ekonomis pemasarannya, ikan lele cendol sangat mudah sekali untuk pemasarannya di rumah makan maupun di pasar tradisional yang ada di wilayah binaan dan dapat membantu meringankan ekonomi rumah tangga.

Danramil juga memerintahkan para Babinsa dalam rangka ketahanan pangan sekaligus kegiatan komsos, untuk mengajak masyarakat di wilayah binaannya dengan budidaya ikan Lele Cendhol sehingga bisa membantu ekonomi di masa Pandemi Covid-19.

Baca juga   Serma Mulyono Dampingi Gugus Covid Lakukan Tracing Warga Terkonfirmasi Corona

Selain itu kegiatan budidaya Lele Cendhol dengan sistem kolam terpal ini sebagai koordinator Serma Dodik Purnama Babinsa Kelurahan Baciro Koramil 03/GK dan atas permintaan dari Satuan Yonif Mekanik 403/WP untuk memberikan pembelajaran perwakilan masing-masing Kompi 2 orang tentang cara budidaya Lele Cendhol, dengan harapan anggota perwakilan bisa mengembangkan di Kompi masing-masing secara efisien, efektif dan bermanfaat untuk anggota dan keluarganya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Penrem 072PMK

Militer

Asah Kemampuan, 55 Personel Denma Korem 072/Pamungkas Latihan Menembak di Dislitbangad Setrojenar
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono S.I.P., M.Si. meninjau pembangunan pompa air Hidram program TNI AD Manunggal Air Bersih di Padukuhan Kutogiri, Kelurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Rabu (18/5/2022). Foto: Penrem 072/PMK

Militer

Diresmikan Kasad Besok Pagi, Danrem 072/Pamungkas Tinjau Pembangunan Pompa Air Hidram Program TNI AD di Kulon Progo
Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo memberi pengarahan kepada seluruh prajurit Yonif Mekanik 403/WP di lapangan depan Mako Yonmek 403/WP Kentungan, Senin (11/7/2022). Foto: Penrem 072/Pmk

Militer

Ini Pengarahan Kasrem 072/Pamungkas kepada Prajurit Yonmek 403/WP
Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Kepala Bakamla RI Courtessy Call ke Ketua BPK RI, Ada Apa?
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti

Militer

Satgas Yonif 126/Kala Cakti Ajarkan Pengetahuan Komputer Anak-anak di Wilayah Perbatasan
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P., M.M. bersama Sesdispenad Kolonel Inf Drs. Mutamar, M.Sc.(Foto: nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Gelar Coffee Morning dengan Insan Media
Pembukaan TMMD Reguler 212 dan Sengkuyung Tahun 2021 Kodim 0705 Magelang yang akan fokus membuka akses warga di Desa Ketep. (Foto: Humas/beritamagelang)

Militer

TMMD Reguler 112 Buka Akses Antar Desa Menuju Ketep Pass
Babinsa Koramil Sleman berikan motivasi warga untuk tetap semangat. (Foto: Pendim0732/Sleman)

Militer

Babinsa Beri Motifasi Warga di Lokasi TMMD Reguler Kodim Sleman