Home / Militer

Rabu, 21 Juli 2021 - 12:55 WIB

Tingkatkan Ketahanan Pangan di Perbatasan, Satgas Yonif 403 Gandeng Pemda dan Kelompok Tani

Prajurit Yonif 403/WP bantu warga petani tanam padi. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Prajurit Yonif 403/WP bantu warga petani tanam padi. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

NYATANYA.COM, Pegunungan Bintang – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan selama melaksanakan pengamanan di perbatasan negara, Pos Batom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista memanfaatkan lahan tidur dirombak menjadi lahan pertanian untuk menanam bibit padi bersama masyarakat di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Rabu, (21/7/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa untuk mencegah krisis pangan sebagai dampak pandemi covid-19, Pos Batom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar kekhawatiran itu tidak terjadi.

Selain Sagu sebagai bahan makanan pokok masyarakat saat ini Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Batom mensiasati bahan makanan pokok lain sebagai cadangannya yaitu dengan memanfaatkan lahan tidur agar produktif ditanami bibit padi bersama masyarakat.

Baca juga   Peringati HUT RI Ke-76, Satgas Yonif 512/QY Bersama Masyarakat Kibarkan Merah Putih di Sepanjang Jalan Perbatasan

“Hal ini merupakan bagian dari upaya kami Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan, memanfaatkan lahan tidur untuk bercocok tanam selain sayur mayur, kami juga mengajak warga dan mengandeng pemerintah daerah serta menghadirkan kelompok tani untuk bersama-sama mempersiapkan bahan makanan pokok selain sagu yaitu beras dengan menanam padi pada lahan tidur yang dirombak menjadi lahan produktif pertanian di kampung Batom, sehingga manfaatnya nanti dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ucap Dansatgas.

Baca juga   Babinsa Koramil Tegalrejo Laksanakan Monitoring Vaksinasi Tahap II

Di tempat terpisah, Danpos Batom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Halis Didik T mengatakan melalui kegiatan ini Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Batom dapat mensosialisasikan kepada warga mengenai cara pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan yang produktif seperti sawah untuk menanam padi.

dengan demikian masyarakat mendapatkan bahan pokok makanan baru selain sagu yaitu berupa beras yang dihasilkan dari menanam padi di sawah untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Batom.

Kedepan, apabila kegiatan ini bisa dikembangkan dengan baik maka tidak menutup kemungkinan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil menanam padi. (N2)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka kegiatan “Serbuan Vaksin Corona” yang digelar Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 413/Bremoro/6/2/Kostrad. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Militer

Serbuan Vaksin Corona Yonif 413 Kostrad Targetkan 2.000 Orang
Prajurit Satgas Yonmek 512/QY bagikan masker kepada warga. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Bagikan Masker, Satgas Yonif 512/QY Imbau Warga Perbatasan Disiplin Prokes
Prajurit Satgas Yonmek 512/QY laksanakan karya bakti di Kampung Naramben, Papua. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Tetap Disiplin Prokes, Satgas TNI Yonmek 512/QY Gelar Karbak di Kampung Naramben
Serma Hartono berikan himbauan terkait disiplin prokes di wilayah Kricak. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Militer

Babinsa Kricak Koramil Tegalrejo Tak Henti Imbau Warga Disiplin Prokes
Bupati Blora H. Arief Rohman, hadir mengikuti kegiatan upacara keberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG Statis Sektor Selatan Yonif 410 Alugoro TA 2021/2022 bersama dengan Dandim 0721 Blora, Kapolres Blora, dan Wakil Ketua DPRD Blora. (Foto: MC Kab Blora)

Militer

Satgas Pamtas RI-PNG Statis Sektor Selatan Yonif 410 Alugoro Diberangkatkan
Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 512/QY bagikan sembako. (Foto: Penerangan Yonif 512/QY)

Militer

Ringankan Beban Ekonomi Warga, TNI Bagikan Paket Sembako di Tapal Batas
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AL dengan PT Indonesia Televisi Streaming Network (ITSN) tentang pembuatan Film berjudul “Arafuru”, bertempat di atas KRI Bung Tomo-357 yang sedang sandar di JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Foto: Dispenal)

Militer

Tanamkan Nasionalisme, TNI AL Produksi Film Pertempuran Laut Arafuru
Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, melepas 129 Taruna AAL Tingkat ll Angkatan Ke-69 menjalani Latihan Praktek Pelayaran Jalasesya bagi Taruna Korps Pelaut, Teknik, Elektronika dan Suplai serta Lattek Prayudha Taruna Korps Marinir di Lapangan Banda, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Selasa (16/11/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Militer

Sebanyak 129 Taruna AAL Tingkat ll Jalani Lattek Jalasesya dan Prayudha