Home / Militer

Rabu, 21 Juli 2021 - 12:55 WIB

Tingkatkan Ketahanan Pangan di Perbatasan, Satgas Yonif 403 Gandeng Pemda dan Kelompok Tani

Prajurit Yonif 403/WP bantu warga petani tanam padi. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Prajurit Yonif 403/WP bantu warga petani tanam padi. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

NYATANYA.COM, Pegunungan Bintang – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan selama melaksanakan pengamanan di perbatasan negara, Pos Batom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista memanfaatkan lahan tidur dirombak menjadi lahan pertanian untuk menanam bibit padi bersama masyarakat di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Rabu, (21/7/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa untuk mencegah krisis pangan sebagai dampak pandemi covid-19, Pos Batom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar kekhawatiran itu tidak terjadi.

Selain Sagu sebagai bahan makanan pokok masyarakat saat ini Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Batom mensiasati bahan makanan pokok lain sebagai cadangannya yaitu dengan memanfaatkan lahan tidur agar produktif ditanami bibit padi bersama masyarakat.

Baca juga   Program Jumat Berkah Koramil Tegalrejo dan Satgas BKO Armed Bagikan Nasi

“Hal ini merupakan bagian dari upaya kami Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan, memanfaatkan lahan tidur untuk bercocok tanam selain sayur mayur, kami juga mengajak warga dan mengandeng pemerintah daerah serta menghadirkan kelompok tani untuk bersama-sama mempersiapkan bahan makanan pokok selain sagu yaitu beras dengan menanam padi pada lahan tidur yang dirombak menjadi lahan produktif pertanian di kampung Batom, sehingga manfaatnya nanti dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ucap Dansatgas.

Baca juga   Kerjasama yang Solid Percepat Target TMMD Reguler ke-111

Di tempat terpisah, Danpos Batom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Halis Didik T mengatakan melalui kegiatan ini Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Batom dapat mensosialisasikan kepada warga mengenai cara pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan yang produktif seperti sawah untuk menanam padi.

dengan demikian masyarakat mendapatkan bahan pokok makanan baru selain sagu yaitu berupa beras yang dihasilkan dari menanam padi di sawah untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Batom.

Kedepan, apabila kegiatan ini bisa dikembangkan dengan baik maka tidak menutup kemungkinan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil menanam padi. (N2)

Share :

Baca Juga

Anak-anak di perbatasan Papua semangat belajar bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Manfaatkan Waktu Luang, Satgas Yonif 512/QY Ajak Belajar Anak-anak Papua di Pos Perbatasan
Prajurit Yonif 403/WP latih PBB siswa di perbatasan (Foto : nyatanya.com/dokumentasi Yon 403)

Militer

HUT Batalyon, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Beri Wasbang dan Latih PBB Pelajar di Perbatasan RI-PNG
Warga secara sukarela menyerahkan barang terlarang berupa narkoba jenis ganja kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Warga di Wilayah Perbatasan RI-PNG Serahkan Barang Ilegal Kepada Satgas Pamtas Yonif 403/WP
Tank Leopard jadi kebanggaan Indonesia. Foto : nyatanya.com/istimewa

Alutsista

Tank Leopard Mesin Perang Penjaga NKRI
Danrem 072/Pamungkas jadi narasumber Kajian Jangka Panjang Direktorat Pengkajian Sosbud dan Demografi Debidjianstrat Lemhanas RI. (Foto:nyatanya.com/Penrem072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pamungkas di Minta Lemhanas RI Sebagai Narasumber
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pendisiplinan pelaksanaan Prokes melalui razia kelengkapan masker di pasar Cuplik, Bulakan, Sukoharjo. (Foto:nyatanya.com/Koramil 01/Skh)

Militer

Kasus Covid-19 Terus Naik, Anggota Koramil 01/Sukoharjo Gencar Sambangi Keramaian
Serah terima Pasukan BKO di Makodim 0734/Kota Yogyakarta, Minggu (4/7/2021).(Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Dukung Pelaksanaan PPKM Darurat, Kodim Kota Yogya Terima Pasukan BKO
Mayor Asil bertatap muka dengan tokoh agama dalam giat Komsos. FOTO: nyatanya.com/istimewa

Militer

Komsos Bersama Toga, Mayor Asil Bangkitkan Semangat Kebersamaan