Home / Peristiwa

Sabtu, 15 Januari 2022 - 13:30 WIB

Tingkatkan Keuntungan, Pertamina Bangun Unit RFCC di Kilang Balikpapan

Ilustrasi, PT Pertamina (Persero) membangun unit Residual Fluid Catlytic Cracking (RFCC) yang berfungsi meningkatkan profitabilitas kilang, melalui pengolahan residu menjadi produk bernilai tinggi di Kilang Balikpapan. (Foto: ANTARA)

Ilustrasi, PT Pertamina (Persero) membangun unit Residual Fluid Catlytic Cracking (RFCC) yang berfungsi meningkatkan profitabilitas kilang, melalui pengolahan residu menjadi produk bernilai tinggi di Kilang Balikpapan. (Foto: ANTARA)

NYATANYA.COM, Jakarta – PT Pertamina (Persero) membangun unit Residual Fluid Catlytic Cracking (RFCC) yang berfungsi meningkatkan profitabilitas kilang, melalui pengolahan residu menjadi produk bernilai tinggi di Kilang Balikpapan.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (14/1/2022).

Nicke mengatakan unit itu memiliki fungsi yang krusial, baik dalam meningkatkan profitabilitas kilang maupun menyokong ketahanan energi.

“Unit RFCC dapat meningkatkan margin kilang Pertamina di Balikpapan dengan produksi bernilai tinggi, antara lain gasoline, elpiji, dan propilen. Produk gasoline yang dihasilkan akan memenuhi spesifikasi EURO V dan memiliki nilai oktan 92,” kata Nicke.

Unit pengolahan risidu tersebut dirancang memiliki kapasitas produksi sebesar 90 ribu barel per hari yang diharapkan beroperasi pada 2024, yang akan berdampak terhadap peningkatan pasokan elpiji dan propilen. Selain itu, keutamaan lain adalah mengurangi atau meniadakan impor HOMC sebagai komponen blending gasoline.

Baca juga   Bareng TNI-Polri, Pemkab Temanggung Genjot Vaksinasi Pekerja

Saat ini Pertamina telah mengimplementasikan unit RFCC di beberapa kilang, di antaranya Kilang Cilacap dengan kapasitas 54 ribu barel per hari dan Kilang Balongan dengan kapasitas 83 ribu barel per hari.

“Dengan kapasitas 90 ribu barel per hari, unit RFCC di Balikpapan akan menjadi RFCC terbesar,” ujar Nicke.

Sementara itu, Direktur Utama Kilang Pertamina Internasional Djoko Priyono menyatakan, hingga 30 Desember 2021 persentase kemajuan pembangunan RDMP Balikpapan secara keseluruhan telah mencapai 46,92 persen.

Hingga Desember 2021 Pertamina telah mencetak sejumlah milestone untuk mendukung kemajuan unit RFCC di Kilang Balikpapan, yaitu instalasi propana/propylene splitter, main piperack PR-052-01/02, RFCC fired heater, extractor, depropanizer, RFCC catalyst hopper, serta first stage regenerator.

Baca juga   Festival Bonsai Jadi Media Promosikan Blora

“Saat ini tengah berlangsung persiapan instalasi 2nd stage regenerator serta RFCC disengager/stripper,” kata Djoko.

Pembangunan unit RFCC yang dilakukan Pertamina Kilang Internasional tak terlepas dari misi perusahaan merampungkan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balikpapan.

RDMP Balikpapan memiliki tiga tujuan yaitu meningkatkan kapasitas produksi kilang dari 260 ribu barel per hari menjadi 360 barel per hari, meningkatkan kompleksitas kilang dari 4,4 Nelson Complexity Index (NCI) menjadi 8,8 NCI, dan meningkatkan margin Kilang Balikpapan.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo saat berbincang dengan pengurus Indonesiapersada.id. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Indonesiapersada.id Dinahkodai Ganjar, Radio TV Daerah Siap “Rebranding”
Samto divaksin langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Antusias Warga Masih Rendah, Kades Jenar Awali Vaksinasi bagi Warganya
Bupati Agus Bastian meresmikan armada baru bagi Damkar Purworejo. (Foto: Diskominfo Purworejo)

Peristiwa

Tingkatkan Kinerja, Damkar Purworejo Tambah Armada
Agus Sujarwo, Kepala Disdikpora Kabupaten Temanggung. (Foto:MC TMG)

Peristiwa

Wujudkan Sekolah Penggerak, Disdikpora Temanggung Gelar Coaching Clinic
Ganjar Pranowo usai penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Umum Indonesiapersada.id dari ketua lama Saifullah Yusuf di Pasuruan Jawa Timur. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Tancap Gas Majukan Radio Daerah se-Indonesia
Suasana kemacetan lalu lintas saat warga hendak mengungsi ke tempat yang lebih aman menyusul adanya peringatan dini tsunami di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (14/12/2021). Gempa berkekuatan 7,4 skala richter pada pukul 11.20 Wita di Laut Flores tersebut disusul adanya peringatan dini tsunami dari BMKG sehingga mengakibatkan warga di Kota Maumere berhamburan mengungsi karena trauma dengan tsunami yang pernah terjadi pada tahun 1992. (ANTARA FOTO/Siska/KK/hp)

Peristiwa

Ami nai ia o…, Cerita Lindu Berbasis Kearifan Lokal
Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

DIY Optimalkan Potensi Lansia Berdaya
Vaksinasi bagi pelaku seni budaya yang digelar Kundha Kabudayan Kulonprogo. (Foto: Humas Kulonprogo)

Peristiwa

Gencarkan Vaksinasi, Bangkitkan Sektor Seni dan Budaya di Kulonprogo