Home / Peristiwa

Minggu, 5 September 2021 - 05:41 WIB

Tingkatkan Kinerja, Damkar Purworejo Tambah Armada

Bupati Agus Bastian meresmikan armada baru bagi Damkar Purworejo. (Foto: Diskominfo Purworejo)

Bupati Agus Bastian meresmikan armada baru bagi Damkar Purworejo. (Foto: Diskominfo Purworejo)

NYATANYA.COM, Purworejo – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Purworejo menambah dua unit armada untuk pelaksanaan tugasnya. Yakni, satu unit mobil damkar dan satu unit mobil water supply.

Kepala Satpol PP Damkar Purworejo, Budi Wibowo, menjelaskan, penambahan armada baru damkar akan meningkatkan akselerasi, karena kedua unit mobil baru tersebut telah dilengkapi dengan teknologi terbaru. Antara lain, memiliki kabin ganda dengan daya pancar pompa air sebesar 25 bar, kapasitas tangki air 4.000 liter, sistem penggerak PTO, dan sistem pump and roll.

“Sehingga dapat melakukan penyemprotan sambil berjalan, serta dilengkapi dengan body spray yang mampu melindungi mobil jika menembus api atau terkepung api. Sedangkan, mobil water supply bisa untuk menyuplai air ke mobil tempur, serta bisa juga digunakan sebagai mobil tempur karena sistemnya sama dengan mobil damkar tempur,” ungkap Budi, usai acara peresmian kedua armada tersebut, di halaman pendapa kabupaten, Kamis (2/9/2021).

Baca juga   Pemkab Klaten Salurkan 3.000 Paket Beras Bantuan Kemensos

Bupati Purworejo, Agus Bastian, mengungkapkan, keberadaan petugas damkar, adalah wujud kehadiran negara untuk melindungi dan memberikan rasa aman bagi warga negaranya.

“Petugas damkar bukan saja mempunyai tugas untuk memadamkan ketika terjadi sebuah peristiwa kebakaran, tetapi mereka juga mempunyai misi besar berupa penyelamatan,” ungkapnya.

Menurut bupati, petugas damkar juga selalu siaga membantu berbagai permasalah lainnya, termasuk mengatasi pandemi Covid-19. Bahkan, petugas diharapkan turut berkontribusi untuk menyelesaikan persoalan sederhana dalam masyarakat. Seperti, menangkap ular dalam rumah, mengambil sarang tawon, menyelamatkan hewan piaraan yang terjebak di pohon, dan sebagainya.

Baca juga   Antisipasi Varian Baru Covid-19, Ganjar: Jangan Sepelekan, Pakai Masker dan Segera Booster

“Sehingga sesungguhnya petugas damkar layak mendapat gelar pahlawan tanpa tanda jasa,” tandasnya.

Oleh karena itu, para petugas damkar harus didukung dengan pemenuhan fasilitas keselamatan yang memadai.

“Sehingga target respon time (masa tanggap) 15 menit dalam menghadapi kejadian kebakaran, bisa terwujud. Selain itu juga diharapkan bisa mendukung terwujudnya Lima Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) di eks kawedanan se-Kabupaten Purworejo,” harap bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun saat jumpa pers. (Foto: Dokumentasi Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jangan Euforia Penurunan Kasus Covid-19
Bupati Semarang Ngesti Nugraha meresmikan jembatan Mbongos yang menghubungkan Desa Kemambang dan Wirogomo. (Foto: Diskominfo Kabupaten Semarang)

Peristiwa

Swadaya Masyarakat Rp1 M Selesaikan Jembatan Mbongos
Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dari pemerintah pusat kepada Kabupaten Temanggung pada tahun 2022 meningkat menjadi Rp38,32 miliar. (MFoto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

DBHCHT Kabupaten Temanggung Tahun 2022 Naik Menjadi Rp38,32 Miliar
Ilustrasi. Foto: Ist

Peristiwa

70 Persen Wilayah Maluku Utara Tidak Ada Musim Kemarau Sepanjang Tahun, Fenomena Ini Penyebabnya
Bank Bapas 69 dukung pertumbuhan sektor usaha kecil di Magelang, dengan cara membeli hasil produk UMKM. (Foto:Humas Kab.Magelang)

Peristiwa

Produk UMKM Magelang Dipasarkan di Galery Display Bank Bapas 69
Personel BPBD Kabupaten Madiun melihat kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Desa Nampu, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Sabtu (12/2/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Madiun)

Peristiwa

Dua Rumah Warga Madiun Rusak Berat Diterjang Banjir, 17 KK Terdampak
Ganjar Pranowo bersepeda keliling kampung di Semarang, ingatkan panitia kurban taat prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Usai Salat Idul Adha, Ganjar Keliling Ingatkan Panitia Kurban Taat Prokes
Pengurus PWI DIY bersama pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) DIY berziarah ke makam tokoh pers nasional yang ada di Yogyakarta, Kamis 16 Februari 2023. Foto: Dok.PWI DIY

Peristiwa

Momentum Gelorakan Pers Pancasila, Pengurus PWI DIY Ziarah ke Makam Tokoh Pers Nasional