Home / Peristiwa

Jumat, 25 Februari 2022 - 14:26 WIB

Tingkatkan Layanan Hukum, Pemkot Jalin Kerjasama dengan LBH se Kota Yogya

Pemkot Yogya menjalin kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang ada di Kota Yogya dalam komitmennya melindungi hak-hak warga. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Pemkot Yogya menjalin kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang ada di Kota Yogya dalam komitmennya melindungi hak-hak warga. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berkomitmen dalam melindungi hak-hak warganya, salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan dijalinnya kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang ada di Kota Yogya.

Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan dapat membawa banyak manfaat dalam peningkatan layanan bantuan hukum, serta peningkatan kesadaran hukum bagi seluruh masyarakat Kota Yogya.

Perwakilan LBH Kota Yogya, Mochamad Iqbal mengatakan dalam perjanjian tersebut pihaknya mengajak 22 LBH yang ada di Kota Yogya.

“Ke 22 LBH ini sudah terakreditasi dari Kementrian Hukum dan HAM sejak tahun 2014, jadi secara badan hukum kami sudah berpengalaman,” jelasnya di ruang Yudistira, Jumat (25/2/2022).

Baca juga   Berkat Program Kampung Sayur, Kota Yogya Raih Penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha 2022

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan peran serta LBH tersebut tentunya sangat signifikan dalam menyukseskan program pemerintah untuk memberikan keadilan bagi setiap individu, terutama bagi masyarakat kurang mampu.

“Pembiayaan kerjasama ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sehingga kami mengajak seluruh pihak yang bergabung dalam perjanjian ini agar melaksanakan tugasnya dengan profesional sesuai dengan butir-butir perjanjian yang telah disepakati dan standar hukum yang diterapkan,” katanya.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Wawali menjelaskan terkait layananan konsultasi hukum, Pemkot Yogya juga memiliki inovasi yang dinamakan Mbak Ratu atau Masyarakat Terbuka Akses Prosedur dan Aturan Hukum.

“Mbak Ratu ini dapat diakses secara daring oleh masyarakat, melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) maupun situs jdih.jogjakota.go.id,” bebernya.

Layanan tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Kota Yogya saja namun juga bagi masyarakat daerah lainnya yang memiliki urusan hukum di Kota Jogja, untuk berkonsultasi seputar prosedur dan aturan hukum yang sesuai undang-undang,” katanya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Kedua tersangka pembunuhan wanita hamil di Gunungkidul. Foto: Ist

Peristiwa

Pelaku Pembunuhan Wanita Hamil di Gunungkidul Terancam Hukum Mati, Begini Faktanya
SM menunjukkan bukti surat laporan polisi atas dugaan perzinaan JU dan oknum ASN berinisial SR. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Ditawari Rp 15 Juta Berdamai, Isteri Bersikukuh Kasuskan Suami dan Oknum ASN
Mentan Syahrul Yasin Limpo kedua dari kiri dan Wabup Boyolali Wahyu Irawan batik merah menanam pohon Stroberi disela-sela kunjungan kerja di Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Ngemplak Jadi Percontohan Pertanian Pekarangan Rumah Tangga
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat kargo asal Tiongkok mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tanpa adanya izin Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: AP II)

Peristiwa

Bandara Soetta Cetak Kinerja Positif di Tengah Pandemi Covid-19
Ramuan herbal Banyu Urip menjadi terobosan baru sembuhkan buta warna. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Gemparkan Dunia Pengobatan, Klinik Banyu Urip Sembuhkan Buta Warna dan Bantu Penderitanya Genggam Dunia
Bimbingan teknis Kelompok Usaha Bersama (KUBE) digelar Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta di Den Nany Resto, Kamis (10/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Mantap, 10 KUBE di Kota Yogya Ini Dapat Bantuan Modal Rp23 Juta
BPBD Kota Tangerang Selatan melakukan evakuasi warga terdampak banjir menggunakan perahu karet, Sabtu (30/4/2022). Foto: BPBD Kota Tangerang Selatan

Peristiwa

Banjir Rendam 774 Rumah Warga Tangerang Selatan, Tak Ada Korban Jiwa
Ilustrasi pemungutan suara. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa bakti 2021/2022 di SMK Bhumi Phala Parakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menerapkan pemungutan suara secara elektronik atau e-voting, Selasa (7/12/2021). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ajar Berdemokrasi, Pemilihan Ketua OSIS di Sekolah Ini Pakai e-Voting