Home / Buku

Rabu, 2 November 2022 - 17:32 WIB

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Pemkab Sukoharjo Adakan Gelar Buku dan Budaya

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Gelar Buku dan Budaya pada Senin (31/10/2022) malam di Alun-alun Satya Negara. Gelar Buku dan Budaya akan berlangsung sampai 6 November 2022. Foto: MC Kab.Skh

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Gelar Buku dan Budaya pada Senin (31/10/2022) malam di Alun-alun Satya Negara. Gelar Buku dan Budaya akan berlangsung sampai 6 November 2022. Foto: MC Kab.Skh

NYATANYA.COM, Sukoharjo – Untuk meningkatkan literasi masyarakat, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo mengadakan Gelar Buku dan Budaya di Alun-alun Satya Negara.

Acara yang digelar secara gratis mulai 31 Oktober hingga 6 November 2022 ini memadukan pameran buku dengan gelar seni dan budaya dalam upaya melestarikan budaya lokal Sukoharjo.

Gelar Buku dan Budaya dibuka Bupati Sukoharjo, Etik Suryani yang juga dihadiri Wakil Bupati, Agus Santosa, pada Senin (31/10/2022) malam.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sukoharjo Sumarno mengatakan, sejumlah acara pendukung antara lain pagelaran kethoprak kolosal, pentas seni budaya, bedah buku dan workshop, dan juga lomba-lomba.

Baca juga   Pemkab Sukoharjo Targetkan Vaksinasi Capai 70% dalam Tiga Hari

Lomba yang diadakan antara lain lonba tari kreasi tradisional, lomba pildacil, lomba hafiz Quran untuk anak, lomba baca puisi.

Dalam sambutannya, Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya.

“Dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita,” katanya.

Bupati melanjutkan, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi. Namun, sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, media sosial maupun internet.

Baca juga   Kelurahan Sukoharjo Sleman Kini Punya ATM Beras

“Untuk itu saya sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan Gelar Buku dan Budaya Rakyat Sukoharjo yang dilaksanakan di tempat area publik yang mudah diakses masyarakat ini. Saya harap dengan kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai informasi tentang perpustakaan, bahan bacaan murah, hasil UMKM, budaya lokal Sukoharjo dan budaya nusantara,” ujarnya. (*/N1)

Share :

Baca Juga

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) baru saja menyerahkan 10 artikel entri ensiklopedia kearifan lokal Surabaya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Buku

Giatkan Literasi Kebudayaan, FIB Unair Serahkan 10 Naskah Entri Ensiklopedia ke Dispusip
Dedet Setiadi (kanan) dalam launching antologi puisi 'Apokalipsa Kata' dalam peringatan HUT ke-10 Sastra Bulan Purnama. (Foto:istimewa)

Buku

10 Tahun Sastra Bulan Purnama, Dedet Setiadi Launching Antologi Puisi ‘Apokalipsa Kata’
Peluncuran Buku tematik berjudul Pulih Bersama Bangkit Perkasa: Gagasan Optimis dari Indonesia untuk Kebangkitan Dunia Pasca Pandemi Covid-19. Foto: Humas Perpusnas RI

Buku

Buku “Pulih Bersama Bangkit Perkasa” Diluncurkan, Dokumentasi Manfaat Presidensi G20 Indonesia
Bunda Literasi Kota Pekalongan, Hj. Inggit Sorayam, S.Sn. saat menghadiri deklarasi 12 sekolah di bawah naungan yayasan Badan Wakaf Mahad Islam Pekalongan di SMP Mahad, Selasa (19/1/2022). (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Buku

Bunda Literasi Inggit Ajak Semua Pihak Dukung Sekolah Ramah Literasi
Setelah milenial (2019) dan pandemi (2020), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menetapkan vaksin sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2021. (Foto: Kemendikbudristek)

Buku

Badan Bahasa Tetapkan ‘Vaksin’ sebagai Kata Tahun Ini
Melaty Anggraini, Nadia Fransiska, dan Jesica Nikita Rachel. (Foto: dokumentasi pribadi)

Buku

Menyiasati Isu Lingkungan Masyarakat Eropa
Peserta pentas foto bersama usai gladi bersih di komplek Plataran Djoko Pekik, Sembungan Bantul. Foto: Istimewa

Buku

Pameran Buku dan Pentas Karya Sastra 2022 Digelar di Plataran Djoko Pekik
Pojok Baca Digital (POCADI) pertama di Bantul berada di Seloharjo, Kecamatan Pundong. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Buku

Pocadi, Perpustakaan Digital Pertama di Bantul Ada di Pundong