Home / Buku

Selasa, 28 Juni 2022 - 09:15 WIB

Tingkatkan Semangat Belajar Pada Anak Lewat Gebyar Literasi Kampung Giwangan

Untuk mengembangkan potensi dan prestasi anak di Kampung Giwangan, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogya menggelar gebyar literasi. Foto: Humas Pemkot Yogya

Untuk mengembangkan potensi dan prestasi anak di Kampung Giwangan, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogya menggelar gebyar literasi. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Untuk mengembangkan potensi dan prestasi anak di Kampung Giwangan, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogya menggelar gebyar literasi yang diselenggarakan di SMK Muhammadiyah.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq menjelaskan kegiatan ini merupakan kebanggaan bagi Kemantren Umbulharjo.

“Karena belum semua kampung menjadi kampung literasi. Gebyar Literasi Kampung Giwangan ini merupakan kegiatan yang dilakukan kedua kalinya, setelah sebelumnya dilaksanakan secara online karena pandemi,” ujarnya, Senin (27/6/2022).

Menurutnya dengan acara tersebut dapat menyiapkan generasi penerus 10 hingga 20 tahun yang akan datang.

Baca juga   Saatnya Bangkit di Masa Pandemi, Potensi Ekonomi Yogya Masih Besar

“Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan dampat positif dalam membangkitkan semangat belajar anak-anak,” bebernya.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi acara tersebut karena sangat bermanfaat untuk warga masyarakat khususnya warga Kampung Giwangan.

“Meski di tengah pandemi semangat untuk berprestasi harus tetap ada, serta kedepan potensi-potensi yang ada di wilayah harus kita gali secara bersama-sama demi Giwangan yang lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu secara terpisah, kordinator kegiatan gebyar literasi, Fajar Nur Rohmad menjelaskan meski acara digelar secara luar jaringan (luring), namun acara tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga   Literasi, Faktor Esensial dalam Upaya Membangun Masyarakat Inovatif dan Kreatif

Fajar mengungkapkan kegiatan tersebut adalah sebuah terobosan yang bisa mewadahi anak anak di Kampung Giwangan agar tetap berprestasi, dan mengeksplorasi potensi mereka.

“Potensi dan prestasi yang seakan mati suri harus tetap digali, maka diperlukan sebuah terobosan kegiatan yang bisa mewadahinya,” bebernya.

Berbagai perlombaan di gelar pada acara tersebut, seperti lomba mewarnai, menggambar, dan konten kreator.

“Lomba mewarnai diperuntukkan untuk anak tingkat PAUD, lomba menggambar di peruntukkan untuk anak tingkat SD, sementara untuk konten kreator diikuti oleh anak jenjang SMP dan SMU,” jelasnya.

(Han/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Gelar Buku dan Budaya pada Senin (31/10/2022) malam di Alun-alun Satya Negara. Gelar Buku dan Budaya akan berlangsung sampai 6 November 2022. Foto: MC Kab.Skh

Buku

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Pemkab Sukoharjo Adakan Gelar Buku dan Budaya
Buku terbaru karya I Wayan Candra Winetra dan Edhy Sutanta. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku

Ditemukan Cara Mudah Membuat Game
Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Buku

Arumi Bachsin Launching Buku ‘Aku Anak Sehat dan Kuat’
Sarasehan Jurnalistik Ramadhan 1443 H di Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang, Kecamatan Mojotengah, Kamis (14/4/2022). Foto: MC Kab.Wonosobo

Buku

Wujudkan Ponpes Hebat dan Berdaya Saing, Wabup Tekankan Santri Lebih Melek Literasi
Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten akan dikembalikan ke arsitektur aslinya bergaya kraton Surakarta dan Yogyakarta. (Foto: MC Kab Klaten)

Buku

Asyiknya Baca Buku di Perpustakaan Klaten yang Bernuansa Kraton
Nyambangi Sedulur Ngrembug Arsip, Kamis (20/10/2022). Foto: Arsip Jogja

Buku

DPAD DIY Canangkan ‘Nyambangi Sedulur Ngrembug Arsip’, Digelar Saban Kamis Wage
Sampul buku Inrocknesia; Interaksi Rock dan Manoesia. (Foto: Istimewa)

Buku

Jurnalis Musik Riki Noviana Merilis Buku Inrocknesia
Para lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1996 meluncurkan buku berjudul Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput yang mengulas sisi-sisi positif anggota Polri yang luput dari sorotan masyarakat. Foto: Ist

Buku

Lulusan Akpol 1996 Luncurkan Buku “Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput”