Home / Peristiwa

Jumat, 2 September 2022 - 11:52 WIB

Tinjau Bankeu Sarpras Olahraga, Ganjar : Jangan Dikorupsi, Kualitas Mesti Baik

Ganjar Pranowo meninjau Bankeu Sarpras kabupaten/kota di Kabupaten Wonosobo, Kamis (1/9/2022). Foto: Humas Jateng

Ganjar Pranowo meninjau Bankeu Sarpras kabupaten/kota di Kabupaten Wonosobo, Kamis (1/9/2022). Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Wonosobo – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap bantuan keuangan (bankeu) untuk revitalisasi gelanggang olahraga Mangli di Desa Kejiwan, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ia ingin ke depan muncul atlet-atlet berbakat dari warga sekitar.

“Kita memang harus lebih sering meninjau ke lapangan seperti ini, agar bisa tahu bahwa itu bermanfaat untuk rakyat. Syukur-syukur ini kan lapangan sepakbola dan kolam renang, kita harapkan muncul atlet-atlet sepakbola dan juga perenang-perenang dari warga setempat,” kata Ganjar, seusai meninjau Bankeu Sarpras kabupaten/kota di Kabupaten Wonosobo, Kamis (1/9/2022).

Ditambahkan, Gelanggang Olahraga Mangli di Desa Kejiwan mendapatkan dua kali alokasi bantuan keuangan sarana dan prasarana (sarpras) kabupaten/kota. Dua bantuan itu dialokasikan untuk revitalisasi sarana olahraga.

Di antaranya tribun lapangan beserta fasilitas kamar mandi di lapangan sepakbola senilai Rp1 miliar dari anggaran tahun 2021, dan revitalisasi kolam renang senilai Rp6,5 miliar dari anggaran 2022.

Baca juga   Bak Adegan Film, Tangkap Penyelundup Narkoba Diwarnai Aksi Kejar-kejaran di Atas Kapal dan Terjun ke Laut

“Untuk menyiapkan kolam renang yang berskala minimal nasional. Ada standar untuk bisa dipakai lomba, termasuk yang ada di lapangan sepakbola ini. Katanya di kampung ini kalau lagi event olahraga tempatnya di sini, ramai, dan orang bisa memanfaatkan,” kata Ganjar.

Terkait revitalisasi kolam renang, Ganjar dengan tegas mengingatkan kepada kontraktor, untuk menyiapkan dengan baik. Mulai dari kualitas, hingga spesifikasi sesuai dengan perencanaan.

“Saya minta jangan dikorupsi, kualitas mesti baik, sesuai dengan spek,” tegasnya.

Ganjar juga menyoroti kawasan di sekitar lokasi kolam renang. Sebab di sana terdapat sumber mata air yang bagus, bahkan sudah dimanfaatkan untuk PDAM, dan sisanya dipakai perusahaan air kemasan.

Ganjar meminta agar warga dan perusahaan menjaga dan mengonservasi sumber mata air itu, dengan menggalakkan penanaman pohon.

“Satu sumber airnya bagus, mengalir bahkan dipakai juga untuk air kemasan. Maka saya minta yang pertama area sumber mata airnya itu dikonservasi. Jadi ada satu perusahaan yang sudah membeli area itu, dan saya minta tanami dong dengan tanaman-tanaman yang bisa menjaga sumber mata air. Umpama tanaman-tanaman yang orang tidak suka memotong. Jadi kita mintakan cari tanaman yang tidak dipotong, dan itu bisa mendorong sumber mata airnya jauh lebih banyak,” bebernya.

Baca juga   Wawali Heroe Poerwadi Resmi Tutup Gelaran "Sekati YK Ing Mall"

Ketua Persatuan Sepakbola Merpati (PS Merpati) Desa Kejiwan, Heri, mengatakan klub sepakbola Desa Kejiwan merupakan salah satu yang berprestasi di Kabupaten Wonosobo.

Bantuan tribun sepakbola lengkap dengan kamar mandi dan bench pemain, diharapkan dapat memberikan suntikan semangat bagi warga.

“Di wilayah Wonosobo hanya di Desa Kejiwan ini yang memiliki dua klub yang berlaga di kompetisi liga 1 Kabupaten Wonosobo. Meskipun dari dua tim itu juga sering naik turun,” ungkapnya.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Salah satu kiat pencegahan penyakit pada mata seperti glaukoma dan katarak, yaitu pemeriksaan mata secara rutin. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Dr Yunani: Glaukoma Picu Kebutaan, Penting rutin Konsumsi Vitamin A, C dan E
Vaksinasi dilakukan Pemkab Temanggung dan BIN di Pasar Legi Parakan. Foto: MC Kab.TMG

Peristiwa

Tingkatkan Serapan, BIN Gelar Vaksinasi Berbarengan Tradisi Legen Pasar Parakan Temanggung
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom

Peristiwa

Foto: Upacara Penyambutan Air Suci
Foto: Diskominfo Klaten

Peristiwa

Antisipasi Kejahatan Siber, Diskominfo Klaten Luncurkan Klatenkab CSIRT
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Wakil Bupati Sragen Suroto, Sekda Sragen Tatag Prabawanto, Asisten Bidang Pemerintahan, serta perwakilan dari BPBD dan Dinas Sosial, berangkat ke wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, menyalurkan bantuan bagi korban erupsi, Selasa (21/12/2021). (Foto: Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Bupati Sragen Berangkat ke Lumajang Serahkan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru
Foto: Humas Bakamla RI

Peristiwa

Bakamla RI Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna Utara
Bupati Sukoharjo terjun langsung ke pasar untuk ngecek harga daging ayam dan telor. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Pedagang Sukoharjo Harap Pemerintah Turunkan Harga Daging dan Telur Ayam
Ganjar Pranowo melihat progres pembangunan SMAN Tawangmangu. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Progres Pembangunan Sudah 15 Persen, Ganjar Berharap SMAN Tawangmangu Jadi Center of Excellence