Home / News

Senin, 25 Oktober 2021 - 22:30 WIB

Tinjau Tenda Pengungsi, Kapolda Jateng Pastikan Tak Ada Kerusakan Berat Akibat Gempa Bumi

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat mengunjungki pengungsi gempa bumi di Rawa Bajul Kelurahan Pojoksari, Semarang. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat mengunjungki pengungsi gempa bumi di Rawa Bajul Kelurahan Pojoksari, Semarang. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memastikan tidak ada kerusakan harta benda yang berat, ataupun korban jiwa akibat gempa bumi yang terjadi di Ambarawa dan sekitarnya, Sabtu (23/10/2021).

“Masyarakat ke sini (tenda pengungsian) hanya trauma,” katanya kepada para wartawan usai meninjau tenda pengungsian warga di lingkungan Rawa Bajul Kelurahan Pojoksari, Senin (25/10/2021) siang.

Dijelaskan, dari delapan kecamatan yang merasakan getaran gempa, ada tiga titik yang relatif cukup kuat. Salah satunya, di Kelurahan Pojoksari. Di mana, ada sekitar 200 orang warga, termasuk 80 orang anak-anak yang memilih tinggal di tenda pengungsian.

Meskipun berdampak tidak parah, lanjut kapolda, pihaknya telah menyiapkan dapur umum yang siap digunakan untuk membantu warga yang membutuhkan.

Baca juga   Rawa Pening Performing Art 2021, Momentum Kebangkitan Pariwisata

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, pihaknya akan akan menyiapkan logistik yang dibutuhkan warga.

“Dapur umum akan didirikan dan yang memasak nantinya ibu-ibu warga setempat,” tegasnya.

Sementara itu, perwakilan BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Heri Susanto menjelaskan, sampai dengan pukul 05.00 WIB pada Senin (25/10/2021), telah terjadi 34 kali gempa bumi. Kekuatan tertinggi tercatat magnitude 3.2.

“Kami akan menempatkan alat deteksi gempa di 30 titik untuk mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya gempa lagi,” terangnya.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan sekitar 3.0 magnitudo melanda sebagian wilayah Ambarawa, Banyubiru, Jambu, dan sekitarnya. Akibat gempa bumi tersebut, dinding rumah milik puluhan warga mengalami retak. Sebagian warga yang panik memilih tidur di luar rumah.

Baca juga   Top Markotop! Akad Nikah di Klaten, Langsung Dapat KK dan KTP Baru

Data dari BPBD Kabupaten Semarang, akibat gempa yang terjadi beruntun sejak Sabtu lalu, ada 30 rumah warga yang mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Kerusakan rumah tinggal itu terjadi di Bawen, Ambarawa, Jambu, dan Banyubiru.

Selain itu ada bagian bangunan di RSUD Goenawan Mangunkusumo yang mengalami retak. Kondisi yang sama juga ditemukan di bangunan SMPN 3 Ambarawa dan Rumah Dayung Bukit Cinta Banyubiru.

Pada kesempatan itu, kapolda juga menyerahkan bantuan kepada korban gempa di tenda pengungsian. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Diskominfo Kab.Boyolali

News

Jelang Berakhirnya Penutupan, Lima Pasar Hewan di Boyolali Justru Kembali Ditutup, Ini Alasannya
Diskusi FMB9 "Sinergi Sukseskan Agenda Presidensi G20" di Jakarta pada Rabu (2/3/2022). (Foto: Ryiadhy BN/InfoPublik)

News

Mengapa Pertemuan G20 Digelar di 25 Kota yang Berbeda? Bukan Pemborosan, Ternyata Ini Alasannya
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 DIY, Minggu 15 Agustus 2021 Bertambah 1.318 Orang
Mendagri M.Tito Karnavian menghadiri rapat kerja di DPR RI, Rabu (21/9/2022. Foto: ANTARA

News

Mendagri: PPATK Temukan Kejanggalan Transaksi Keuangan Gubernur Papua
Sebanyak 404 KK terdampak banjir di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin (6/12/2021), pukul 07.00 waktu setempat. (Foto:BPBD)

News

Cuaca Ekstrem Sebabkan Banjir di Lombok Barat, 404 KK Terdampak
Tim gabungan BPBD Kota Batu bersama unsur TNI berupaya membersihkan puing potongan kayu yang terbawa banjir bandang di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (6/11/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

News

Update! Banjir Bandang Kota Batu, Tujuh Warga Meninggal Dunia
Ketua Komisi VIII (bidang keagamaan) DPR RI Yandri Susanto. (Foto: Biro Humas DPR RI)

News

DPR Dukung Fatwa Haram MUI tentang Pengemis yang Dieksploitasi
Peternak memberikan minuman jamu tradisional kepada sapi peliharaan di Peternakan Berkah Super Pedet (BSP) Farm, Desa Ciharalang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022). Antara Foto/ Adeng Bustomi

News

Sebagian Bangkit, Sebagian Lain Baru Terjangkit