Home / Peristiwa

Minggu, 29 Agustus 2021 - 14:40 WIB

Tirtonadi Jadi Percontohan Nasional Revitalisasi Terminal Tipe A di Tanah Air

Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya meninjau progres pembangunan sarana pelengkap terminal di lantai 2 berupa convention hall. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya meninjau progres pembangunan sarana pelengkap terminal di lantai 2 berupa convention hall. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Terminal Tirtonadi Surakarta menjadi percontohan nasional revitalisasi terminal tipe A. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya meninjau progres pembangunan sarana pelengkap terminal di lantai 2 berupa convention hall, sport centre dan food court, Sabtu (28/8/2021).

“Kami memastikan pembangunan Tirtonadi akan kita jadikan contoh bagaimana melakukan revitalisasi fungsi terminal. Fungsi–fungsi apa yang dikolaborasikan dengan transportasi pool atau terminal bis,” kata Budi Karya.

Menurutnya, Terminal Tirtonadi memiliki keunikan dengan adanya sky bridge atau jembatan layang yang menghubungkan dengan Stasiun Kereta Api Balapan dan terhubung dengan Bandara sehingga menjadi superhub.

Baca juga   25 Eks Napiter di Solo Jalani Vaksinasi

Sarana pelengkap berupa convention hall, food court dan sport centre diharapkan menjadi pusat kegiatan baru di Kota Surakarta dan melengkapi yang sudah ada.

Tirtonadi diharapkan menjadi contoh pengembangan terminal tipe A yang lain. Diharapkan september sarana tersebut selesai dan bisa segera digunakan.

Sementara, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengharapkan, lantai 2 Terminal Tirtonadi bisa menjadi tempat kegiatan ekonomi dan menjadi hub nya warga Kota Surakarta dan sekitarnya.

“Ketika dibuka pada bulan September nanti harapannya bisa menjadi triger percepatan ekonomi di Kota Solo. Sekali lagi, tempat–tempat seperti ini bisa mendatangkan crowd. Semoga pandemi cepat selesai dan fasilitas yang terbangun bisa dimanfaatkan secara maksimal,” Jelas Gibran.

Baca juga   Gibran Tinjau Vaksinasi Balai Muhammadiyah Surakarta

Diketahui, pembangunan sarana covention hall, food court dan sport center di lantai 2, Terminal Tirtonadi menghabiskan anggaran Rp. 48,31 milyar di atas lahan seluas total area 3,3 hektar dengan luas area pekerjaan 9.345 meter persegi.

Sebelum melakukan inspeksi ke Terminal Tirtonadi, Menhub Budi Karya meninjau Stasiun Balapan dan melewati sky bridge menuju Tirtonadi.

Selain meninjau convention hal, food court dan sport center serta fasilitas lain, Budi Karya dan Walikota Gibran memberikan bantuan secara simbolis sembako kepada para awak Terminal Tirtonadi. (*)

Share :

Baca Juga

Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun menyerahkan bantuan ponsel tersebut kepada anak-anak di Mako Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Salurkan Bantuan Ponsel untuk Anak Yatim Piatu Covid-19
Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo pantau langsung warga yang lakukan isoman. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Joko Purnomo Kunjungi Warga Isoman di Wilayah Tirtosari
Ilustrasi masyarakat sadar prokes. Memakai masker itu wajib. (Foto: Dismominfo Jateng)

Peristiwa

Demak Turun Level, Dari 4 Menjadi Level 2
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Baki patroli keliling kampung-kampung melaksanakan sosialisasi pemberlakuan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Warga Diimbau Patuhi Jam Malam Selama PPKM Darurat
Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur di Pendopo Pengabdian kompleks rumah jabatan Wali Kota Magelang, Kamis (23/9/2021). (Foto: Humas Magelang)

Peristiwa

Baznas Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Korban Covid-19 Magelang
Bupati Purworejo, Agus Bastian. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Tiadakan Salat Idul Adha di Lapangan dan Masjid
Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerima bantuan dari BNBP di Kantor BPBD. (Foto: Diskominfo Kabupaten Karanganyar)

Peristiwa

BNPB Bantu Peralatan Pasien Covid-19 di Isoter Karanganyar
Vaksinasi bagi pekerja sektor transportasi dan juru parkir dalam rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional 2021. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Harhubnas, Ratusan Juru Parkir Divaksinasi Covid-19