Home / Panggung

Sabtu, 8 Januari 2022 - 11:47 WIB

TKW Masih Jadi Isu Menarik, Kelompok Musik Tjongpick Rilis Lagu Ngatidjem

Tjongpick kembali hadir lewat lagu baru berjudul Ngatidjem. (Foto: dokumentasi)

Tjongpick kembali hadir lewat lagu baru berjudul Ngatidjem. (Foto: dokumentasi)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Setelah vakum hampir satu dekade, Tjongpick, kelompok musik keroncong alternatif asal Yogyakarta, kembali menunjukkan eksistensinya sebagai seniman musik di Indonesia dengan merilis lagu baru berjudul Ngatidjem.

Lagu ini akan dirilis secara resmi pada 11 Januari 2022 melalui channel YouTube tjongpick_official. Ngatidjem merupakan lagu yang menceritakan mengenai fenomena permasalahan Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Seperti sering diberitakan media, banyak TKW mendapatkan perilaku tidak adil dari majikan mereka. Tak sedikit pula yang mengalami kekerasan fisik maupun psikologis.

Lagu Ngatidjem mengangkat permasalahan TKW dari sisi perempuan yang berangkat menjadi pahlawan devisa, sekaligus dari sisi keluarga yang ditinggalkan di Indonesia.

Baca juga   Mural, Grafiti, dan Vandalisme. Sebuah Karya Seni yang Tiada Sekat

“Kami berharap melalui lagu Ngatidjem ini dapat diterima semua generasi. Sehingga musik keroncong bisa lestari sebagai peninggalan warisan budaya Indonesia,” ucap Seno, vokalis Tjongpick.

Tjongpick kembali hadir lewat lagu baru berjudul Ngatidjem. (Foto: dokumentasi)

Dalam pengerjaan karyanya, kelompok musik yang berdiri sejak 29 September 1999 ini, bekerjasama dengan Yayasan Rumah Kasih Sekartaji Ayuwangi (YRKSA) yang bergerak di bidang isu sosial dan kesehatan mental.

Lagu Ngaditjem dipilih sebagai simbolisasi dan bentuk suara yang dilandasi pengetahuan, cinta, keadilan, pengabdian, dan kesabaran dalam kehidupan.

“Semoga melalui karya ini, akan lahir pengetahuan dan kesadaran bagi teman-teman TKW tentang sebuah keputusan diri menjadi seorang TKW dengan beragam konsekuensinya. Juga semoga Negara mampu mengatasi isu sosial yang nyata terjadi di masyarakat ini dengan sebaik-baiknya, sebenar benarnya atas dasar sebuah kebenaran bagi keadilan, kesejahteraan bagi masyarakat ” ujar Sekartaji Ayuwangi, pendiri YRKSA.

Baca juga   Ini Dia Pemenang Festival Film Antikorupsi 2021, Siapa Tau Kamu Salah Satunya

Setelah Tjongpick merilis video Ngatidjem, yayasan juga berencana akan membuka pelayanan untuk kesehatan mental gratis bagi TKW. Harapannya, layanan ini akan membawa dampak baik bagi masyarakat, dan isu TKW semakin mendapat perhatian negara maupun pihak-pihak lain.

(*/Aja)

Share :

Baca Juga

Kartun Mikhail Zlatkovsky dari Russia yang memenangi lomba "International Semarang Cartoon Festival 2021". (Foto: Gold Pencil)

Panggung

Di Festival HAM, Ganjar Puji Keterlibatan Penyandang Disabilitas dan Perempuan
Tedy Wong. Foto: nyatanya.com/istimewa

Panggung

Tedy Wong Rilis Single Durung Siap Loro
FDJ Emily Young. (Foto:nyatanya.com/YouTube Rumah Musik Kita)

Panggung

FDJ Family Young dan Dara Ayu Kompak Daur Ulang ‘Alun Alun Nganjuk’
Denny Caknan dan Ndarboy Genk. (Foto: YouTube DC Production)

Panggung

Denny Caknan dan Ndarboy Genk Kenalkan ‘Ojo Nangis’
Seorang pengunjung melihat salah satu karya lukisan yang dipamerkan di MayinArt Gallery. Pameran bertajuk “If Walls Could Speak #2 – Seri Jogja” berlangsung 31 Oktober – 30 November 2021. (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Launching MayinArt Gallery, 22 Perupa Pameran “If Walls Could Speak #2 – Seri Jogja”
Seniman Cokekan Gentayangan Cawas usai produksi konten YouTube. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Klaten)

Panggung

Sepi Job, Seniman Cokekan Gentayangan Cawas Rambah YouTube
Malam peanugerahan pemenang lomba film pendek dan foto yang digelar di Pendapa Kabupaten Klaten, Selasa (27/10/2021) malam. (Foto:Diskominfo Klaten)

Panggung

“Agen Rahasia” Raih Juara Film Pendek Stop Cukai Rokok Ilegal 2021
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat jumpa pers Jogja Cross Culture di Balai Kota Jumat (5/11/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Masih Pandemi, Jogja Cross Culture Digelar Daring 10 November 2021