Home / Militer

Senin, 25 Juli 2022 - 21:02 WIB

TNI AL Berhasil Evakuasi ABK Kapal Tenggelam di Selat Durian

Foto: Dispenal

Foto: Dispenal

NYATANYA.COM, Karimun – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang berhasil mengevakuasi Anak Buah kapal (ABK) Tug Boat (TG) Dzakiyyah Marine 99 yang tenggelam karena cuaca buruk dan mengalami kebocoran di perairan Selat Durian, Kabupaten Karimun, Sabtu (23/7/2022).

Dalam keterangan resmi Dispenal, mengungkapkan, kejadian berawal saat Lanal Tanjung Balai Karimum (TBK) menerima informasi bahwa telah terjadi kecelakaan di laut (laka laut) yakni TB Dzakiyyah Marine 99 yang saat itu hanyut di sekitar perairan pulau Rupat dengan kondisi daya apung 20 persen.

Menindaklanjuti laporan tersebut, tim SAR TNI AL Lanal TBK segera melaporkan ke komando atas dan melakukan koordinasi dengan Basarnas untuk melaksanakan evakuasi terhadap korban kapal tenggelam tersebut.

Baca juga   Wujudkan Zero Accident, KRI Karel Satsuit Tubun-356 Gelar Latihan Penaggulangan Bahaya Kebocoran

Kemudian dikirimkan Sea Rider dari Tanjung Balai Karimun menuju lokasi kejadian laka laut untuk melakukan Search And Rescue (SAR).

Dalam pelaksanaannya, tim SAR berhasil mengevakuasi 7 orang ABK Dzakiyyah Marine 99 dari MV Tanto Bersinar dalam keadaan selamat.

Namun kapal dan seluruh muatan sudah tidak dapat diselamatkan lagi dikarenakan sudah tenggelam, selanjutnya Sea Raider yang membawa korban kembali menuju ke Lanal TBK untuk dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim kesehatan beserta tim karantina Kesehatan serta mendata para ABK yang menjadi korban laka laut.

Baca juga   70 Prajurit TNI AL Berprestasi Tiba di Tanah Air Usai Umroh

Pihak TNI AL juga telah berkoordinasi dengan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) untuk melakukan broadcasting serta pihak owner juga akan menurunkan armadanya untuk melaksanakan evakuasi guna mengamankan alur pelayaran.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono diberbagai kesempatan telah memerintahkan prajuritnya untuk berperan aktif secara profesional, bergerak cepat dalam mendukung kegiatan atau membantu saat ada kejadian yang membuat penderitaan bagi rakyat sebagai salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sehingga keberadaan prajurit TNI AL akan bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Peduli Kesejahteraan Warga, Satgas Yonarmed 1 Kostrad Bantu Mengolah Sagu di Negeri Laha
Personil Pos Iwur Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista gotong royong memangkas padang rumput menjadi sarana olah raga lapangan sepak bola bersama masyarakat. (Foto: Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Sambut HUT RI, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bikin Lapangan Sepak Bola Masyarakat di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Danrem 072/Pamungkas Dampingi Kunjungan Kerja Panglima TNI di Gunungkidul. (Foto: dokumentasi Penrem 072)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Dampingi Kunjungan Kerja Panglima TNI di Gunungkidul

Militer

Danrem 072/Pamungkas Pimpin Upacara Pengukuhan Paskibraka DIY
Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han) meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di Sidoarjo. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Militer

Hari Kedua Serbuan Vaksinasi TNI AL Sasar Ribuan Warga Sidoarjo

Militer

Danrem 072/Pamungkas Dampingi Kasad Resmikan Gedung Makodim 0709/Kebumen
Brigjend TNI Ibnu Bintang Setiawan. (Foto: Agoes Jumianto)

Militer

Pindah Tugas, Danrem 072/Pamungkas Pamitan Gubernur
Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo memberi pengarahan kepada seluruh prajurit Yonif Mekanik 403/WP di lapangan depan Mako Yonmek 403/WP Kentungan, Senin (11/7/2022). Foto: Penrem 072/Pmk

Militer

Ini Pengarahan Kasrem 072/Pamungkas kepada Prajurit Yonmek 403/WP