Home / Militer

Sabtu, 8 Januari 2022 - 12:18 WIB

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Pekerja Migran Ilegal di Sungai Asahan

TNI AL Tanjung Balai Asahan (TBA) berhasil menggagalkan penyelundupan dan mengamankan kapal tanpa nama yang membawa 52 Pekerja Migran Indoqnesia (PMI) ilegal tanpa dilengkapi dokumen dengan tujuan Malaysia di sekitar Muara Sungai Asahan, Jumat (7/1/2021). (Foto: Dispenal)

TNI AL Tanjung Balai Asahan (TBA) berhasil menggagalkan penyelundupan dan mengamankan kapal tanpa nama yang membawa 52 Pekerja Migran Indoqnesia (PMI) ilegal tanpa dilengkapi dokumen dengan tujuan Malaysia di sekitar Muara Sungai Asahan, Jumat (7/1/2021). (Foto: Dispenal)

NYATANYA.COM, Asahan – Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL/Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA) berhasil menggagalkan penyelundupan dan mengamankan kapal tanpa nama yang membawa 52 Pekerja Migran Indoqnesia (PMI) ilegal tanpa dilengkapi dokumen dengan tujuan Malaysia di sekitar Muara Sungai Asahan, Jumat (7/1/2021).

Menurut keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), mengungkapkan kronologi singkat kejadian pada Kamis (6/1/2022) sekira pukul 22.30 WIB Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory telah mendapatkan informasi bahwa akan ada pengiriman PMI yang akan keluar dengan tujuan Malaysia.

Selanjutnya pada pukul 23.00 WIB, Danlanal TBA segera memerintahkan Tim Patroli Kamla dan Unit Intel dipimpin oleh Danunit Intel untuk melaksanakan patroli dan penelusuran dengan menggunakan Sea Rider di sekitaran Kualuh Bagan dan Tanjung Si Api-api, Muara Sungai Asahan.

Baca juga   TMMD Reguler 112 Buka Akses Antar Desa Menuju Ketep Pass

Pada pukul 00.05 WIB, pada koordinat 3 3’ 711”U – 99 52’ 408 “ T patroli Lanal TBA telah menemukan kapal tanpa nama diperkirakan GT 5 berlayar tanpa dilengkapi dokumen yang bermuatan diduga PMI Ilegal lebih kurang sebanyak 53 orang terdiri dari laki-laki 34 orang, perempuan 17 orang dan balita perempuan berusia 22 bulan dan 1 orang sebagai tekong/nahkoda kapal.

Kemudian kapal tanpa nama tersebut pada pukul 00.14 WIB dibawa menuju Posmat Bagan Asahan untuk dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut. Karena kondisi air sedang Surut, Kapal Tanpa Nama GT. 5 pengangkut PMI ilegal saat ini masih lego di depan Posmat Bagan Asahan dengan diawasi oleh tim Patroli Kamla.

Baca juga   TNI AL Akan Wujudkan RS Dr Oepomo Kelas B

Selanjutnya pada pukul 03.30 WIB diadakan pendataan identitas penumpang. Sementara didapatkan data, nama Nahkoda Junaidi Munte (L) berumur 39 tahun beralamat di Kota Tanjungbalai dan pemilik kapal bernama Nani (Pr) yang beralamat di Pematang, Kabupaten Asahan. Direncanakan hari ini akan diserahkan kepada kepolisian untuk diadakan penyelidikan lebih lanjut.

Hal tersebut sesuai penegasan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bahwa TNI AL berkomitmen untuk terus menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional termasuk terhadap segala bentuk penyelundupan tanpa pandang bulu.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: Dispenal

Militer

Satgas TNI AL Peduli Cianjur Temukan Lagi Warga yang Hilang
TNI AL dan pimpinan Angkatan Laut negara-negara di wilayah Samudera Hindia sepakat untuk menjaga stabilitas kawasan. (Foto: Dok.Dispenal)

Militer

Pimpinan AL Wilayah Samudera Hindia Sepakat Jaga Stabilitas Kawasan
Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M melepas keberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Provinsi Papua dan Papua Barat, Jumat (31/3/2023). Foto: Puspen TNI

Militer

Panglima TNI Lepas Keberangkatan Yonif 721/Makassau dan Yonif 623/Bhakti Wira Utama Laksanakan Tugas Operasi Pamtas RI-PNG
Prajurit 512/QY berikan Alkitab kepad jemaat gereja di Papua. (Foto: Penerangan Yonif 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Bagikan Alkitab di Gereja Perbatasan RI-PNG
Warga dan prajurit Satgas tetap semangat meski cuaca cukup panas. .(Foto: Pendim0732/Sleman)

Militer

Cuaca Ekstrem Tak Menyurutkan Semangat Sukseskan TMMD Reguler Kodim Sleman
Wisuda Purnawira Prajurit Korem 072/Pamungkas. Foto: Penrem 072/PMK

Militer

Danrem Puji Cahyono Pimpin Wisuda Purnawira Prajurit Korem 072/Pamungkas
Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Undang Instansi Samping, Bakamla RI Gelar Harmonisasi Rencana Patroli Nasional 2023
Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto membuka kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan II TA 2022 di Aula Amarta, Makodim 0734/Kota Yogyakarta, Rabu (18/5/2022). Foto: Pendim 0734

Militer

Dandim 0734/Kota Yogyakarta: Pembinaan Mitra Karib, Upaya Mewujudkan dan Perkokoh Kemanunggalan TNI – Rakyat