Home / Militer

Rabu, 5 Januari 2022 - 23:40 WIB

TNI Lumajang Beri Pendampingan Warga Membuat Batako untuk Huntara

TNI memberikan pendampingan serta bimbingan bagi warga setempat dalam pembuatan batako. Nantinya, batako ini akan digunakan sebagai bahan bangunan hunian sementara (huntara) di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (5/1/2022). (Foto: MC Kab. Lumajang/Pendim 0821)

TNI memberikan pendampingan serta bimbingan bagi warga setempat dalam pembuatan batako. Nantinya, batako ini akan digunakan sebagai bahan bangunan hunian sementara (huntara) di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (5/1/2022). (Foto: MC Kab. Lumajang/Pendim 0821)

NYATANYA.COM, Lumajang – Sisi mendasar dalam penanganan bencana Erupsi Gunung Semeru dilakukan oleh personel TNI, dengan memberikan pendampingan serta bimbingan bagi warga setempat dalam pembuatan batako.

Nantinya, batako ini akan digunakan sebagai bahan bangunan hunian sementara (huntara) di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (5/1/2022).

Danramil 0821/09 Candipuro Kapten Inf Anwar Suprihatin saat kegiatan tersebut menerangkan, bahwa pendampingan dilakukan secara seksama sehingga warga terdampak erupsi Semeru dapat mandiri, dan jika diperkuat maka secara tidak langsung akan menjadi pondasi kehidupan.

Baca juga   Bakamla RI Bangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

“Sisi mendasar, kami dapati di sini warga setempat, piawai dalam pembuatan batako. Di mana batako tentu akan jadi bahan bangunan hunian sementara, kami tempatkan kemampuan warga itu sendiri, pada porsi yang sesuai, harapannya nanti akan berkelanjutan hingga pembangunan usai dan menjadi pendorong bangkitnya perekonomian pasca musibah,” terang dia.

Dirinya berharap, pendampingan tersebut akan dapat berdampak baik, salah satunya sisi kesigapan kemandirian sebagai penunjang perekonomian warga terdampak, saat melangsungkan hidup pasca bencana.

Menurutnya, meskipun menggunakan peralatan yang sederhana, namun warga semangat dan mampu menghasilkan batako yang bisa dikatakan mapan, sesuai dengan jenis batako yang diperlukan dalam sebuah bangunan.

Baca juga   Pemkot Yogya Kirimkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

“Di sini kami simak, banyak sendi-sendi penopang kehidupan di tengah terjadinya bencana. Oleh karena itu kami petakan, satu persatu akan kami angkat. Sehingga pemulihan-pemulihan pasca bencana benar-benar maksimal,” ungkapnya.

Anwar juga memastikan, bahwa pihaknya akan terus terlibat dalam penanganan hingga benar-benar usai. Secara maksimal, sisi penopang kehidupan akan terus ia dorong, terlebih berkaitan dengan sisi hidup dalam jangka panjang ke depan.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Tim Wasev Itdam IV/Diponegoro berkunjung di lokasi TMMD Kodim Sleman. (Foto: Pendim 0732/Sleman)

Militer

Tim Wasev Itdam IV/Diponegoro Kunjungi TMMD Kodim Sleman
KN Singa Laut-402 saat melakukan penyelamatan kapal nelayan yang terombang-ambing di Selat Makassar pada Kamis 30 Maret 2023. (Foto: Humas Bakamla RI)

Militer

Bakamla RI Selamatkan Nelayan yang Terombang-ambung di Selat Makassar karena Patah As dan Mesin Mati
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Begini Sinergitas Aparat TNI/Polri dan Distrik Mimika Timur Berantas Miras Guna Selamatkan Generasi Muda
Prajurit Yonmek 403/WP bersama warga panen kacang panjang. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonmek 403/WP Panen Kacang Panjang Bersama Warga Perbatasan RI-PNG
Foto: Pen Denzipur 11/MA

Militer

Recruitment Satgas Kizi TNI Konga XX-T Monusco/Kongo TA 2022 di Denzipur 11/MA Dibuka
Pengerjaan saluran instalasi pipa air bersih yang dikerjakan secara maraton di lingkungan pemukiman dan asrama Korem 174/ATW, Kamis (14/7/2022). Foto: Penrem 174 Merauke

Militer

Ini Upaya Danrem 174 Merauke Atasi Kebutuhan Air Bersih Warga Makorem
Foto: Babinsa Gunungketur

Militer

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gunungketur Razia Geledah di Lapas IIA Yogya, Ini Hasilnya
Letnan Kolonel Arh Burhan Fajari Arfian, S.Sos mengawali tugasnya dengan memberikan Jam Komandan Perdana kepada seluruh prajurit dan PNS Kodim 0734/Kota Yogyakarta. Foto: Pendim 0734

Militer

Beri Jam Komandan Perdana, Dandim 0734/Kota Yogyakarta Ingatkan Prajuritnya Tetap Kompak