Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 11:34 WIB

TNI-Polri Terjunkan 1.377 Personel Amankan PON Klaster Mimika

Mediodecci Lustarini dan Kasubag BIN OPS Polres Mimika AKP Ahmad Dahlan saat jumpa pers di Media Center PON XX Papua klaster Mimika Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Foto:infopublik)

Mediodecci Lustarini dan Kasubag BIN OPS Polres Mimika AKP Ahmad Dahlan saat jumpa pers di Media Center PON XX Papua klaster Mimika Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Foto:infopublik)

NYATANYA.COM, Mimika – Untuk mengamankan perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Klaster Mimika selama acara berlangsung, Polri dan TNI menerjunkan sebanyak 1.377 personel gabungan. Terdiri dari anggota Polri dari Polres Mimika 977 personel. Kemudian, TNI dari Kodim Mimika menerjunkan sekitar 400 personel. Semuanya disebar di berbagai titik startegis yang memiliki kerawanan cukup tinggi.

“Sebanyak 977 itu dari Brimob dan Polres Mimika jika ditambah lagi dengan teman-teman dari TNI itu 400 personel,” ujar Kasubag BIN OPS Polres Mimika AKP Ahmad Dahlan di Media Center PON XX Papua klaster Mimika milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu (29/9/2021).

Jumlah pengamanan tersebut, lanjut dia, akan disebar ke venue olahraga yang menyelenggarakan gelaran PON Papua klaster Mimika. Anggota Polres yang menjaga akan dilakukan selama 24 jam, demi memastikan kelancaran ajang PON XX Papua yang berada di sana.

Kemudian, ada sembilan titik rawan yang tersebar dari Polres Mimika. Tempat-tempat itu, antara lain di pos Mal Diana, pos Gorong-Gorong, pos Nawaripi, Timika Mal, pos Irigasi dan lain sebagainya.

Baca juga   Biliar Jateng Persembahkan Emas, Ganjar: Saya Sudah Punya Firasat

Strategi pengamanan yang dilakukan oleh Polres Mimika, berlandaskan kajian yang dilakukan secara mendalam dengan mempertimbangkan berbagai indikator penyebab tindakan kejahatan. Sehingga, pelaksanaan pengamanan yang dilakukan dapat diatur secara proporsional sesuai dengan jumlah anggota.

“Sudah kita petakan sesuai dengan kondisi di lapangan,” katanya.

Setiap penanganan yang dilakukan, lanjut dia, akan memegang teguh instruksi Kapolri yakni senyum, sapa, dan salam. Ketiga hal ini akan dipegang teguh oleh setiap anggota Polri yang bertugas menjaga setiap titik-titik yang rawan akan kejahatan dalam beberapa waktu ke depan.

Lalu, pihaknya juga mengerahkan, anggota Polres yang menggunakan pakaian bebas yang bertugas khusus pengamanan dalam lokasi pertandingan. Agar, dapat membuat kesan dekat dengan masyarakat yang berada di sekitar.

“Kami juga menurunkan tim yang menggunakan pakaian bebas,” katanya.

Dia mengimbau, setiap masyarakat jangan ragu melaporkan berbagai keluhan terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Masyarakat dapat menghubung telpon pelayanan polisi di nomor 110, apabila masyarakat mengalami kejadian di atas.

Baca juga   204 Warga Magelang Sembuh dari Covid-19

Pihaknya, akan segera menindak lanjuti, dengan cara menerjunkan personil langsung ke lokasi terjadinya keluhan masyarakat tersebut. “Bisa menghubungi nomor telpon 110, apabila terjadi gangguan Kamtibmas,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Media Center Klaster Mimika Kementerian Kominfo Mediodecci Lustarini mengatakan, Kementerian Kominfo siap mendukung PON XX Papua klaster Mimika dengan menyediakan media center yang diperuntukkan bagi wartawan atau jurnalis. Sehingga, para jurnalis dapat membuat reportase terkait ajang di atas melalui Media Center yang telah disediakan.

Fasilitas Media Center yang dimiliki Kominfo dapat mendukung para jurnalis dalam menjalankan tugasnya. Karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti komputer, layar besar untuk menyaksikan pertandingan, dan konsumsi makanan khusus awak media.

“Kominfo mendukung para jurnalis yang meliput ajang PON XX Papua,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

PPKM Masih Diperpanjang, Hari Ini DIY Tambah 237 Kasus Positif Covid-19
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Bertambah 1.808 Orang
Jalan Pasar Kembang Yogyakarta yang lengang selama selama PPKM Darurat diterapkan. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

Tiga Hari PPKM Darurat, Mobilitas DIY Turun 13-15%
Bupati Sri Mulyani mengatakan program Desa Tuntas Vaksinasi menjadi upaya percepatan membangun kekebalan masyarakat. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Percepat “Herd Immunity”, Klaten Luncurkan Program Desa Tuntas Vaksinasi
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga. (Foto: Kemen PPPA)

News

Menteri PPPA Berharap Oknum Kapolsek Parigi Moutong Diberi Sanksi Berat
vaksinasi di pondok pesantren adalah bagian dari menyambut pelaksanaan pembelajaran tatap muka. (Foto: Humas Jateng)

News

Pemprov Salurkan 5.000 Dosis Vaksin untuk Ponpes di Jateng
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menabuh gong menandai peresmian Logo HUT Ke-265 Kota Jogja. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

“Tanggap Tanggon Tuwuh”, Logo HUT Ke-265 Kota Jogja Diluncurkan
Closing Ceremony PON XX Papua 2021 15 Oktober 2021 (IG @subpbponkotajapura)

News

Bertabur Bintang Top Meriahkan Panggung Penutupan PON XX Papua