Home / News

Kamis, 28 April 2022 - 01:45 WIB

Tok! Mulai Hari Ini Ekspor CPO dan Produk Turunannya Resmi Dilarang

Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, kembali menegaskan bahwa pemerintah memutuskan melarang ekspor untuk semua produk sawit.

“Baik minyak kelapa sawit (CPO), dan turunannya termasuk RPO, RBD Palm Olein, POME, dan used-cooking oil. Itu seluruhnya sudah tercakup di dalam Peraturan Menteri Perdagangan dan akan diberlakukan pada malam hari ini, Kamis (28/4/2022) jam 00.00 WIB,” jelas Airlangga dalam keterangan pers, Rabu (27/04/2022).

Airlangga mengatakan, hal itu sesuai dengan apa yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden bahwa ini akan berlaku tanggal 28 April 2022 atau malam ini jam 00.00 WIB.

Baca juga   Hari Ini Yogya Tambah 783 Kasus, Total Menjadi 56.246 Kasus

“Sekali lagi Bapak Presiden memperhatikan kepentingan masyarakat dan Bapak Presiden kembali berkomitmen bahwa rakyat Indonesia adalah prioritas utama dari kebijakan-kebijakan pemerintah,” ujar Airlangga.

Airlangga menambahkan, kebijakan ini memastikan bahwa produksi CPO dapat diidentifikasikan seluruhnya untuk ketersediaan minyak goreng curah dan harganya Rp14.000 per liter terutama di pasar-pasar tradisional, dan untuk kebutuhan UMK.

“Kebijakan tersebut akan berlaku, sekali lagi ditegaskan 28 April 2022, yaitu malam ini pukul 24.00 WIB dan kebijakan ini akan berlaku sampai harga minyak curah bisa dicapai di harga Rp14.000 per liter. Terkait dengan pelaksanaan dan implementasi kebijakan tersebut, tetap sama dengan yang disampaikan kemarin, yaitu pengawasan larangan ekspor dilakukan oleh Bea Cukai, dan untuk pelaksanaan distribusi hasil CPO dan produk turunannya tentu kalau ada pelanggaran akan ditindak tegas. Satgas pangan, Bea Cukai, Kepolisian akan terus mengawasi. Demikian juga dengan Kementerian Perdagangan. Demikian penjelasan ini, semoga dengan penjelasan ini seluruh pihak yang terkait menjadi paham,” pungkas Airlangga.

Baca juga   Pemkot, UNS, dan Bank Jateng Bawa Produk UMKM Solo Ekspor ke Paris

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo meninjau Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (5/10/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Minta Tata Kelola Persepakbolaan Dibenahi Secara Menyeluruh
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam acara peresmian Gedung Tower Ki Hajar Dewantara dan Dies Natalis ke-46 Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jumat (11/3/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Dampingi Jokowi Resmikan Tower Ki Hajar Dewantara UNS, Ganjar Gaungkan Toleransi dan Pancasila
Dinsos PMD Wonosobo menyerahkan bantuan dana asistensi dan paket sembako kepada penerima manfaat di wilayahnya. (Foto: Diskominfo Kabupaten Wonosobo)

News

Data Bermasalah, 42.000 Peserta Bebas Iuran BPJS Wonosobo Dinonaktifkan
Kondisi rumah warga saat banjir landa Jember pada Kamis (20/1/2022). (Foto: BPBD Kab. Jember)

News

Banjir Kembali Landa Jember, Kini Meluas Hingga Lima Kecamatan
Presiden Joko Widodo. (Foto: Lukas-Biro Pers Sekretariat Presiden)

News

Presiden: PON Papua, Panggung Kesetaraan untuk Maju Bersama
Pemkot Yogyakarta akan memberlakukan tarif retribusi pasar sebesar 50 persen bagi pedagang Pasar Sentul. (Foto: Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Berlakukan Retribusi 50 Persen bagi Pedagang Pasar Sentul di Shelter Babaran
Danrem memimpin sertijab sejumlah pejabat militer di Makorem Pamungkas. (Foto: istimewa)

News

Danrem Pimpin Upacara Sertijab Pejabat Korem 072/Pamungkas
Sebanyak 6.000 santri di bawah Yayasan Syubbanul Wathon sudah divaksinasi Covid-19 melalui program Vaksinasi Merdeka Candi yang digelar Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Ribuan Santri Ponpes Syubbanul Wathon Divaksinasi Covid-19