Home / Plus

Rabu, 29 Mei 2024 - 16:43 WIB

Tokoh PKB Sleman, H Sukamto Kembalikan Formulir ke PDIP Sleman

H Sukamto (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Sleman diterima Sekretariat DPC PDIP Sleman, Gustan Ganda. (Foto: Ning Sih)

H Sukamto (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Sleman diterima Sekretariat DPC PDIP Sleman, Gustan Ganda. (Foto: Ning Sih)

NYATANYA.COM, Sleman – Tokoh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sleman, H Sukamto SH mengembalikan berkas formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sleman.

Anggota DPR RI dapil DIY ini, bersama rombongan datang ke kantor DPC PDIP Sleman, Jalan Merbabu, Tridadi, Sleman, Rabu (29/5/2024) sekitar jam 10.00 WIB.

Mereka diterima Sekretariat DPC PDIP Sleman Gustan Ganda, Wakil Ketua Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Dr HM Iwan Setiawan SH MHum dan Wakil Ketua Rinung Sunarsa.

Pada kesempatan itu, Gustan Ganda menyampaikan bahwa Sukamto mengembalikan berkas pendaftaran berbeda dengan pendaftar sebelumnya.

Dalam kolom posisi atau jabatan, Sukamto tidak memilih secara tegas apakah posisi bupati atau wakil bupati.

“Di kolom posisi jabatan, pak Kamto tidak melingkari atau mencoret salah satu. Alasannya kenapa, silakan nanti tanyakan sendiri kepada yang bersangkutan,” kata Ganda.

Baca juga   Komplotan Curanmor Spesialis Rumah Kos Digulung Polda DIY, Pelaku Sudah Gasak 12 Motor

Diakui, DPC PDIP Sleman tidak mewajibkan pendaftar untuk memilih salah satu posisi kepala daerah.

Artinya, apabila tidak memilih, maka pendaftar telah menyerahkan dan mempercayakan sepenuhnya keputusan partai khususnya DPP PDIP.

Ditegaskan, menjelang ditutupnya masa pendaftaran yang dilakukan PDIP Sleman yaitu 31 Mei 2024, peta politik pada Pilkada 2024 sudah mulai terlihat mengerucut.

Sebelumnya, pendaftar mengembalikan formulir dengan jabatan bupati, kini posisi wakil bupati mulai dilirik.

“Informasi yang diterima DPC Sleman, Ketua DPRD Sleman, Haris Sugiharta, besok (Kamis, 30 Mei 2024) juga akan mengembalikan formulir posisi wakil bupati,” imbuhnya.

Usai menyerahkan berkas pendaftaran, H Sukamto menegaskan bahwa niatnya maju dalam bursa Pilkada Sleman 2024 karena Sleman dinilai memiliki potensi alam yang sangat besar. Sayangnya, keberadaannya belum digali maksimal.

“Saya lahir dan besar di Kabupaten Sragen. Tetapi di Sleman sudah sejak 1966. Jadi saya paham betul seluk beluk Sleman,” ungkapnya.

Baca juga   Setelah Off 2 Tahun, Ramadan Great Sale 2022 Kembali Digelar Pemkab Sleman

Sukamto menyampaikan, selain potensi alam, peningkatan ekonomi masyarakat juga menjadi program utama jika mendapat amanah rakyat untuk memimpin Sleman.

Dicontohkan, lokasi obyek wisata di sekitar Kaliurang sampai saat ini belum tergarap maksimal.

Di lokasi itu, perlu pembenahan dan dikelola lebih baik agar menjadi destinasi unggulan, kunjungan wisatawan juga lebih banyak. Dampaknya, perekonomian masyarakat sekitar juga akan meningkat.

“Tokoh masyarakat seperti RT dan RW juga perlu diperhatikan. Mereka harus mempunyai gaji atau honor setiap bulan. Seberapapun nilainya,” ujarnya.

Ketika disinggung partai yang telah didaftar, dia menyampaikan, terdapat empat partai, yaitu PKB, Golkar, Gerindra dan PDIP.

Dari keempat partai tersebut, Sukamto tidak merinci posisi atau jabatan yang dipilih, apakah bupati atau wakil bupati.

“PDIP adalah partai besar, partai pemenang. Maka, saya tidak memilih salah satu posisi jabatan. Saya serahkan sepenuhnya kepada DPP,” pungkasnya. (N3)

Share :

Baca Juga

Widhi Haryanti, bersyukur atas manfaat yang diterimanya usai ikut Lapak Ganjar. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Bu Widhi Bersyukur, Penjualan Lumpianya Laris Manis Setelah Ikut Lapak Ganjar
Creative Sharing 'Esensi Branding dalam Membangun Usaha' bersama praktisi, Reno Abdurrahman. Foto: Dok.DKV ISI Surakarta

Plus

15 Pelaku UMKM Peroleh Materi Branding dalam Creative Sharing Pra Event DKVACT#8
Christanti Handayani Zaenal Arifin saat mendampingi putranya pada kelulusan SMA Taruna Nusantara angkatan Ke-30 di Gedung Balirung. (Foto: Ist/beritamagelang)

Plus

Angkatan Ke-30 SMA Taruna Nusantara Lulus 100 Persen
Komite sekolah SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta saat memperingati Hari Guru. Foto: Ist

Plus

Komite SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta Peringati Hari Guru, Begini Keseruannya
Workshop Manajemen Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan E-Warong, yang digelar oleh Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta di Hotel Tasneem, Rabu (9/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Kota Yogya Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui E-Warong dan KUBE
Dinperinkop UKM Kota Yogyakarta kembali melaunching sentra IKM untuk Kemantren Kraton, Danurejan, dan Mergangsan. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Produk Sentra IKM Kota Yogya Targetkan Pasar Ekspor
Nikah Bareng Pitulasan yang digelar Forum Ta’aruf Indonesia (Fortais) dan Karang Taruna Malangan Giwangan pada Minggu (7/8/2022) itu diikuti 4 pasangan. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Nikah Bareng Pitulasan Meriahkan HUT ke-77 RI Bersama Monika dan Puspita
Kegiatan pelatihan pembuatan Iket Jingkengan digelar di Pendopo TIC Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Plus

Disparpora Kenalkan “Iket Jingkengan” Khas Magelang Lewat Pelatihan