Home / Peristiwa

Rabu, 16 Februari 2022 - 11:50 WIB

Tol Bawen-Yogyakarta Diharapkan Makin Dongkrak Wisata Kabupaten Semarang

Konsultasi Publik Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta di Desa Bedono, Selasa (15/2/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Konsultasi Publik Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta di Desa Bedono, Selasa (15/2/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Pemerintah Kabupaten Semarang menyambut baik hadirnya tol penghubung Bawen-Yogyakarta. Dengan jalan bebas hambatan ini, diharapkan ikut mendongkrak wisata lokal, seperti Gedong Songo, Rawa Pening dan Ambarawa, serta, mempromosikan produk UMKM lokal.

Staf Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Semarang Zaenal Arifin mengatakan, wilayahnya telah menikmati manfaat dari tol Solo-Semarang. Dengan hadirnya tol Yogyakarta-Bawen, ia berharap semakin memeratakan perekonomian.

“Kami berada di simpang emas Bawen-Solo ada tol, dan sudah beroperasi. Kini Bawen-Yogya juga akan ada tol, sehingga pemkab memiliki potensi luas untuk mengembangkan perekonomian dan perkembangan wisata,” tuturnya, seusai konsultasi publik di Desa Bedono, Selasa (15/2/2022).

Baca juga   Pertama Kali di Wonosobo, Disperkimhub Terpitkan PAS Sungai dan Danau

Zaenal menyebut, pada tol ruas Bawen-Yogyakarta akan melewati setidaknya tiga kecamatan dan 14 desa. Warga yang terimbas sekitar 2.500 orang.

“Kami tadi juga mewanti-wanti, pemerintah dari desa hingga pemkab adalah pendamping warga. Jika ada kesulitan terkait tanah, batas-batas sampai administrasi, kami siap mendampingi,” paparnya.

Selain itu, Zaenal berharap agar pengembangan tol tersebut berimbas baik bagi wisata di Kabupaten Semarang.

“Kita punya Rawa Pening, Gedong Songo, Benteng Willem, Bandungan dan Ambarawa. Sehingga selain Borobudur sebagai yang utama, Semarang sebagai penyangga. Untuk perekonomian, kami akan partnerkan produk lokal ke Rest Area,” urainya.

Baca juga   Ganjar Pranowo: Masyarakat dan Pengusaha Jangan Takut Bayar Pajak

Kabid Pertanahan Disperakim Provinsi Jawa Tengah Endro Hudiyono mengatakan, pihaknya terus mengawal proses persiapan hingga terbitnya penetapan lokasi (penlok). Ia berharap, masyarakat aktif dan bisa mengikuti setiap proses dengan baik.

“Ini merupakan langkah awal, kulanuwun. Setelah di Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung kini di Kabupaten Semarang. Besar harapan kami, pengadaan tanah untuk proses ini berlangsung sejuk, dan masyarakat memahami niat baik pemerintah,” pungkas Endro.

(N1)

Share :

Baca Juga

Petugas Satbinmas Polres Magelang saat bagi sembako pada warga dalam rangka HUT Bhayangkara. (Foto:nyatanya.com/Polres Magelang)

Peristiwa

Baksos Bhayangkara Polres Magelang Bagikan 2 Ton Beras
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi secara simbolis memberikan bantuan dari BAZNAS Kota Yogyakarta untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

BAZNAS Kota Yogya Salurkan Bantuan “Kita Jaga Usaha”
Perwakilan kedua kampus memberikan kenang-kenangan sovenir dalam kunjungan. (Foto: istimewa)

Peristiwa

PBI UKDW Sambut Hangat Rombongan dari UPY
Warga antusias mengikuti vaksinasi yang digelar Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

‘Jogja Merdeka Vaksin’ Upaya Pemkot Lindungi Warganya
Kongres Anak Batang IV yang digelar Forum Anak Batang di Wisata Agro Selopajang Timur, Kecamatan Blado Kabupaten Batang Jawa Tengah, Sabtu (19/2/2022). (Foto:MC Batang)

Peristiwa

Kongres Anak Batang IV Soroti Perkawinan dan Pekerja Anak
Gubernur DIY dan Wakil Gubernur melaksanakan syawalan secara virtual. Foto: nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Gubernur DIY Gelar Halal-bihalal Secara Virtual
PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) siap tancap gas menyambut tahun 2022 dengan New Journey sebagai perusahaan publik dan optimis mampu memberikan hasil terbaik sebagaimana dalam prospektus Initial Public Offering 22 November 2021. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Mitratel Siap Tancap Gas Sambut New Journey Tahun 2022
Foto: ANTARA

Peristiwa

Dinaikkan Status Waspada, Gunung Ruang Alami 50 Kali Gempa Vulkanik